Pengertian FTP, Fungsi, Cara Kerja, Syarat untuk Menggunakan, dan Kekurangannya
FTP atau singkatan dari File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang biasanya digunakan untuk mengirim data dalam jaringan komputer, seperti mengupload atau mendownload file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian FTP berikut ini.

Pertukaran data atau file adalah hal yang sering kita lakukan dalam dunia komputer. Untuk melakukannya, komputer yang satu harus terlebih dahulu kita hubungkan dengan komputer lainnya. Barulah kita bisa mendownload file ataupun mengupload suatu file ke internet. Proses download ataupun upload file bisa dilakukan karena adanya peran penting dari protokol FTP. Bisa dikatakan kalau FTP adalah solusi bagi dua buah komputer yang ingin melakukan transfer data dengan menggunakan bantuan koneksi internet. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian FTP, fungsi FTP, cara kerja FTP, syarat untuk menggunakan FTP, dan kekurangan FTP berikut ini.

Pengertian FTP

Pengertian FTP, Fungsi, Cara Kerja, Syarat untuk Menggunakan, dan Kekurangannya
Pengertian FTP

FTP atau singkatan dari File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang biasanya digunakan untuk mengirim data dalam jaringan komputer, seperti mengupload atau mendownload file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server. Berikut ini adalah pengertian FTP menurut para ahli:

1. Menurut Wikipedia

Pengertian FTP menurut Wikipedia adalah jaringan standar yang digunakan untu mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan berbasis TCP (Transmission Control Protocol).

2. Menurut Webopedia

Pengertian FTP menurut Webopedia adalah protokol untuk melakukan pertukaran data melalui jaringan internet.

3. Menurut Fitri Wijayanti

Pengertian FTP menurut Fitri Wijayanti adalah protokol yang berfungsi untuk melakukan pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Ada dua hal pokok mengenai FTP, yaitu FTP Server dan FTP Client.

Fungsi FTP

Pengertian FTP, Fungsi, Cara Kerja, Syarat untuk Menggunakan, dan Kekurangannya
Fungsi FTP

FTP mempunyai banyak fungsi yang menguntungkan penggunanya, antara lain sebagai berikut:

1. Kita bisa melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, meskipun file tersebut berukuran sangat besar.

2. Pemilik website bisa melakukan back-up data website dengan mudah berkat FTP.

3. Kita bisa melakukan indirect ataupun implicit remote computer.

4. FTP menyediakan pengiriman data yang reliabel dan efisen. Setiap user tak membutuhkan tahapan-tahapan yang rumit untuk bisa mendapatkan atau mengirim sebuah file.

5. FTP memfasilitasi setiap user untuk melakukan transfer data secara dua arah. Dengan kata lain, jika FTP digunakan dalam suatu perusahaan, maka pemimpin bisa dengan mudah mengirimkan data kepada karyawannya. Begitu juga sebaliknya, asalkan menggunakan server yang sama.

6. Progress transfer data tidak akan hilang meskipun koneksi terputus.

7. Pengiriman data bisa dilakukan dengan mudah dan terorganisir.

Cara Kerja FTP

Pengertian FTP, Fungsi, Cara Kerja, Syarat untuk Menggunakan, dan Kekurangannya
Cara Kerja FTP

Protokol FTP menggunakan sebuah metode yang diberi nama metode autentikasi standar. Metode ini membutuhkan username dan password agar user bisa mengakses data-data yang terdapat dalam FTP Server. User yang terdaftar akan mendapatkan hak akses penuh pada sejumlah direktori dan juga file-file yang berada di dalamnya sehingga user bisa membuat, menyalin, memindahkan, ataupun menghapus direktori tersebut.

Sedangkan cara kerjanya secara umum adalah sebagai berikut: FTP Client harus meminta koneksi terlebih dahulu kepada FTV server. Jika telah terhubung dengan FTP Server, maka FTP Client bisa melakukan kegiatan pertukaran data seperti upload dan download file. FTP bisa bekerja dengan mode aktif atau mode pasif, yang menentukan bagaimana terbentuknya koneksi data.

1. Pada mode aktif, client memperhatikan koneksi data yang datang dari server pada port M. Lalu client akan mengirimkan FTP command port M untuk memberi informasi kepada server mengenai port mana yang harus diperhatikan. Server kemudian melakukan inisiasi channel data kepada client dari port FTP Server.

2. Jika client berada di balik firewall dan tak bisa menerima koneksi TCP, maka digunakanlah mode pasif. Pada mode ini, client menggunakan kontrol koneksi untuk mengirimkan perintah kepada server, menerima alamat IP server, alamat server, serta nomor port server.

Syarat untuk Menggunakan FTP

Pengertian FTP, Fungsi, Cara Kerja, Syarat untuk Menggunakan, dan Kekurangannya
Syarat Untuk Menggunakan FTP

Ada beberapa syarat yang diperlukan dalam menggunakan FTP, antara lain sebagai berikut:

1. Sudah terinstall FTP Client pada komputer pengguna, contohnya seperti aplikasi FileZilla.

2. Pengguna memiliki informasi tentang FTP server yang ingin dihubungkan ke komputer. Informasi tersebut meliputi:

a. Alamat FTP Server. Alamat ini bentuknya mirip dengan alamat domain sebuah wesbite. Alamat FTP Server umumnya diawali dengan kata ftp. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, alamat FTP Server juga bisa berbentuk alamat IP, contohnya seperti 61.185.225.87.

b. Username dan password. Sebagian FTP Server memang membiarkan client untuk mengakses data secara anonim. Akan tetapi, ada sebagian FTP Server yang memerlukan informasi tentang username dan password.

Baca Juga: Pengertian Vaksin, Fungsi, Jenis, Sistem dan Jadwal Pemberian Vaksin.

Kekurangan FTP

Pengertian FTP, Fungsi, Cara Kerja, Syarat untuk Menggunakan, dan Kekurangannya
Kekurangan FTP

Meski memiliki manfaat yang cukup besar dalam pertukaran data, sesungguhnya FTP juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain sebagai berikut:

1. Sistem FTP sudah cukup tua. Jika kamu tidak memiliki latar belakang pendidikan IT atau tak begitu familiar dengan dunia IT, kamu akan kesulitan dalam menggunakan FTP.

2. Jika tak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang FTP, user bisa saja melakukan kesalahan dengan menghapus keseluruhan data dengan satu kali klik.

3. Tak bisa mengubah kepemilikan dari suatu file.

4. FTP tak begitu aman sebagai media transer data karena tidak memiliki fitur enkripsi, kecuali jika kamu menggunakan alternatif seperti SFTP.

5. Jika kamu ingin memiliki FTP server sendiri, kamu harus memiliki komputer server sendiri atau menyewa server yang tentunya menghabiskan uang dalam jumlah banyak.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian FTP, fungsi FTP, cara kerja FTP, syarat untuk menggunakan FTP, dan kekurangan FTP yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai FTP.

Baca Juga