Pengertian Hotspot, Fungsi, Sejarah, Jenis, dan Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot
Hotspot merupakan lokasi fisik di mana orang bisa mendapatkan koneksi internet dengan menggunakan teknologi WiFi, jaringan WLAN, serta router yang terhubung ke penyedia layanan internet (ISP). Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian hotspot berikut ini.

Hotspot bukanlah kata yang asing bagi kehidupan kita. Jika kamu pergi ke kafe, mall, atau tempat umum lainnya, kamu akan menemukan tulisan “Free Hotspot”. Lantas, apa itu pengertian hotspot yang sebenarnya? Benarkah hotspot itu sama dengan WiFi? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian hotspot, fungsi hotspot, sejarah hotspot, jenis-jenis hotspot, dan tips aman menggunakan jaringan hotspot berikut ini.

Pengertian Hotspot

Pengertian Hotspot, Fungsi, Sejarah, Jenis, dan Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot
Pengertian Hotspot

Apa yang dimaksud dengan pengertian hotspot? Hotspot merupakan lokasi fisik di mana orang bisa mendapatkan koneksi internet dengan menggunakan teknologi WiFi, jaringan WLAN, serta router yang terhubung ke penyedia layanan internet (ISP). Hotspot seringkali ditemukan di tempat umum, seperti bandara, kafe, mall, sekolah, hotel, dan lain sebagainya. Banyak yang menyamakan hotspot dengan WiFi. Padahal, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hotspot adalah lokasi fisik di mana seseorang bisa mendapatkan akses internet untuk perangkat elektroniknya. Sedangkan Wi-Fi adalah teknologi jaringan wireless yang biasanya digunakan oleh hotspot untuk mengkoneksikan suatu perangkat elektronik ke internet. Berikut ini adalah pengertian hotspot menurut para ahli:

1. Menurut Jubilee Enterprise

Pengertian hotspot menurut Jubilee Enterprise adalah perangkat teknologi yang bekerja sama dengan jaringan dan perangkat LAN.

2. Menurut Wikipedia

Pengertian hotspot menurut Wikipedia adalah tempat-tempat tertentu yang menyediakan layanan internet dengan menggunakan teknologi WLAN.

Fungsi Hotspot

Pengertian Hotspot, Fungsi, Sejarah, Jenis, dan Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot
Fungsi Hotspot

Secara umum, fungsi dari hotspot adalah agar perangkat elektronik (seperti laptop, smartphone, atau tablet) bisa terkoneksi ke jaringan internet dan melakukan sejumlah kegiatan yang membutuhkan jaringan internet seperti browsing, mengirim data, chatting, download file, live-streaming, dan lain sebagainya.

Sejarah Hotspot

Pengertian Hotspot, Fungsi, Sejarah, Jenis, dan Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot
Sejarah Hotspot

Konsep hotspot awalnya diusulkan oleh Henrik Sjodin pada saat konferensi di San Francisco pada tahun 1993. Pada saat itu, Henrik tak menggunakan istilah “hotspot”, melainkan wireless local area network (WLAN) yang bisa digunakan oleh masyarakat umum atau publik. Perusahaan komersial pertama yang mencoba menerapkan konsep tersebut adalah sebuah perusahaan di Texas yang dikenal dengan nama PLANCOM (Public Local Area Network Communications). Sayangnya, perusahaan tersebut akhirnya bubar pada tahun 1998.

Goode dan Jackson kemudian menciptakan MobileStar Networks, yaitu sebuah perusahaan yang kabarnya menjadi perusahaan pertama yang memberikan akses internet kepada tempat-tempat umum, seperti Starbucks, Hilton Hotel, dan American Airlines. Pada tahun 2001, perusahaan ini dijual ke Deutsche Telecom, dan berubah nama menjadi “T-Mobile Hotspot”. Sejak saat itulah, kata “hotspot” menjadi populer dan digunakan sebagai nama tempat di mana Wireless LAN bisa diakses oleh publik untuk terhubung ke internet (dunia maya).

