Pengertian Hepatitis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Penyakit hepatitis merupakan penyakit radang atau bengkak pada organ hati yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian hepatitis berikut ini.

Penyakit hepatitis memiliki beberapa jenis, yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian hepatitis, penyebab hepatitis, gejala hepatitis, pengobatan hepatitis, dan cara mencegah hepatitis berikut ini.

Pengertian Hepatitis

Pengertian Hepatitis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Pengertian Hepatitis

Pengertian hepatitis adalah penyakit radang atau bengkak pada organ hati atau liver. Hati atau liver termasuk organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Jika hati tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa mengakibatkan penyakit serius hingga kematian.

Penyakit hepatitis bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti virus, infeksi, bahan kimia, alkohol, penggunaan obat-obatan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pengertian hepatitis menurut para ahli:

1. Menurut Ester Monika (2002)

Pengertian hepatitis menurut Ester Monika adalah radang pada hati yang disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti virus, konsumsi obat-obatan, atau alkohol.

2. Menurut M. Sholikul Huda

Pengertian hepatitis menurut M. Sholikul Huda adalah proses peradangan pada jaringan hati. Orang awam biasanya menyebut hepatitis dengan istilah lever atau sakit kuning. Padahal, lever sebenarnya bermakna organ hati. Sedangkan sakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh radang hati atau radang pada kantung empedu.

3. Menurut Sujono Hadi

Pengertian hepatitis menurut Sujono Hadi adalah proses peradangan pada jaringan hati yang disebabkan oleh infeksi virus atau reaksi tubuh terhadap obat-obatan kimia tertentu.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan kalau hepatitis merupakan penyakit radang pada jaringan hati yang disebabkan oleh virus atau penggunaan obat-obatan tertentu, yang mengakibatkan kerusakan pada sel-sel hati sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebab Hepatitis

Pengertian Hepatitis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Penyebab Hepatitis

Penyakit hepatitis paling sering disebabkan oleh virus. Berikut ini adalah beberapa virus yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit hepatitis:

1. Hepatitis A Virus (HAV)

Virus HAV menyebar melalui tinja manusia yang terinfeksi, dan paling sering menular melalui air atau makanan yang telah terkontaminasi virus. Kendati demikian, perilaku seksual tertentu juga bisa menularkan virus ini.

2. Hepatitis B Virus (HBV)

Virus HBV ditularkan melalui kontak dengan darah manusia, air mani, dan cairan tubuh lainnya yang telah terinfeksi. Karena itulah, kamu perlu waspada saat melakukan transfusi darah atau jarum suntik. Virus yang satu ini juga bisa ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat lahir.

3. Hepatitis C Virus (HCV)

Biasanya virus ini ditularkan melalui kontak dengan darah manusia yang telah terinfeksi.

4. Hepatitis D Virus (HDV)

Infeksi virus ini hanya menyerang manusia yang terinfeksi HBV. Akibatnya cukup fatal, infeksi ganda HBV dan HDV bisa menimbulkan penyakit yang lebih parah dari sebelumnya.

5. Hepatitis E Virus (HEV)

Sebagian besar virus HEV ditularkan melalui air atau makanan yang telah terkontaminasi. Virus ini disebut-sebut merupakan penyebab utama penyakit hepatitis.

Gejala Hepatitis

Pengertian Hepatitis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Gejala Hepatitis

Tak semua penderita hepatitis akan menunjukkan gejala tertentu. Namun secara umum, gejala hepatitis adalah sebagai berikut:

1. Demam

2. Mual hingga muntah

3. Perut terasa tidak nyaman.

4. Urine berwarna gelap atau kucing kecoklatan seperti warna the pekat.

5. Merasa kelelahan

6. Nyeri sendi

7. Adanya edema atau pembengkakan di bagian tubuh tertentu

8. Mudah memar

9. Kulit dan mata berwarna kuning (sakit kuning)

Biasanya pemeriksaan berupa tes darah dan biopsi hati akan dilakukan untuk mendiagnosis apakah seseorang terkena hepatitis atau tidak.

Pengobatan Hepatitis

Pengertian Hepatitis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Pengobatan Hepatitis

Pengobatan hepatitis tergantung pada jenis hepatitis yang diderita seseorang. Secara umum, penderita hepatitis diharuskan dokter untuk banyak beristirahat, menghindari konsumsi alkohol, dan minum obat untuk membantu meringankan gejala penyakitnya.

Kebanyakan orang yang mengidap penyakit hepatitis A dan E akan sembuh sendiri dalam beberapa minggu. Penderita hepatitis B bisa sembuh jika mengonsumsi obat antivirus, seperti lamivudine dan adefovir dipivoxil. Sedangkan penderita hepatitis C biasanya diobati dengan kombinasi penginterferon dan ribovarin.

Akan tetapi, penderita hepatitis B atau C yang mengalami kegagalan organ hati mungkin perlu menjalani operasi serius, berupa operasi transplantasi hati.

Baca Juga: Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya.

Cara Mencegah Hepatitis

Pengertian Hepatitis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Cara Mencegah Hepatitis

Penyakit hepatitis bisa dicegah dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:

1. Menghindari faktor-faktor yang beresiko menimbulkan hepatitis, misalnya seperti menghindari konsumsi alkohol, menghindari konsumsi obat-obatan yang bisa merusak hati.

2. Istirahat yang cukup.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

4. Melakukan olahraga secara teratur.

5. Hindari cara penularan yang telah disebutkan di atas, contohnya seperti bersikap waspada saat melakukan transfusi darah atau disuntik.

6. Melakukan imunisasi atau vaksinasi hepatitis A dan B. Cara yang satu ini terbukti efektif untuk mencegah penyakit hepatitis.

7. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi, serta sebelum dan sesudah memasak. Hal ini bisa mencegah kamu dan keluargamu dari penyakit hepatitis, terutama hepatitis A dan E yang biasanya menular melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi.

8. Jangan berbagi barang pribadi dengan orang lain, seperti sikat gigi, pisau cukur, handuk, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuatmu beresiko terkena penyakit hepatitis.

9. Lakukan hubungan seksual yang aman. Beberapa jenis hepatitis ditularkan melalui hubungan seksual. Karena itulah, kamu harus berhati-hati sebelum melakukannya. Cari tahu dulu riwayat penyakit yang diderita oleh pasanganmu.

10. Kamu juga perlu mencari tahu riwayat keluargamu, apakah ada yang pernah mengalami hepatitis atau tidak. Jika iya, maka kamu dan anggota keluargamu yang lain harus lebih waspada karena terdapat resiko penularan.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian hepatitis, penyebab hepatitis, gejala hepatitis, pengobatan hepatitis, dan cara mencegah hepatitis yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai hepatitis.

Loading...

Baca Juga