Pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Inflasi merupakan masalah ekonomi yang sangat serius sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk menanggulanginya. Inflasi berdampak pada kekacauan ekonomi pada masyarakat yang sulit dikendalikan. Silahkan simak pembahasan tentang pengertian inflasi, jenis, dan dampaknya berikut ini!

Inflasi menyebabkan kekacauan ekonomi yang bedampak buruk pada semua sektor ekonomi. Inflasi bisa berpengaruh mulai dari produksi, distribusi barang, dan konsumsi. inflasi yang terjadi dalam waktu yang lama dan dalam kategori sangat berat bisa menyebabkan krisis moneter yang membuat masyarakat sangat sengsara. Untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi tersebut dibutuhkan peran aktif pemerintah dalam menetapkan kebijakan sebagai upaya penggulangan masalah inflasi.

Simak pembahasan tentang pengertian Inflasi, Jenis inflasi, dan dampak inflasi berikut ini!

Pengertian Inflasi

Pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Pengertian Inflasi

Inflasi adalah suatu kondisi dimana harga barang-barang secara umum mengalami kenaikan dalam waktu yang lama. Inflasi menjadi penyebab kekacauan ekonomi yang bisa berakhir dengan terjadinya krisis moneter yang sangat sulit untuk dikendalikan.

Penyebab Inflasi

Pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Penyebab Inflasi

Inflasi bisa terjadi karena banyak faktor. Secara umum penyebab inflasi terbagi menjadi tiga yaitu kenaikan permitaan, kenaikan biaya produksi, dan banyaknya jumlah uang yang beredar.

1. Kenaikan Permintaan

Penyebab inflasi yang pertama adalah terjadinya kenaikan permintaan sementara jumlah penawaran tetap. Kenaikan permintaan menyebabkan harga-harga barang menjadi naik. Kenaikan permintaan bisa karena kenaikan permintaan belanja pemerintah, permintaan barang ekspor, permintaan untuk kebutuhan swasta, dan pemintaan kebutuhan masyarakat umum.

2. Kenaikan Biaya Produksi

Kenaikan biaya produksi juga menjadi penyebab terjadinya inflasi. Biaya produksi mengalami kenaikan bisa terjadi karena banyak faktor misalnya kenaikan upah buruh, kenaikan harga bahan pokok produksi, dan juga kenaikan harga bahan bakar untuk kebutuhan produksi. Kenaikan biaya produksi ini akan berpengaruh terhadap kenaikan harga barang produksi.

3. Banyaknya Jumlah Uang Yang Beredar

Penyebab inflasi juga bisa terjadi karena banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat. Terjadinya peningkatan jumlah uang yang beredar yang tidak diikuti dengan bertambahnya jumlah barang yang beredar akan menyebabkan terjadinya inflasi.

Jenis Inflasi Berdasarkan Tingkatannya

Pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Jenis Inflasi Berdasarkan Tingkatannya

Inflasi dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan tingkat kesulitan dalam penanggulangannya. Berdasarkan persentase taraf laju inflasi jenis inflasi dapat dibagi menjadi empat yaitu inflasi ringan, sedang, berat dan sangat berat.

1. Inflasi Ringan

Inflasi ringan merupakan jenis inflasi yang tidak terlalu mengganggu kondisi ekonomi atau menyebabkan krisis ekonomi. Taraf inflasi ringan berada pada batas 10% pertahun. Inflasi ini masih bisa dikendalikan dengan mudah. Inflasi ini ditandai dengan kenaikan harga barang secara umum.

2. Inflasi Sedang

Inflasi sedang pada dasarnya belum berdampak pada bahaya ekonomi secara umum. Namun inflasi ini bisa sangat terasa pada masyarakat yang memiliki penghasilan tetap. Artinya jumlah penghasilan tidak mengalami perubahan saat harga barang-barang mengalami kenaikan. Taraf inflasi ini berkisar 10%-30% pertahun.

3. Inflasi Berat

Inflasi berat merupakan jenis inflasi yang mulai membahayakan kondisi ekonomi masyarakat. Semua sektor ekonomi akan mengalami dampak dari inflasi ini. Masyakarat lebih cenderung menyimpan barang-barang dan tidak menabung uang di bank karena jumlah suku bunga lebih rendah daripada laju inflasi. Taraf inflasi ini berkisar 30%-100%.

