Pengertian HIV, HIV di Indonesia, Penyebaran, Gejala, Tes Infeksi, Langkah Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Sampai saat ini, HIV belum bisa disembuhkan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian HIV berikut ini.

Di Indonesia, virus HIV termasuk salah satu jenis virus yang paling ditakuti. Apalagi sampai saat ini, HIV belum bisa disembuhkan. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian HIV, HIV di Indonesia, penyebaran HIV, gejala HIV, tes infeksi HIV, langkah pengobatan bagi penderita HIV, dan cara mencegah HIV berikut ini.

Pengertian HIV

Pengertian HIV, HIV di Indonesia, Penyebaran, Gejala, Tes Infeksi, Langkah Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Pengertian HIV

Apa itu pengertian HIV? HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Sampai saat ini, HIV belum bisa disembuhkan. Akan tetapi, ada pengobatan yang bisa dilakukan untuk memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan ini juga bisa membuat penderitanya hidup lebih lama sehingga bisa menjalani kehidupan dengan normal.

HIV di Indonesia

Pengertian HIV, HIV di Indonesia, Penyebaran, Gejala, Tes Infeksi, Langkah Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
HIV di Indonesia

Infeksi HIV pertama kali ditemukan di Indonesia pada tahun 1987, di mana provinsi Bali menjadi provinsi pertama tempat ditemukannya infeksi HIV di Indonesia. Menurut UNAIDS, di Indonesia, terdapat sekitar 690 ribu orang pengidap HIV sampai tahun 2015. Dari jumlah tersebut, lima puluh persennya berusia sekitar 15-49 tahun, dan jumlah wanita berusia 15 tahun ke atas yang mengidap penyakit HIV sekitar 250 ribu jiwa.

Penyebaran HIV

HIV merupakan jenis virus yang rapuh. Virus ini tak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia. Biasanya virus ini ditemukan di dalam cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Cairan yang dimaksud adalah cairan vagina, cairan sperma, cairan anus, darah, dan ASI. Perlu diketahui kalau HIV tidak bisa menyebar melalui keringat ataupun urine. Di Indonesia, faktor penyebab dan penyebaran virus HIV dibedakan menjadi dua kelompok utama, yakni melalui hubungan seks tidak aman dan bergantian jarum suntik saat menggunakan narkoba.

Berikut ini adalah beberapa cara penyebaran HIV :

1. Menular dari ibu kepada bayi pada saat kehamilan, melahirkan, atau menyusui.

2. Melalui seks oral.

3. Menggunakan alat bantu seks secara bersama-sama atau bergantian.

4. Melalui transfusi darah dari orang yang terinfeksi HIV.

5. Menggunakan jarum suntik dan alat suntik lain yang telah terkontaminasi, seperti spon dan kain pembersihnya.

Gejala HIV

Pengertian HIV, HIV di Indonesia, Penyebaran, Gejala, Tes Infeksi, Langkah Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Gejala HIV

Infeksi HIV muncul dalam tiga tahap, antara lain:

1. Tahap Pertama

Orang yang terinfeksi HIV awalnya akan menderita sakit seperti flu. Setelah itu, HIV tidak menimbulkan gejala apapun selama beberapa tahun. Kemudian, orang yang terinfeksi HIV akan mengalami sejumlah gejala tahap pertama, seperti tenggorokan sakit, demam, muncul ruam di tubuh, pembengkakan noda limfa, penurunan berat badan, diare, kelelahan, nyeri sendi, dan nyeri otot. Gejala itu bisa bertahan selama satu hingga dua bulan, atau bahkan lebih lama.

2. Tahap Kedua

Setelah gejala tahap pertama hilang, biasanya HIV tidak menimbulkan gejala lebih lanjut. Padahal, virus yang ada terus menyebar dan merusak sistem kekebalan tubuh. Kendati demikian, penderita HIV akan merasa sehat dan tidak ada masalah. Lama tahapan ini bisa berjalan sekitar 10 tahun atau bahkan lebih.

