Pengertian Ginjal, Fungsi, Struktur, Proses Kerja, dan Penyakit Pada Ginjal
Ginjal adalah organ yang berbentuk mirip seperti kacang, yang menjadi organ utama dalam sistem ekskresi manusia. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian ginjal berikut ini.

Ginjal termasuk salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum paham tentang pentingnya ginjal dalam tubuh manusia. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian ginjal, fungsi ginjal, struktur ginjal, proses kerja ginjal, dan penyakit pada ginjal berikut ini.

Pengertian Ginjal

Pengertian Ginjal, Fungsi, Struktur, Proses Kerja, dan Penyakit Pada Ginjal
Pengertian Ginjal

Pengertian ginjal secara umum adalah organ yang berbentuk mirip seperti kacang, yang menjadi organ utama dalam sistem ekskresi manusia. Setiap manusia memiliki sepasang ginjal yang letaknya berada di belakang perut. Fungsi utamanya adalah untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya keluar dari tubuh dalam bentuk urin. Berikut ini adalah pengertian ginjal menurut para ahli:

1. Menurut Guyton dan Hall (2007)

Pengertian ginjal menurut Guyton dan Hall adalah bagian tubuh yang membuang racun atau zat asing yang tak diperlukan tubuh.

2. Menurut Lu (1994)

Pengertian ginjal menurut Lu adalah organ tubuh yang memiiki fungsi utama untuk menyingkirkan buangan metabolisme.

3. Menurut Wikipedia

Pengertian ginjal menurut Wikipedia adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip seperti kacang.

Fungsi Ginjal

Pengertian Ginjal, Fungsi, Struktur, Proses Kerja, dan Penyakit Pada Ginjal
Fungsi Ginjal

Adapun fungsi yang dimiliki ginjal adalah sebagai berikut:

1. Menyaring darah dari zat-zat hasil metabolisme. Tubuh selalu melakukan proses metabolisme agar bisa bertahan hidup. Sebagian zat-zat yang dihasilkan dari proses metabolisme tak dibutuhkan lagi sehingga akan berbahaya jika tak dikeluarkan oleh tubuh. Melalui sistem sirkulasi, ginjal akan menyaring darah dari berbagai komponen yang tak penting, kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urin.

2. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Setiap hari, ginjal manusia mengeluarkan air sekitar dua liter air dalam bentuk urin. Karena adanya fungsi ini, maka ginjal bisa menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

3. Menjaga keseimbangan asam dan basa. Ginjal juga bisa menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh dengan cara mengatur pengeluaran asam dan basa dalam bentuk urin.

4. Menghasilkan beberapa hormon dan vitamin. Selain menyaring zat berbahaya, ginjal juga menghasilkan beberapa hormon dan vitamin, seperti eritropoetin, renin, dan kalsitriol. Eritropoetin adalah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Renin berfungsi untuk mengatur tekanan darah, sedangkan kalsitriol (vitamin D3) berfungsi untuk mengatur tingkat kalsium dan hormon prostaglandin di dalam tubuh.

5. Mengatur kadar kalium di dalam darah.

Struktur Ginjal

Pengertian Ginjal, Fungsi, Struktur, Proses Kerja, dan Penyakit Pada Ginjal
Struktur Ginjal

Jika ginjal dipotong secara melintang, maka akan terlihat beberapa bagian yang menyusun ginjal:

1. Korteks Ginjal

Korteks ginjal merupakan bagian terluar dari ginjal. Fungsinya adalah sebagai tempat terjadinya filtrasi dan ultafiltrasi. Di dalam bagian ini, terdapat nefron yang berguna untuk memperluas permukaan ginjal. Nefron juga termasuk komponen utama untuk melakukan filterisasi zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

2. Medula Ginjal

Medula ginjal merupakan bagian ginjal yang bentuknya kerucut seperti piramida. Dalam bagian ini, ada beberapa saluran, seperti tubulus kolektivus, lengkung henie, dan tubulus kontortus. Adapun fungsi dari medula ginjal adalah untuk menyerap zat-zat yang masih bisa digunakan dari hasil saringan korteks ginjal.

3. Pelvis Ginjal

Pelvis ginjal biasanya disebut juga sebagai rongga ginjal. Pelvis ginjal adalah bagian dari ureter yang melebar. Bagian ini merupakan tempat penampungan urin sementara sebelum akhirnya berpindah menuju organ ekskresi lainnya.

4. Pembuluh Darah Ginjal

Ginjal memiliki pembuluh darah ginjal bernama arteri dan vena utama. Arteri berfungsi untuk mengangkut darah bersih yang berisi oksigen dan nutrisi. Sedangkan vena berfungsi untuk mengangkut darah kotor yang berisi karbon dioksida.

5. Nefron

Nefron merupakan bagian terpenting dalam ginjal karena menyaring darah dan juga menghasilkan urin. Manusia memiliki dua jenis nefron, yaitu nefron kortikal dan nefron jukstamedularis. Nefron kortikal memiliki lengkung henle yang pendek. Sedangkan nefron jukstamedularis mempunyai lengkung henle yang panjang.

Proses Kerja Ginjal

Pengertian Ginjal, Fungsi, Struktur, Proses Kerja, dan Penyakit Pada Ginjal
Proses Kerja Ginjal

Secara umum, proses kerja ginjal terdiri dari tiga tahapan:

1. Filtrasi (Penyaringan)

Darah yang masuk melewati arteri ginjal akan melewati bagian glomerulus. Pada bagian ini, dilakukan pemisahan zat bermolekul besar dan zat bermolekul kecil. Zat bermolekul besar akan tetap berada di dalam darah, sedangkan zat bermolekul kecil akan disisihkan. Hasilnya akan berupa cairan yang disebut sebagai urin primer. Urin ini akan disimpan sementara dalam kapsula bowman.

2. Reabsorpsi (Penerapan Kembali)

Reabsorpsi adalah proses penyerapan kembali zat-zat yang ada dalam urin primer. Proses ini terjadi di dalam tubulusu kontortus proksimal, di mana zat-zat yang diserap adalah glukosa, natrium, kalsium, kalium, asam amino, dan lain sebagainya.

Hasilnya akan berupa cairan yang disebut sebagai urin sekunder. Urin sekunder kemudian menuju lengkung henle. Di bagian ini, terjadi proses osomosi air sehingga volume airnya berkurang dan warnanya lebih pekat dari sebelumnya.

3. Proses Augmentasi (Pengumpulan)

Setelah melewati lengkung henle, urin sekunder menuju tubulus kontortus distal untuk melakukan tahap augmentasi. Pada proses ini, dikeluarkan zat-zat sisa untuk menjaga pH darah sehingga menghasilkan urin yang sebenarnya. Urin ini akan menuju tubulus kolektivus, kemudian disimpan sementara di pelvis ginjal sebelum akhirnya dikeluarkan dari tubuh manusia.

Baca Juga: Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya.

Penyakit Pada Ginjal

Pengertian Ginjal, Fungsi, Struktur, Proses Kerja, dan Penyakit Pada Ginjal
Penyakit Pada Ginjal

Berikut ini adalah berbagai jenis penyakit yang terjadi pada ginjal:

1. Batu Ginjal

2. Gagal Ginjal

3. Radang Ginjal

4. Glukosuria

5. Hematuria

6. Albuminuria

7. Anuria

8. Ketosis

9. Diabetes Insipidus

10. Nefritis Glomerulus

11. Sistisis

12. Pielnefritis

13. Polisistik

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian ginjal, fungsi ginjal, struktur ginjal, proses kerja ginjal, dan penyakit pada ginjal yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai ginjal.

Loading...

Baca Juga