Pengertian Hutan Lindung, Ciri, Manfaat, dan Contohnya
Hutan lindung merupakan jenis hutan yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, manfaat, dan contoh hutan lindung berikut ini.

Hutan merupakan wilayah yang ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan, seperti pepohonan, rumput, jamur, dan tumbuhan lainnya. Salah satu jenis hutan yang bisa kita temukan dengan mudah adalah hutan lindung. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, manfaat, dan contoh hutan lindung berikut ini.

Pengertian

Pengertian Hutan Lindung, Ciri, Manfaat, dan Contohnya
Pengertian Hutan Lindung

Hutan lindung adalah jenis hutan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis flora dan fauna. Hutan lindung juga bisa diartikan sebagai jenis hutan yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah. Sebab, hutan lindung memiliki fungsi yang sangat penting dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem.

Menurut Undang-Undang No. 41 Tahun 1999, hutan lindung berfungsi untuk mengatur tata air, mengendalikan erosi, mencegah terjadinya banjir, mencegah intrusi air laut, serta menjaga tingkat kesuburan tanah. Biasanya, jenis hutan ini berada di tengah-tengah lokasi hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat, ataupun di daerah yang berdekatan dengan pemukiman dan perkotaan.

Ciri Hutan Lindung

Pengertian Hutan Lindung, Ciri, Manfaat, dan Contohnya
Ciri Hutan Lindung

Menurut Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2004, sebuah hutan digolongkan sebagai hutan lindung apabila memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

1. Faktor-faktor kawasan hutan seperti faktor lereng, jenis tanah, dan intensitas hujan dikalikan dengan angka penimbang dan memperoleh jumlah skor minimal 175.

2. Memiliki lereng lapangan sebesar 40 persen atau lebih.

3. Berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut atau lebih.

4. Memiliki struktur tanah yang sensitif terhadap erosi dan luas lereng lapangan lebih dari 15%.

5. Kawasan hutan tersebut merupakan daerah perlindungan pantai.

6. Kawasan hutan tersebut merupakan daerah resapan air.

Manfaat Hutan Lindung

Hutan lindung memiliki sejumlah manfaat bagi manusia, hewan, dan juga tumbuh-tumbuhan. Secara umum, hutan lindung bermanfaat untuk menjaga kualitas lingkungan dan juga ekosistem yang ada di dalamnya. Kendati demikian, hutan lindung juga memiliki beberapa manfaat lain. Berikut ini adalah manfaat yang diberikan oleh hutan lindung:

1. Mencegah banjir

Hutan lindung memiliki kemampuan untuk menampung air hujan dalam jumlah volume yang banyak. Hal ini akan mencegah air hujan supaya tidak meluap atau menyebabkan banjir.

2. Menyimpan cadangan air di dalam tanah

Tahukah kamu kalau hutan lindung juga mampu menyimpan cadangan air di dalam tanah. Hal ini terjadi karena hutan lindung memiliki banyak pohon berukuran besar. Pohon-pohon tersebut bisa menampung air tanah dalam jumlah banyak. Jadi ketika musim kemarau tiba, hutan pun terhindar dari bahaya kekeringan.

3. Mencegah erosi

Erosi merupakan proses terjadinya pengikisan tanah yang disebabkan oleh derasnya air hujan. Erosi ini menimbulkan dampak negatif karena sungai yang berada di bawahnya akan menjadi dangkal. Untungnya, hutan lindung bisa mencegah terjadinya erosi.

4. Memelihara tingkat kesuburan tanah

Hutan lindung merupakan lahan atau kawasan yang dipenuhi material organik. Material ini akan menjadi pupuk yang bisa menyuburkan tanah. Tak heran bila tanaman yang ada di hutan lindung biasanya tumbuh dan berkembang dengan baik.

5. Menyimpan sumber daya genetika

Hutan lindung memiliki plasma nutfah yang sangat tinggi dan juga keanekaragaman hayati yang berguna sebagai sumber kehidupan makhluk hidup.

6. Sebagai habitat flora dan fauna

Hutan lindung merupakan jenis hutan yang dilindungi dan dijaga kelestariannya. Karena itulah, hutan jenis ini sangat tepat untuk dijadikan tempat tinggal flora dan fauna.

7. Sebagai tempat pendidikan dan sarana pelajaran

Hutan lindung bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar, ataupun tempat untuk melakukan penelitian ilmiah tentang ilmu pengetahuan alam.

8. Mencegah intrusi air laut

Hutan lindung juga bisa mencegah terjadinya proses intrusi yang disebabkan oleh air laut.

9. Sebagai tempat wisata alam

Selain dijadikan sebagai tempat belajar, hutan lindung juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata alam.

Baca Juga: Pengertian Slogan, Ciri, Tujuan, Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya.

Contoh Hutan Lindung

Berikut ini adalah beberapa contoh hutan lindung yang ada di negara kita:

1. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan lindung Sungai Wain terletak di kota Balikpapan, provinsi Kalimantan Timur. Luasnya sekitar 9.782.80 hektar. Hutan lindung ini dijadikan sebagai objek wisata alam, serta habitat bagi flora dan fauna yang ada di dalamnya.

2. Hutan Lindung Wehea

Hutan lindung Wehea berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur, provinsi Kalimantan Timur. Luasnya sekitar 38.000 hektar. Hutan ini pernah meraih penghargaan kalpataru dari pemerintah karena adanya upaya pelestarian yang luar biasa dari masyarakat setempat.

3. Hutan Lindung Alas Kethu

Hutan lindung Alas Kethu berada di Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah. Luasnya sekitar 40 hektar. Meski tidak terlalu besar, hutan ini sangat penting bagi masyarakat di Kabupaten Wonogiri. Ada banyak pepohonan di dalamnya, seperti pohon mahoni, pohon kayu putih, pohon akasia, pohon jati, dan lain sebagainya.

4. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta

Hutan lindung Taman Raya Bung Hatta terletak di kota Padang, provinsi Sumatera Barat. Luasnya sekitar 70.000 hektar. Hutan ini memiliki 352 jenis flora dan 170 jenis fauna. Banyak yang tidak tahu, kalau di dalam hutan ini terdapat bunga raksasa bernama Rafflesia Arnoldi.

5. Hutan Lindung Baning

Hutan lindung Baning terletak di tengah kota Sintang, provinsi Kalimantan Barat. Luasnya sekitar 215 hektar. Hutan ini dijadikan sebagai objek wisata alam. Di dalamnya terdapat banyak pepohonan hijau dan lahan yang datar.

6. Hutan Lindung Betung Kerihun

Pengertian Hutan Lindung, Ciri, Manfaat, dan Contohnya
Hutan Lindung Betung Kerihun

Hutan lindung Betung Kerihun dijadikan sebagai cagar alam nasional. Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna. Hutan ini terbentang luas dari Gunung Betung hingga Gunung Kerihun. Karena itulah, hutan ini diberi nama hutan lindung Betung Kerihun.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, manfaat, dan contoh hutan lindung yang perlu kamu ketahui. Semoga menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai hutan lindung.

Baca Juga