Pengertian Grafik - Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Grafik
Grafik merupakan data yang terdapat dalam suatu tabel, yang kemudian disajikan dalam bentuk gambar. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian grafik, ciri-ciri grafik, tujuan grafik, fungsi grafik, jenis-jenis grafik serta cara membaca grafik berikut ini.

Sekarang ini, ada banyak sekali data yang sengaja disajikan dalam bentuk grafik. Karena bentuk grafik dianggap memiliki keunggulan tersendiri yang bisa memudahkan para pembacanya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian grafik, ciri-ciri grafik, tujuan grafik, fungsi grafik, jenis-jenis grafik serta cara membaca grafik berikut ini.

Pengertian Grafik

Pengertian Grafik - Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Grafik
Pengertian Grafik

Grafik merupakan data yang terdapat dalam suatu tabel, yang kemudian disajikan dalam bentuk gambar. Selain itu, grafik juga bisa diartikan sebagai kombinasi data-data, seperti data angka, data huruf, simbol, gambar, lambang ataupun perkataan yang disajikan dalam bentuk media agar pembaca bisa mengetahui gambaran / informasi tentang suatu data.

Ada juga yang mengartikan grafik sebagai suatu kerangka yang digunakan untuk memvisualisasi data yang terdapat dalam suatu tabel. Seperti yang kita ketahui bersama, data dalam bentuk tabel dapat diubah menjadi bentuk gambar seperti bentuk persegi, lingkaran, segitiga, ataupun dalam bentuk bangun ruang seperti kerucut, balok, tabung, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Grafik

Pengertian Grafik - Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Grafik
Ciri-Ciri Grafik

Agar kamu bisa mengenali grafik dengan mudah, kamu harus tahu dulu seperti apa ciri-ciri yang dimiliki oleh suatu grafik. Berikut adalah ciri-ciri grafik batang / grafik garis yang perlu kamu ketahui:

1. Memiliki sumbu X dan sumbu Y.

2. Sumbu X terletak pada garis mendatar (horizontal).

3. Sumbu Y terletak pada garis menurun (vertikal).

4. Pertemuan antara titik X dan titik Y akan membentuk simbol titik atau batang.

Tujuan Grafik

Grafik dibuat dengan tujuan untuk memperlihatkan perbandingan antara suatu data dengan data lain, dengan tampilan yang lebih menarik. Dengan adanya grafik, data-data yang jumlahnya banyak dan kompleks akan terlihat sederhana dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Fungsi Grafik

Pengertian Grafik - Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Grafik
Fungsi Grafik

Fungsi dari pembuatan grafik adalah untuk menggambarkan data yang berbentuk angka ke dalam bentuk yang lebih sederhana, serta menunjukkan perbandingan antara beberapa objek yang berkaitan secara jelas dan singkat. Bisa disimpulkan bahwa fungsi grafik adalah sebagai berikut;

1. Menggambarkan data kuantitatif ke dalam bentuk yang lebih sederhana, namun tetap informatif.

2. Menunjukkan perubahan atau perbandingan antara beberapa objek atau peristiwa yang memiliki keterkaitan satu sama lain dalam bentuk yang sederhana, singkat, dan jelas.

Baca Juga: Pengertian AMDAL - Tujuan, Fungsi, Jenis AMDAL, Jenis Usaha Wajib AMDAL dan Dokumen AMDAL.

Jenis-Jenis Grafik

Pengertian Grafik - Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Grafik
Jenis-Jenis Grafik

Secara garis besar, grafik dibagi menjadi tiga jenis yaitu grafik batang, grafik garis dan juga grafik lingkaran. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan tentang jenis grafik yang ada di bawah ini.

1. Grafik Batang

Grafik batang merupakan jenis grafik yang menampilkan data dalam bentuk batang (persegi panjang). Grafik ini sering disebut dengan istilah histogram. Biasanya grafik ini digunakan untuk menunjukkan adanya perbedaan nilai pada suatu data. Bisa dibilang kalau grafik batang termasuk jenis grafik yang paling sederhana dibandingkan jenis grafik yang lain. Karena grafik ini bentuknya paling mudah untuk dimengerti.

Panjang batang akan memberi gambaran tentangnya besarnya presentase data, sedangkan lebar batang tidak akan berpengaruh sedikitpun. Namun, jenis grafik ini memiliki kelemahan tersendiri karena kita hanya bisa membandingkan data dalam jumlah yang terbatas. Maksimal data yang bisa dibandingkan adalah delapan kata. Umumnya setiap batang akan diberi warna yang berbeda-beda agar pembaca bisa melihat perbandingan antara data yang satu dengan data yang lainnya dengan jelas.

2. Grafik Garis

Grafik garis merupakan jenis grafik yang menampilkan data dalam bentuk garis atau kurva. Seringkali grafik ini digunakan untuk memberi gambaran kepada pembaca tentang seperti apa perubahan suatu objek dari waktu ke waktu. Grafik ini memiliki dua sumbu utama, yaitu sumbu X dan sumbu Y.

Biasanya sumbu X dipakai untuk menunjukkan waktu, sedangkan sumbu Y dipakai untuk menunjukkan hasil pengamatan. Nantinya waktu dan hasil pengamatan akan dipertemukan dalam bentuk titik. Setiap titik yang berdekatan kemudian dihubungkan dengan bentuk garis sehingga terbentuklah sebuah garis. Sebagai contoh misal kita ingin membuat grafik garis dari data pengunjung situs kata.co.id dari hasil Senin hingga Sabtu. 

Awalnya kita tulis dulu kata Senin sampai Sabtu pada sumbu X. Lalu tulis angka jumlah pengunjung pada sumbu Y secara berurutan, misalnya 0, 50, 100, dst. Kemudian buat titik pada setiap waktu sesuai dengan data jumlah pengunjung yang ada. Terakhir, hubungkan masing-masing titik yang berdekatan.

3. Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran merupakan grafik yang menampilkan data dalam bentuk lingkaran. Grafik ini menggunakan lingkaran untuk menggambarkan besarnya presentase dari nilai keseluruhan suatu data. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin membuat grafik lingkaran, di antaranya kamu perlu tentukan dulu berapa persentase setiap kelompok data terhadap keseluruhan data. Caranya jumlah kelompok data dibagi dengan jumlah data secara keseluruhan dan dikali dengan 100%.

Kemudian tentukan besarnya sudut dengan cara bagi hasil presentase kelompok data dengan angka 360. Jangan lupa untuk memberi warna yang berbeda untuk masing-masing kelompok data.

Cara Membaca Grafik

Pengertian Grafik - Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Grafik
Cara Membaca Grafik

Sebenarnya membaca grafik adalah hal yang sangat mudah. Kendati demikian, masih saja ada orang yang bingung ketika melihat isi dari suatu grafik. Berikut ini adalah beberapa cara membaca grafik yang sangat gampang untuk dilakukan:

1. Baca judul grafik.

2. Perhatikan bagian kanan, bagian kiri, bagian bawah serta posisi batang / garis / bagian-bagian lingkaran.

3. Temukan objek yang mencolok pada grafik tersebut.

4. Ambil kesimpulan atau catat poin penting dari data yang disajikan.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian grafik, ciri-ciri grafik, tujuan grafik, fungsi grafik, jenis-jenis grafik, serta cara membaca grafik yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai grafik.

Baca Juga