17 Pengertian Etnografi, Metode dan Jenisnya
Pengertian Etnografi adalah sebuah pendekatan penelitian kualitatif yang berfungsi untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan masyarakat dan suku bangsa. Melalui Etnografi akan dihasilkan laporan penelitian yang sangat detail dengan uraian berdasarkan sudut pandang masyarakat asli.

Pengertian Etnografi adalah sebuah pendekatan penelitian kualitatif yang berfungsi untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan masyarakat dan suku bangsa. Melalui Etnografi akan dihasilkan laporan penelitian yang sangat detail dengan uraian berdasarkan sudut pandang masyarakat asli.

Memang di dalam Etnografi dilarang terjadi subjektivitas peneliti. Jadi peneliti dilarang membawa nilai, pemikiran dan bahasa asalnya untuk melihat suatu permasalahan. Seluruh gejala sosial yang tertuang dalam laporan etnografi, murni merupakan pendapat asli masyarakat, menggunakan bahasa asli mereka.

Apa itu Etnografi
Apa itu Etnografi

Makanya, ketika membaca laporan penelitian ilmiah berbasis Etnografi ini, maka akan ditemukan banyak istilah-istilah dalam bahasa lokal yang tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Tujuan dari semua ini, tak lain adalah untuk menjaga pengetahuan dan pendapat masyarakat lokal, agar tidak terkontaminasi dengan penafsiran dan pengetahuan sang peneliti.

Meskipun penelitian Etnografi membuat sang Etnografer membaur dengan masyarakat. Namun Etnografer dilarang mengintervensi dan menjustifikasi dalam bentuk apapun. Keterlibatan dalam masyarakat pun harus dilakukan dalam jangka waktu lama. Agar peneliti Etnografer ini benar-benar paham secara keseluruhan mengenai masyarakat dan kebudayaan yang ia teliti.

Apa itu Etnografi
Apa itu Etnografi

Jangka waktu penelitian Etnografi biasanya bertahun-tahun. Sudah pasti lebih dari 1 tahun. Bahkan ada yang sampai 5 hingga 10 tahun. Inilah mengapa, penelitian Etnografi biasanya membutuhkan budget yang besar.

Di Indonesia, karya tulis ilmiah dengan pendekatan Etnografi masihlah jarang. Skripsi, Tesis, Disertasi yang dibuat mahasiswa Indonesia kebanyakan memilih pendekatan Studi Kasus, Survei atau sekadar Studi Pustaka. Sebab memang Etnografi butuh petualangan yang panjang. Sedangkan biasanya jangka waktu mengerjakan tugas akhir di perguruan tinggi hanya sedikit. Karena terancam dengan bayang-bayang deadline dan drop out.

Selanjutnya, Pengertian Etnografi juga disampaikan oleh beberapa ahli, seperti di bawah ini:

Apa itu Etnografi
Apa itu Etnografi

1. James P. Spradley

Pengertian Etnografi Menurut James P. Spradley adalah Etnografi merupakan suatu pembelajaran terhadap kehidupan masyarakat. Dengan Etnografi, makna dan tindakan masyarakat akan didekati, dimengerti, dipahami dan kemudian ditulis.

2. Bronislaw Malinowski

Pengertian Etnografi menurut Bronislaw Malinowski adalah belajar tentang masyarakat dari sudut pandang asli.

3. Morsley

Pengertian Etnografi menurut Morsley adalah eksplorasi tentang makna dan nilai dalam konteks “cara hidup” masyarakat, yang memuat kebudayaannya, dunia kehidupannya, serta identitasnya.

4. Marzali

Pengertian Etnografi menurut Marzali adalah sebuah ciri khas dari Antropologi. Yang mana merupakan metode penelitian asli dari Antropologi.

5. Suwardi Endraswara

Pengertian Etnografi menurut Suwardi Endraswara adalah catatan tentang suku bangsa dan masyarakat yang dibuat oleh seorang Etnografer. Di mana Etnografer menulis berdasarkan pengalaman hidupnya bersama masyarakat dalam tempo waktu relatif lama. Metode penulisannya biasanya dengan wawancana mendalam.

6. Koentjaraningrat

Pengertian EtnografI menurut Koentjaraningrat adalah suatu catatan mengenai fenomena sosial, seperti adat-istiadat, susunan masyarakat, bahasa dan ciri-ciri fisik dari suku bangsa.

7. Hammersley & Atkinson

Pengertian Etnografi menurut Hammersley & Atkinson adalah suatu deskripsi budaya yang ditulis berdasarkan riset lapangan.

8. Charles Winnick

Pengertian Etnografi menurut Charles Winnick adalah studi tentang budaya individu, terutama yang selama ini tidak pernah dideskripsikan dan bukan merupakan studi interpretatif yang umum.

