Pengertian Giro, Ciri, Manfaat, Jenis, Macam-Macam Pemegang Giro, Kelebihan dan Kekurangannya
Giro adalah jenis simpanan pihak ketiga yang dananya bisa ditarik sewaktu-waktu dengan syarat menerbitkan cek dan bilyet giro. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian giro berikut ini.

Istilah giro mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat awam. Sebab, istilah yang satu ini biasa digunakan dalam lingkungan perbankan. Lantas apa itu pengertian giro yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian giro, ciri giro, manfaat giro, jenis giro, macam-macam pemegang giro, kelebihan giro, dan kekurangan giro berikut ini.

Pengertian Giro

Pengertian Giro, Ciri, Manfaat, Jenis, Macam-Macam Pemegang Giro, Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Giro

Pengertian giro adalah jenis simpanan pihak ketiga yang dananya bisa ditarik sewaktu-waktu dengan syarat menerbitkan cek dan bilyet giro. Cek merupakan surat perintah untuk melakukan pembayaran tanpa syarat, sedangkan bilyet giro merupakan surat perintah pemindahbukuan. 

Untuk melakukan penarikan, pemegang giro akan memperoleh buku cek atau bilyet giro. Giro disebut-sebut sebagai sumber dana jangka pendek bagi bank. Karena dana giro bisa ditarik oleh nasabah setiap saat. Berikut ini adalah pengertian giro menurut para ahli:

1. Menurut Kasmir

Pengertian giro menurut Kasmir adalah simpanan yang penarikannya bisa dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, atau alat pembayaran lainnya, bahkan bisa juga dilakukan pemindahbukuan ke rekening lain.

2. Menurut Sigit Triandaru dan Totok Budisantoso

Pengertian giro menurut Triandaru dan Totok Budisantoso adalah simpanan yang bisa ditarik setiap saat dengan menerbitkan cek untuk penarikan tunai, atau menerbitkan bilyet giro untuk melakukan pemindahbukuan.

Berdasarkan pengertian giro menurut para ahli ini, bisa disimpulkan kalau giro merupakan jenis simpanan yang sangat mudah untuk dicairkan. Pemilik rekening giro bisa melakukan penarikan tunai dengan menggunakan cek. Ia juga bisa melakukan pemindahbukuan dengan menerbitkan bilyet giro.

Ciri-Ciri Giro

Pengertian Giro, Ciri, Manfaat, Jenis, Macam-Macam Pemegang Giro, Kelebihan dan Kekurangannya
Ciri-Ciri Giro

Berikut ini adalah beberapa ciri giro yang membedakannya dengan jenis simpanan lain:

1. Jumlah dana di rekening giro sifatnya fluktuatif (naik-turun).

2. Memiliki sistem pencatatan yang lebih rumit daripada jenis simpanan lainnya.

3. Rekening giro merupakan salah satu rekening dengan jumlah biaya yang cukup murah.

4. Rekening giro termasuk jenis rekening yang penempatan dananya berlangsung dalam jangka waktu pendek.

5. Suku bunga yang dimiliki rekening giro tergolong rendah.

6. Dana yang ada di rekening giro bisa dicairkan sewaktu-waktu oleh pemiliknya.

7. Tidak cocok dijadikan sebagai lahan untuk investasi.

8. Rekening giro termasuk jenis rekening yang lebih lengkap dari segi pelayanan perbankannya.

Manfaat Giro

Pengertian Giro, Ciri, Manfaat, Jenis, Macam-Macam Pemegang Giro, Kelebihan dan Kekurangannya
Manfaat Giro

Salah satu manfaat yang kamu peroleh saat menyimpan dana dalam bentuk giro di bank adalah terjaminnya keamanan dan kerahasiaan dana. Selain itu, ada sejumlah manfaat lain yang bisa kamu peroleh dengan menyimpan dana dalam bentuk giro, seperti:

1. Pemilik rekening giro bisa melakukan pembayaran dengan cek atau bilyet giro.

2. Dana giro bisa ditarik setiap saat. Hal ini berbeda dengan deposito berjangka yang hanya bisa ditarik setelah jangka waktu tertentu.

3. Karena dua manfaat di atas, pemilik rekening giro tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

4. Proses administrasi dapat dilakukan dengan baik, sebab semua nasabah akan memperoleh rekening koran yang dikirim ke alamat rumah mereka setiap bulannya.

Jenis-Jenis Giro

Pengertian Giro, Ciri, Manfaat, Jenis, Macam-Macam Pemegang Giro, Kelebihan dan Kekurangannya
Jenis-Jenis Giro

Rekening giro pada suatu bank dibedakan menjadi dua jenis:

1. Rekening atas nama suatu badan (rekening atas nama)

Rekening giro ini biasanya dipakai oleh kelompok organisasi masyarakat, lembaga pemerintah, serta badan usaha seperti yayasan, perseroan terbatas, koperasi, firma, cv, dan lain-lain.

2. Rekening perorangan

Rekening perorangan biasanya dibuat dengan nama pribadi atau nama usaha perorangan seperti nama restoran, bengkel, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Pemegang Giro

Pada dasarnya, hampir semua orang bisa menjadi pemegang giro atau pemilik rekening giro, asalkan memiliki lembaga atau badan usaha yang resmi. Berikut ini adalah beberapa jenis nasabah yang biasanya memiliki rekening giro:

1. Perorangan atau rumah tangga yang mempunyai usaha resmi.

2. Yayasan.

3. Lembaga keuangan.

4. Lembaga pemerintah.

5. Perbankan.

6. Badan usaha.

Kelebihan Giro

Pengertian Giro, Ciri, Manfaat, Jenis, Macam-Macam Pemegang Giro, Kelebihan dan Kekurangannya
Kelebihan Giro

Ada banyak sekali kelebihan giro. Orang yang memiliki rekening giro tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Sebab, kita bisa mencairkan dana di rekening giro jika sewaktu-waktu diperlukan. Hal ini tentu saja lebih aman daripada membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Selain itu, jumlah uang yang dibayar lebih fleksibel. Kita bisa membayar belanjaan dengan jumlah pecahan kecil. Hal ini agak sulit untuk dilakukan jika kita hanya membawa uang tunai dengan nominal yang besar. Dengan kata lain, sistem pembayaran giro membuat kita tidak perlu pusing soal uang kembalian.

Kelebihan lainnya adalah kita akan memperoleh rekening koran (laporan rutin) yang dikirimkan ke alamat rumah kita setiap bulannya. Di dalam rekening koran tersebut, akan tercantum informasi mengenai kapan, untuk apa, dan berapa jumlah uang yang keluar masuk rekening.

Baca Juga: Pengertian Rumusan Masalah, Ciri, Fungsi, Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan, Jenis, dan Contohnya.

Kekurangan Giro

Selain kelebihan, tentu saja giro juga memiliki kekurangan. Yang pertama, pihak penerima giro tidak bisa mencairkan uang tersebut setiap saat. Untuk mencairkan uang dari giro tersebut, mereka harus melakukannya pada saat jam operasional bank tengah berlangsung. Kedua, biasanya pemilik rekening giro tidak mendapat bunga bank. Kalaupun ada bank yang memberikan bunga, biasanya bunga bank tersebut sangat kecil.

Ketiga, simpanan giro tidak mudah diterima oleh semua golongan masyarakat, terutama masyarakat kelas bawah. Yang terakhir, simpanan giro juga memungkinkan terjadinya penipuan dengan cara "cek kosong".

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian giro, ciri, manfaat, jenis, macam-macam pemegang giro, kelebihan, dan kekurangan giro yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pengertian giro.

Baca Juga