4. Inflasi Sangat Berat

Inflasi sangat berat ini merupakan jenis inflasi yang mengacaukan kondisi ekonomi dan cenderung sangat susah dikendalikan. Kebijakan fiskal dan kebijaka monoter belum cukup ampuh untuk mengatasi jenis inflasi ini. Taraf inflasi lebih dari 100%.

Jenis Inflasi Berdasarkan Sumbernya

Pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Jenis Inflasi Berdasarkan Sumbernya

Jenis inflasi berdasarkan sumbernya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu inflasi dari luar negeri dan inflasi dari dalam negeri. Berikut ini masing-masing penjelasan dari kedua jenis inflasi tersebut!

1. Inflasi Dari Luar Negeri

Inflasi dari luar negeri merupakan jenis inflasi yang terpengaruh karena adanya inflasi di luar negeri. Sebagai contoh terjadinya inflasi di Indonesia karena Indonesia mengimpor barang tertentu dari suatu negara yang sedang mengalami inflasi. Sehingga kenaikan harga pada negara tersebut akan berpengaruh pada harga yang ada di Indonesia pada jenis barang yang di Impor.

2. Inflasi Dari Dalam Negeri

Inflasi dari dalam negeri merupakan jenis inflasi yang penyebabnya berasal dari dalam negeri sendiri. Penyebabnya sangat beragam mulai dari pencetakan uang baru, kegagalan produksi, dan penerapan anggaran defisit. Secara umum konsepnya tingginya harga barang-barang sementara permintaan tetap dan penawarannya berkurang.

Dampak Inflasi

Pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Dampak Inflasi

Inflasi tentunya akan berdampak sangat buruk pada perekonomian. Terjadinya inflasi dapat menyebabkan kekacauan di bidang ekonomi yang mempengaruhi semua sektor perekonomian. Berikut ini beberapa dampak dari terjadinya inflasi.

1. Dampak Inflasi Terhadap Pendapatan

Inflasi bisa berdampak positif dan negatif terhadap pendapatan masyarakat. Inflasi bisa memicu perusahaan untuk memperluas produksi yang dapat menyerap tenaga kerja. Namun bisa berdampak negatif bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap karena nilai harga barang-barang menjadi naik.

2. Dampak Inflasi Terhadap Ekspor

Inflasi juga bisa berdampak pada bidang ekspor barang. Daya saing barang dari segi harga berkurang sehingga bisa berdampak pada penurunan pendapatan negara dari devisa. Eksportir juga akan mengalami kerugian karena barang yang diekspor tidak dapat menembus persaingan.

3. Dampak Inflasi Terhadap Minat Menabung

Ketika inflasi terjadi maka masyarakat akan enggan menabung. Hal ini karena suku bunga tabungan lebih rendah daripada laju inflasi. Oleh karena itu masyarakat memilih untuk tidak menabung.

4. Dampak Inflasi Terhadap Kalkulasi Harga Pokok

Inflasi menyebabkan sulitnya menetapkan harga pokok suatu barang. Selain itu karena prediksi laju inflasi yang tidak pasti juga dapat menyebabkan harga pokok yang tidak tetap dan tidak sebanding dengan harga jual. Akibatnya akan menyebabkan kekacauan ekonomi dari hulu ke hilir.

Cara Mengendalikan Inflasi

Pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya
Cara Mengendalikan Inflasi

Untuk mengatasi inflasi yang terjadi maka pemerintah mengambil langkah strategis dalam menangani masalah tersebut. Langkah yang bisa diambil pemerintah dalam upaya mengendalikan inflasi adalah dengan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.

1. Kebijakan Moneter

Cara pertama untuk mengatasi masalah inflasi adalah melalui kebijkan moneter. Kebijkan ini dapat diambil dengan melakukan tindakan-tindakan kebijakan berikut:

  1. Kebijakan diskonto
  2. Kebijakan operasi pasar terbuka
  3. Kebijakan penetapan persediaan kas

2. Kebijakan Fiskal

Selain kebijakan moneter pemerintah juga berupaya menanggulangi inflasi dengan kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal dapat ditempuh dengan langkah berikut:

  1. Melakukan penghematan pada pengeluaran pemerintah.
  2. Menaikkan tarif pajak pada masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Pajak - Jenis, Fungsi dan Manfaat.

Demikian pembahasan tentang pengertian Inflasi - Penyebab, Jenis dan Dampaknya. Semoga bisa menambah wawasan dan menjadi referensi dalam memahami masalah-masalah ekonomi.

Baca Juga