Gizi - Pengertian, Manfaat dan Jenisnya
Gizi adalah unsur kimia yang terdapat dalam makanan, yang kemudian diolah oleh tubuh untuk dijadikan sebagai sumber energi. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian gizi, manfaat gizi dan jenis-jenis gizi berikut ini.

Kata gizi biasanya dikait-kaitkan dengan zat-zat yang terkandung dalam sepiring makanan atau segelas minuman. Setiap orang membutuhkan zat gizi seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan zat lainnya agar bisa tetap sehat dan beraktivitas seperti biasa. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian gizi, manfaat gizi dan jenis-jenis gizi berikut ini.

Pengertian Gizi

Gizi - Pengertian, Manfaat dan Jenisnya
Pengertian Gizi

Gizi merupakan zat-zat yang menjadi komponen penting dalam membangun tubuh manusia. Gizi berguna untuk mempertahankan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak agar tubuh bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. 

Kita tidak boleh mengabaikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita, karena mengabaikan asupan gizi berarti membiarkan jaringan tubuh tidak berfungsi secara maksimal. Adapun pengertian gizi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Pengertian gizi menurut Tuti Sunardi

Gizi merupakan kondisi di mana terjadi proses perubahan terhadap makanan untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

2. Pengertian gizi menurut Joyce James, Helen Swain dan Colin Baker

Gizi adalah unsur kimia yang terdapat dalam makanan, yang kemudian diolah oleh tubuh untuk dijadikan sebagai sumber energi.

3. Pengertian gizi menurut Nirmala Devi

Gizi merupakan inti makanan yang bisa digunakan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh manusia yang rusak.

4. Pengertian gizi menurut Supariasa

Gizi adalah proses organisme yang dilakukan dengan cara mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan mengeluarkan zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

5. Pengertian gizi menurut Lioni Ellis H.

Gizi merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam makanan, yang memberikan dampak positif bagi orang yang mengonsumsi makanan tersebut (membuat tubuh menjadi lebih sehat).

Manfaat Gizi

Gizi - Pengertian, Manfaat dan Jenisnya
Manfaat Gizi

Ada banyak sekali manfaat gizi bagi tubuh manusia, antara lain sebafai berikut:

1. Untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh

Makanan yang kita konsumsi akan masuk ke dalam tubuh dan diolah oleh sistem pencernaan hingga menghasilkan energi. Energi inilah yang membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

2. Untuk membentuk sel jaringan tubuh

Adapun zat gizi yang bisa membentuk sel jaringan tubuh adalah air, mineral dan juga protein. Ketiga zat tersebut harus diolah secara bersama-sama oleh organ tubuh sehingga terbentuk sel jaringan tubuh yang baru untuk menggantikan jaringan lama yang sudah rusak.

3. Untuk mengatur fungsi dari reaksi biokimia dalam tubuh (stimulansia)

Tubuh juga memanfaatkan zat gizi berupa vitamin sebagai stimulansia agar fungsi dan reaksi biokimia dalam tubuh bisa berlangsung dengan cepat dan baik.

Baca Juga: Pengertian Magnet - Fungsi, Sifat, Teori, Bentuk, Jenis dan Cara Membuatnya.

Jenis-Jenis Gizi

Gizi - Pengertian, Manfaat dan Jenisnya
Jenis-Jenis Gizi

Berikut ini adalah beberapa zat yang termasuk sebagai zat gizi:

1. Air

Air merupakan zat paling penting yang harus ada dalam tubuh kita. Tanpa adanya air, sel dalam tubuh kita tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Air membantu tubuh untuk melakukan proses pencernaan makanan, mengembalikan cairan tubuh yang hilang, serta mengangkut zat sisa yang sudah tak diperlukan lagi ke tempat pembuangan.

Setiap orang membutuhkan air minimal 2 liter per harinya. Kurang mengonsumsi air bisa mengakibatkan sejumlah penyakit, seperti penyakit ginjal.

2. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat gizi yang terbentuk dari unsur karbon, oksigen dan hydrogen. Ada banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat, seperti jagung, kentang, nasi, dan lain sebagainya.

3. Mineral

Mineral merupakan senyawa berbagai garam mineral. Meski tubuh manusia hanya membutuhkan mineral dalam jumlah sedikit, kamu tetap harus memperhatikan asupan gizi yang satu ini. Berikut adalah berbagai jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh kita:

  • Garam Belerang (S)
  • Garam Besi (Fe)
  • Garam Dapur (NaCI)
  • Garam Yodium (I)
  • Garam Kalium (K)
  • Garam Kalsium (Ca)

Kekurangan mineral bisa mengakibatkan berbagai penyakit. Seperti kekurangan yodium akan mengakibatkan tubuh menjadi kerdil dan terkena penyakit gondok, kekurangan zat besi akan mengakibatkan anemia, dan lain sebagainya.

4. Vitamin

Gizi - Pengertian, Manfaat dan Jenisnya
Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik yang fungsinya hampir sama seperti fungsi hormon. Vitamin membantu melancarkan proses metabolisme tubuh, namun vitamin tidak bisa menghasilkan energi. 

Meski vitamin yang dibutuhkan tubuh jumlahnya tidak banyak, tapi tetap saja vitamin termasuk zat gizi yang penting. Karena jika kamu kekurangan vitamin, metabolisme tubuhmu akan terganggu (terhambat) dan tidak ada zat gizi lain yang bisa menggantikan fungsi dari vitamin.

Vitamin dibedakan menjadi dua jenis, yaitu vitamin yang larut dalam air serta vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K.

Biasanya orang yang kekurangan vitamin akan mengalami gejala tertentu seperti pertumbuhan badannya terhambat, tidak ingin bekerja, badan lesu, dan lain sebagainya.

5. Protein

Protein merupakan zat yang terbentuk dari senyawa selain karbon, oksigen dan hydrogen. Protein terdiri dari dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari hewan seperti ikan, keju, telur, susu dan lain sebagainya. Sedangkan protein nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

6. Lipida (lemak)

Gizi - Pengertian, Manfaat dan Jenisnya
Lipida (lemak)

Secara umum, ada dua jenis lemak, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Contoh lemak nabati yaitu margarin, kemiri, minyak nabati, dan lain-lain. Sedangkan lemak hewani antara lain susu, daging, keju, dan lain sebagainya. Jika memiliki lemak yang berlebihan, tubuh akan berubah menjadi gemuk. Sedangkan jika kekurangan lemak, berat badan dalam tubuh akan ikut berkurang.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian gizi, manfaat gizi dan jenis-jenis gizi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai gizi.

Baca Juga