Jenis-Jenis Hotspot

Pengertian Hotspot, Fungsi, Sejarah, Jenis, dan Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot
Jenis-Jenis Hotspot

Ada beberapa jenis hotspot yang perlu kamu ketahui:

1. Free Hotspot

Free hotspot merupakan jenis hotspot di mana publik bisa mengakses jaringan internet secara bebas dan gratis. Fasilitas ini umumnya disediakan sebagai fasilitas tambahan bagi pelanggan hotel, kafe, dan lain sebagainya. Terkadang, free hotspot juga dipasang semi permanen di acara pameran komputer atau seminar-seminar komputer. Pada kasus ini, admin sebagai pihak yang mengontrol jaringan melakukan non-aktif pada persyaratan otentikasi dan juga membuka koneksi jaringan sehingga siapa saja bisa mengakses jaringan tersebut.

2. Hotspot Berbayar

Untuk menggunakan hotspot berbayar, kamu harus membayar uang sewa kepada pemiliknya. Hal ini terjadi karena tak semua tempat publik mampu memberikan layanan internet secara gratis. Karena itulah, mereka akhirnya memutuskan untuk menyediakan layanan hotspot berbayar untuk menutupi biaya internet yang mereka sewa dari ISP.

3. Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Jenis hotspot berbayar ke operator WiFi Hotspot merupakan jaringan internasional yang memiliki banyak pengguna mobile. Contohnya seperti Boingo dan iPASS Operator WiFi Hotspot. Biasanya jenis hotspot ini diminati oleh kalangan yang sering bepergian jauh, seperti misalnya traveler atau kalangan pengusaha yang sering melakukan transaksi bisnis di luar negeri.

Baca Juga: Pengertian Imunisasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Cara Pemberiannya.

Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot

Pengertian Hotspot, Fungsi, Sejarah, Jenis, dan Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot
Tips Aman Menggunakan Jaringan Hotspot

Sebenarnya semua perangkat yang terhubung ke jaringan hotspot akan mengalami ancaman keamanan. Karena itulah, ada baiknya kamu menerapkan beberapa tips berikut ini agar perangkatmu aman saat menggunakan jaringan hotspot:

1. Gunakan https

Melakukan enkripsi komunikasi antara komputer dan situs yang dikunjungi merupakan salah satu cara untuk menjaga privasi dan keamanan perangkat. Dengan kata lain, saat mengakses internet, pastikan website yang kamu kunjungi menggunakan “https” karena website ini akan menggunakan protokol htpps untuk mengenkripsi datamu sebelum dikirim sehingga aman dan tak bisa dibaca oleh orang lain.

2. Menggunakan VPN

Cara lain untuk memastikan datamu dienkripsi adalah dengan menggunakan VPN. Layanan ini memungkinkanmu untuk melakukan kegiatan di internet melalui jalur yang aman. Adapun contoh dari layanan VPN yang bisa kamu coba antara lain VPN Shield, Cyber Ghost, Private Internet Access, dan lain sebagainya.

3. Pastikan softwaremu up-to-date

Pastikan sistem operasi dan browser yang ada pada perangkatmu selalu diupdate dengan versi terbaru. Gunakan juga kata kunci yang kuat dan unik agar tidak mudah dicrack orang lain. Kamu juga bisa menggunakan software anti virus yang nantinya akan memberi peringatan jika seseorang mencoba untuk mengakses data yang ada pada perangkatmu.

4. Matikan Fitur Sharing

Saat menggunakan jaringan publik, sebaiknya ubah pengaturan sharing menjadi off. Jika tidak, siapa saja bisa mengakses isi perangkatmu.

5. Aktifkan Firewall

Aktifkan fitur firewall yang ada pada perangkatmu. Jika fitur ini aktif, perangkatmu akan sulit untuk dipantau atau disusupi oleh orang lain.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian hotspot, fungsi hotspot, sejarah hotspot, jenis-jenis hotspot, dan tips aman menggunakan jaringan hotspot yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai hotspot.

Baca Juga