9. Adam E. Hoebal

Pengertian Etnografi menurut Adam E. Hoebal adalah studi tentang komunitas masyarakat mencakup orang-orang di dalamnya.

10. Keesing

Pengertian Etnografi menurut Keesing adalah dokumentasi dan analisis budaya berdasarkan penelitian lapangan.

11. LeCompte & Schensul

Pengertian Etnografi menurut LeCompte & Schensul adalah suatu metode pengumpulan data untuk memahami masalah sosiokultural.

12. Ellingson

Pengertian Etnografi menurut Ellingson adalah studi tentang bagaimana individu menggunakan budayanya untuk memaknai realitas.

13. Wimmer & Dominick

Pengertian Etnografi menurut Wimmer & Dominick adalah suatu pendekatan penelitian yang menggabungkan 3 tradisi pendekatan dalam penelitian kualitatif, yaitu: fenomenologi, sosio-kultural dan pendekatan kritis.

Baca Juga: 18 Pengertian Etnologi, Metode Penelitiannya

14. Hymes

Pengertian Etnografi menurut Hymes adalah studi tentang konteks komunitas.

15. Anthony Giddens

Pengertian Etnografi menurut Anthony Giddens adalah penelitian lapangan untuk menemukan hakikat kebudayaan.

16. Michael H. Agar

Pengertian Etnografi menurut Michael H. Agar adalah suatu pendekatan penelitian yang pada dasarnya dilandaskan pada fenomonelogi. Hanya saja lebih mendetail.

17. Radcliffe-Brown

Pengertian Etnografi menurut Radcliffe-Brown adalah deskripsi tentang struktur sosial dan budaya di dalam masyarakat.

Apa itu Etnografi
Apa itu Etnografi

Metode dan Jenis Etnografi

Setelah memahami tentang Pengertian Etnografi, maka kini melangkah pada metode dan aliran jenis-jenisnya. Semenjak awal munculnya pendekatan Etnografi, salah satu pendekatan penelitian kualitatif ini mengalami banyak dinamika. Berikut adalah penjelasannya:

Apa itu Etnografi
Apa itu Etnografi

Etnografi Klasik

Inilah Etnografi paling kuno yang muncul di dunia. Pengertian Etnografi klasik yaitu suatu metode dan aliran etnografi yang mencatat secara mendeskripsikan perilaku masyarakat setelah melakukan pengamatan dalam jangka waktu lama. Meskipun memiliki laporan yang mendetail, Etnografi Klasik dianggap masih belum terlalu ilmiah.

Etnografi Sistematis

Pengertia Etnografi Sistematis adalah metode dan jenis Etnografi yang disusun secara sistematis menurut waktu kejadiannya. Sehingga laporan penelitiannya mudah dibaca dan dipahami.

Etnografi Interpretatif

Meski merupakan pendekatan penelitian dari sudut pandang masyarakat asli. Namun rupanya Etnografi ada yang melibatkan proses penafsiran (interpretasi) dari penelitinya maupun informannya.

Etnografi Kritis

Pengertian Etnografi Kritis adalah pendekatan etnografi yang memiliki paradigma kritis. Artinya, setelah penelitian selesai dilakukan, maka sang peneliti akan membuat follow-up atau kelanjutan berupa keberpihakannya. Misalnya dengan mendirikan suatu lembaga riset khusus mengenai budaya yang ditelitinya. Topik kajian dari Etnografi Kritis biasanya adalah hal-hal yang abstrak, seperti power (kekuasaan) di dalam masyarakat.

Etnografi Deskriptif

Selanjutnya, pengertian Etnografi Deskriptif adalah metode dan jenis etnografi yang menulis dengan cara membuat pola, tipologi dan kategori. Pemaparan tulisannya rinci dan menyeluruh.

Etnografi Makro

Metode dan jenis Etnografi Makro ini adalah analisis etnografi dengan topik kajian budaya yang luas. Misalnya riset tentang suku Jawa, maka ini kajiannya akan sangat luas.

Etnografi Mikro

Pengertian Etnografi Mikro adalah suatu Etnografi yang ruang lingkunya lebih kecil. Hanya berupa unit-unit dari kebudayaan masyarakat suku bangsa yang kompleks. Misalnya meneliti tentang Kejawen, Suku Tengger, atau Sedulur Sikep. Itu kan topiknya beruang lingkup kecil.

Etnografi Baru

Inilah Etnografi paling terbaru. Pengertian Etnografi Baru ini dipopulerkan oleh James P. Spradley. Metode dan jenis etnografi baru terbaru menjadi 2 generasi, generasi pertama dan kedua. Etnografi baru berusaha mengeluarkan pendekatan penelitian ini dari keterasingannya. Bahwa subjek penelitian Etnografi bukan hanya masyarakat yang terisolir. Namun bisa seluruh masyarakat yang ada di dunia ini, di era modern. Segala hal bisa didekati dengan Etnografi.

Baca Juga