3. Tahap Ketiga

Gejala yang muncul pada tahap ketiga adalah:

a. Kelenjar getah bening yang membengkak pada bagian leher dan pangkal paha.

b. Demam yang berlangsung lebih dari 10 hari.

c. Selalu merasa kelelahan.

d. Berkeringat di malam hari.

e. Berat badan turun tanpa diketahui apa penyebabnya.

f. Ada bintik-bintik ungu pada kulit.

g. Sesak napas.

h. Diare yang parah dan berkelanjutan.

i. Infeksi jamur pada mulut, tenggorokan, atau vagina.

j. Mudah memar tanpa sebab.

Tes Infeksi HIV

Pengertian HIV, HIV di Indonesia, Penyebaran, Gejala, Tes Infeksi, Langkah Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Tes Infeksi HIV

Jika kamu merasa berisiko terinfeksi HIV, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan tes HIV. Segeralah mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk tes HIV. Nantinya sebelum melakukan tes, kamu akan mendapat konseling terlebih dahulu. Konseling dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat risiko infeksi, pola hidup keseharian, dan cara menghadapi hasil tes HIV jika terbukti positif.

Tes HIV biasanya berupa tes darah untuk memastikan ada atau tidaknya antibodi terhadap HIV di dalam sampel darah. Antibodi merupakan protein yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk menyerang kuman atau bakteri tertentu. Ada beberapa tempat untuk melakukan tes HIV. Kamu bisa bertanya pada rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat. Di Indonesia, terdapat sejumlah yayasan dan organisasi yang fokus menangani urusan HIV, antara lain:

a. Komunitas AIDS Indonesia

b. ODHA Indonesia

c. Himpunan Abiasa

d. Yayasan Spiritia

e. Yayasan Orbit

f. Yayasan AIDS Indonesia

Adapun lembaga pemerintah yang dibentuk khusus untuk menangani HIV adalah Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN). Jika hasilnya positif, pasien akan dirujuk ke klinik atau rumah sakit spesialis HIV. Di sana, akan dilakukan sejumlah tes darah untuk mengetahui dampak HIV terhadap sistem kekebalan tubuh, serta membicarakan tentang pilihan pengobatan yang bisa dilakukan.

Langkah Pengobatan Bagi Penderita HIV

Walaupun belum ada obat untuk menghilangkan HIV sepenuhnya, tapi langkah pengobatan HIV yang ada sekarang ini cukup efektif. Pengobatan yang dilakukan dapat memperpanjang usia hidup penderita HIV dan mereka bisa menjalani pola hidup yang sehat. Terdapat obat-obatan yang dikenal dengan nama antiretroviral (ARV) yang berfungsi untuk menghambat virus yang merusak sistem kekebalan tubuh. Obat-obatan tersebut berbentuk tablet yang harus dikonsumsi setiap hari.

Pasien juga disarankan untuk melakukan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok, mendapatkan vaksin flu tahunan, mendapatkan vaksin pneumokokus lima tahunan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya. Tanpa adanya pengobatan, orang yang terinfeksi HIV akan mengalami sistem kekebalan tubuh yang menurun drastis. Mereka juga cenderung menderita penyakit yang membahayakan nyawa, seperti kanker. Hal ini dikenal sebagai HIV stadium akhir atau AIDS.

Baca Juga: Pengertian Pemerintah Daerah, Ciri, Syarat, Asas, Tugas dan Kewenangan, Serta Hak dan Kewajibannya.

Cara Mencegah HIV

Pengertian HIV, HIV di Indonesia, Penyebaran, Gejala, Tes Infeksi, Langkah Pengobatan, dan Cara Mencegahnya
Cara Mencegah HIV

Cara terbaik untuk mencegah penyakit HIV adalah dengan melakukan hubungan seks secara aman dan tidak berbagi jarum suntik atau alat suntik apapun. Semua yang pernah berhubungan seks tanpa kondom dan berbagi jarum suntik akan lebih berisiko terinfeksi HIV.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian HIV, HIV di Indonesia, penyebaran HIV, gejala HIV, tes infeksi HIV, langkah pengobatan bagi penderita HIV, dan cara mencegah HIV yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai HIV.

Loading...

Baca Juga