Pengertian Filsafat - Aliran, Objek dan Manfaat
Filsafat membantu manusia dalam berpikir kritis, analitis dan realistis terhadap penilaian tentang kebenaran. Filsafat juga memiliki peran penting dalam mempelajari berbagai macam disiplin ilmu. Silahkan simak pembahasan tentang pengertian filsafat, aliran, objek dan manfaatnya berikut ini!

Filsafat merupakan salah satu disiplin ilmu yang bisa menjadi dasar untuk belajar bidang ilmu lain seperti sosiologi, psikologi dan pendidikan. Keberadaan filsafat telah menjadi bagian penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan cara berpikir manusia. Cara berpikir manusia itu sendiri sebaliknya membentuk aliran filsafat berdasarkan sudut pandang dan cara melihat realitas untuk ditafsirkan sebagai sebuah kebenaran.

Untuk memberikan gambaran dasar tentang filsafat silahkan simak pembahasan tentang pengertian filsafat, aliran filsafat, Objek kajian filsafat dan manfaat belajar filsafat berikut ini.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat - Aliran, Objek dan Manfaat
Pengertian Filsafat

Untuk memahami pengertian filsafat maka dapat dilihat beberapa pengertian filsafat dari para ahli berikut ini!

1. Aristoteles

Menurut Aristoteles filsafat ialah ilmu atau pengetahuan yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik dan estetika atau filsafat keindahan.

2. Rene Descartes

Menurut Rene Descartes filsafat ialah kumpulan semua pengetahuan bahwa Allah, manusia dan alam menjadi pokok dari penyelidikan.

3. Plato

Menurut Plato filsafat merupakan ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

4. Bertrand Russel

Menurut Bertrand Russel filsafat ialah sesuatu yg berada di tengah-tengah antara teologi dan sains.

5. Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant filsafat merupakan ilmu atau pengetahuan yang merupakan dasar dari semua pengetahuan dalam meliput isu-isu epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab pertanyaan mengerai apa yang dapat kita ketahui.

6. Al Farabi

Menurut Al Farabi filsafat yakni ilmu atau pengetahuan tentang sifat bagaimana sifat sesungguhnya dari kebenaran.

7. Menurut Hasbullah Bakry

Menurut Hasbullah Bakry filsafat ialah ilmu yang meneliti secara mendalam mengenai ketuhanan, manusia dan alam semesta untuk menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana alam dapat dicapai sejauh pikiran manusia dan bagaimana perilaku manusia yang seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

8. Proewodjawijatna

Menurut Proedjawijatna filsafat merupakan ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebabnya deras untuk segala sesuatu dengan pikiran belaka.

9. Ismaun

Menurut Ismaun filsafat merupakan usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya dengan sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yg hakiki yakni pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yg sejati.

10. Fuad Hasan

Menurut Fuad Hasan filsafat ialah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal, itu artinya mulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang akan dimasalahkan.

Aliran Filsafat

Pengertian Filsafat - Aliran, Objek dan Manfaat
Aliran Filsafat

Aliran filsafat sangat banyak dan terus berkembang sesuai dengan sudut pandang atau cara berpikir para filosof. Secara umum ada 10 jenis aliran filsafat, berikut ini penjelasan dan tokohnya masing-masing!

1.  Filsafat Rasionalisme

Filsafat rasionalisme adalah aliran filsafat yang menganggap bahwa sumber ilmu pengetahuan itu berasal dari rasio atau pikiran. Tokoh aliran rasionalisme adalah Rene Descartes.

2. Filsafat Kritisme

Filsafat kritisme hampir sama dengan filsafat rasionalisme, hanya saja pada filsafat aliran kritisme tidak mempercayai kebenaran rasio secara mutlak namun melakukan kritik sebelum diterima sebagai sebuah kebenaran. Tokoh filsafat kritisme adalah Immanuel Kant.

3. Filsafat Empirisme

Menurut aliran filsafat empirisme bahwa segala pengetahuan manusia berasal dari pengalaman. Aliran ini menolak anggapan bahwa manusia memiliki pengetahuan bawaan dari lahir. Tokoh aliran empirisme adalah John Locke.

4. Filsafat Naturalisme

Filsafat naturalisme beranggapan bahwa manusia pada dasarnya dilahirkan sudah memiliki bakat-bakat tersendiri. Keberadaan pendidikan dan pengalaman hanyalah pelengkap dari pengetahuan alamiah yang sudah di bawa sejak lahir. Tokoh filasafat naturalisme adalah John Dewey.

5. Filsafat Positivisme

Aliran positivisme mendasarkan pengatuan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Berbeda dengan empirisime positivisme hanya membatasi pengetahuan berdasarkan adanya fakta. Tokoh dalam aliran filsafat ini adalah Auguste Comte.

6. Filsafat Eksistensialisme

Filsafat eksistensialisme merupakan aliran filsafata yang mempersoalkan kebenaran kebebasan manusia. Aliran filsafat ini tidak mengkaji lebih dalam tentang benar atau salah tetapi lebih fokus pada kebebasan itu sendiri. Tokoh dalam filsafat ini adalah Jean Paul Startre.

7. Filsafat Idelisme

Filsafat ideliasme mengatakan bahwa realitas itu merupakan kumpulan ide-ide dari manusia bukan materi atau kekuatan. Tokoh filsafat idealisme adalah Plato.

8. Filsafat Materialisme

Filsafat materialisme berpendapat bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini hanyalah yang bersifat materi atau fisik. Aliran ini menolak keberadaan sesuatu yang tidak dapat di indrai. Tokoh dalam aliran filsafat ini adalah Ludwig Freurbach.

9. Filsafat Sekularisme

Filsafat sekularisme mengajarkan tentang kebebesan berpikir manusia tanpa ada batasan, sehingga aliran ini cenderung menolak keberadaan Tuhan dan akhirat. Tokoh dalam aliran filsafat ini adalah George Jacob Holyoake.

10. Filsafat Pluralisme

Filsafat pluralisme menyatakan bahwa realitas tidak hanya terdiri dari satu substansi tetapi lebih dari satu dan bersifat independen. Tokoh dalam aliran filsafat ini adalah Empedakles.

Objek Filsafat

Pengertian Filsafat - Aliran, Objek dan Manfaat
Objek Filsafat

Objek kajian filsafat dibagi menjadi dua yaitu objek material dan objek formal. Berikut ini pembahasan tentang kedua objek filsafat tersebut!

1. Objek Material

Objek material adalah segala sesuatu yang harus ada dan tidak harus ada. Artinya bahwa semua hal yang menjadi realitas menjadi objek kajian filsafat baik yang sifatnya fisik maupun metafisik.

2. Objek Formal

Objek formal adalah kajian filsafat yang bersifat mengasaskan untuk membenarkan sesuatu berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Objek ini mengkonfirmasi tentang kebenaran sesuatu berdasarkan kajian dari objek material.

Manfaat Filsafat

Pengertian Filsafat - Aliran, Objek dan Manfaat
Manfat Filsafat

Filsafat sebagai salah satu disiplin ilmu yang berdiri sendiri tentunya memberikan manfaat tersendiri dalam mempelajarinya. Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari belajar filsafat adalah sebagai berikut:

  1. Mampu berpikir kritis.
  2. Lebih memahami diri sendiri.
  3. Memberikan dasar pengetahuan.
  4. Meningkatkan kemampuan analisis.

Baca juga: Psikologi Sosial - Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian, Teori, dan Konsep.

Demikian pembahasan tentang pengertian filsafat, aliran filsafat, objek kajian filsafat dan manfaat belajar filsafat. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan dan sumber referensi.

Baca Juga