Pengertian Hubungan Internasional, Asas, dan Pentingnya Hubungan Internasional
Hubungan internasional adalah hubungan antarnegara yang merdeka dan berdaulat yang terjalin antara dua negara atau lebih, yang mencakup berbagai aspek kehidupan, baik itu bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian hubungan internasional berikut ini.

Tahukah kamu kalau tak ada negara yang bisa hidup sendiri. Setiap negara di dunia ini pasti menjalin hubungan secara internasional dengan negara lain. Hubungan yang satu ini penting untuk dilakukan demi memajukan kepentingan politik, kepentingan ekonomi, kepentingan budaya, dan lain sebagainya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian hubungan internasional, asas-asas hubungan internasional, dan pentingnya hubungan internasional berikut ini.

Pengertian Hubungan Internasional

Pengertian Hubungan Internasional, Asas, dan Pentingnya Hubungan Internasional
Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah hubungan antarnegara yang merdeka dan berdaulat yang terjalin antara dua negara atau lebih, yang mencakup berbagai aspek kehidupan, baik itu bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pengertian hubungan internasional menurut para ahli:

1. Menurut Charles A. Mc Clelland

Pengertian hubungan internasional menurut Charles A. Mc Clelland adalah studi tentang kondisi-kondisi relevan yang mengelilingi interaksi.

2. Menurut Warsito Sunaryo

Pengertian hubungan internasional menurut Warsito Sunaryo adalah studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk di dalamnya studi tentang kondisi relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun maksud dari kesatuan-kesatuan sosial adalah negara, bangsa, ataupun organisasi negara yang memiliki hubungan bersifat internasional.

3. Menurut Tygve Nathlessen

Pengertian hubungan internasional menurut Tygye Nathlessen adalah bagian dari ilmu politik yang memiliki terdiri dari beberapa komponen seperti politik internasional, organisasi, administrasi internasional, serta hukum internasional.

4. Menurut J.C. Johari

Pengertian hubungan internasional menurut J.C. Johari adalah studi tentang interaksi yang terjadi di antara negara-negara berdaulat. Selain itu, hubungan internasional juga bisa diartikan sebagai studi tentang pelaku-pelaku non negara yang perilakunya berdampak atau berpengaruh pada tugas-tugas negara.

5. Menurut Mohtar Mas'oed

Pengertian hubungan internasional menurut Mohtar Mas'oed adalah hubungan yang terjalin antarbangsa yang masing-masing telah berdaulat sehingga dibutuhkan mekanisme yang cukup kompleks dan melibatkan banyak negara.

Asas-Asas Hubungan Internasional

Pengertian Hubungan Internasional, Asas, dan Pentingnya Hubungan Internasional
Asas-Asas Hubungan Internasional

Menurut Hugo de Groot, asas persamaan derajat merupakan dasar dalam hubungan internasional yang menjadi kemauan bebas dan persetujuan dari semua negara. Tujuannya adalah demi kepentingan bersama dari negara-negara yang menyatukan diri di dalamnya.

Kendati demikian, sebenarnya ada beberapa asas lain dalam hubungan internasional yang didasarkan pada daerah dan ruang lingkup berlakunya ketentuan hukum. Berikut ini adalah tiga asas dalam hubungan internasional yang saling memengaruhi satu sama lain:

1. Asas Teritorial

Asas teritorial merupakan asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. Menurut asas ini, negara wajib melaksanakan hukum yang berlaku bagi semua orang dan semua barang yang berada di wilayah kekuasaannya. Dengan kata lain, untuk semua barang atau orang yang berada di luar wilayah tersebut akan diberlakukan hukum asing (hukum internasional).

2. Asas Kebangsaan

Pengertian Hubungan Internasional, Asas, dan Pentingnya Hubungan Internasional
Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan merupakan asas yang didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya. Menurut asas ini, setiap warga negara di manapun keberadaannya tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya. Asas yang satu ini juga memiliki kekuatan exteritorial. Artinya, hukum dari suatu negara tetap berlaku bagi warga negaranya, walaupun ia berada di negara lain (negara asing).

3. Asas Kepentingan Umum

Asas kepentingan umum merupakan asas yang didasarkan pada kewenangan negara untuk melindungi dan mengatur kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan asas ini, negara bisa menyesuaikan diri dengan keadaan-keadaan atau peristiwa yang berkaitan erat dengan kepentingan masyarakat. Jadi, hukum tidak terikat dengan batas wilayah yang ada pada suatu negara.

Jika tiga asas di atas tidak diperhatikan dengan baik, maka akan terjadi kekacauan hukum dalam hubungan antarbangsa (hubungan internasional). Oleh karena itu, antar satu negara dengan negara lainnya perlu ada hubungan yang mengatur dan sifatnya tertib dalam bentuk hubungan internasional.

Kendati demikian, masih saja sering terjadi masalah atau pertikaian yang perlu dipecahkan. Misalnya seperti persoalan dwi kewarganegaraan, batas-batas negara, wajib pajak, wajib militer, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Manfaat, Sifat, dan Jenisnya.

Pentingnya Hubungan Internasional

Pengertian Hubungan Internasional, Asas, dan Pentingnya Hubungan Internasional
Pentingnya Hubungan Internasional

Setiap negara mempunyai kelebihan atau sumber kekuatan yang berbeda dengan negara lain. Sebagai contoh, ada negara yang kaya akan sumber daya alam. Di sisi lain, ada negara yang jumlah penduduknya melimpah. Kelebihan seperti ini ternyata sangat berpengaruh terhadap posisi suatu negara dalam hubungan asing (hubungan internasional).

Adapun faktor-faktor yang ikut mempengaruhi hubungan internasional adalah kekuatan nasional, jumlah penduduk, sumber daya manusia, sumber daya alam, dan letak geografis. Jika suatu negara mempunyai kekuatan dalam lima faktor tersebut, maka negara tersebut sebenarnya termasuk sebagai negara kuat yang tidak begitu membutuhkan hubungan internasional. Namun jika lima faktor kekuatan tersebut lemah, maka negara tersebut akan sangat membutuhkan hubungan internasional.

Dalam kenyataannya, tak ada negara yang bisa hidup mandiri tanpa kehadiran negara lain. Negara-negara industri maju pun membutuhkan negara lain agar bisa memasarkan produk mereka. Terkadang, mereka juga membutuhkan bahan mentah yang mungkin lebih banyak dimiliki oleh negara berkembang.

Singkatnya, hubungan internasional sebenarnya sangat penting karena faktor-faktor berikut ini:

1. Faktor Internal

Pengertian Hubungan Internasional, Asas, dan Pentingnya Hubungan Internasional
Faktor Internal

Faktor internal ini contohnya seperti adanya kekhawatiran tentang kelangsungan hidupnya yang terancam, entah itu kudeta dari rakyat ataupun intervensi yang dilakukan oleh negara lain.

2. Faktor Eksternal

Faktor external ini berupa ketentuan hukum alam kalau suatu negara tidak mungkin bisa berdiri sendiri tanpa mendapat bantuan atau tanpa bekerja sama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut biasanya terjadi karena adanya permasalahan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti masalah ekonomi, masalah politik, masalah hukum, masalah sosial budaya, masalah pertahanan dan keamanan negara, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian hubungan internasional, asas-asas hubungan internasional, dan pentingnya hubungan internasional yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai hubungan internasional.

Baca Juga