Pengertian Estetika, Unsur, dan Manfaatnya
Estetika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari proses dan aturan dalam menciptakan suatu karya seni, yang diharapkan bisa menimbulkan perasaan positif bagi orang yang melihat dan merasakannya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, unsur, dan manfaat estetika berikut ini.

Istilah estetika sangat erat kaitannya dengan kata seni. Tak sedikit ahli yang menganggap kalau pengertian estetika sama dengan pengertian seni. Padahal, estetika dan seni itu berbeda. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, unsur, dan manfaat estetika berikut ini.

Pengertian Estetika

Pengertian Estetika, Unsur, dan Manfaatnya
Pengertian Estetika

Estetika biasanya dihubungkan dengan hal-hal yang berbau seni karena estetika merupakan bentuk dari keindahan yang bisa dilihat manusia. Sejak awal, estetika selalu digunakan untuk mengungkapkan bahasa filsafat terhadap suatu karya seni.

Kata estetika sendiri berasal dari bahasa latin "aestheticus" atau bahasa Yunani "aestheticos" yang artinya merasa. Estetika bisa diartikan sebagai susunan bagian dari suatu benda yang mengandung pola, di mana pola tersebut menyatukan bagian-bagian yang membentuknya dan mengandung keselarasan hingga menimbulkan nilai-nilai keindahan.

Dengan kata lain, estetika berkaitan dengan perasaan seseorang, khususnya perasaan positif atau perasaan yang indah. Keindahan ini bukan hanya dilihat dari bentuknya, tapi juga dilihat dari makna atau arti yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah pengertian estetika menurut para ahli:

1. Menurut Herbert Read

Estetika adalah kesatuan dan hubungan bentuk yang ada di antara pencerapan indrawi manusia. Pada umumnya, manusia menganggap estetika adalah seni, atau seni akan selalu mengandung nilai keindahan. Pandangan seperti ini sebenarnya salah dan justru membuat masyarakat kesulitan dalam mengapresiasi seni. Sebab, menurut Herbert Read, seni tidak selalu mengandung nilai keindahan.

2. Menurut Bruce Allsopp (1997)

Estetika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari proses dan aturan dalam menciptakan suatu karya seni, yang diharapkan bisa menimbulkan perasaan positif bagi orang yang melihat dan merasakannya.

3. Menurut J. W. Moris

Menurut ahli ini, estetika sebenarnya tak ada bedanya dengan seni. Sebab, estetika tak hanya dikenakan pada objek yang memiliki keindahan. Estetika juga bisa dikenakan pada objek yang tidak indah. Dalam pembahasan lebih lanjut, Moris juga menjelaskan kalau estetika adalah sebuah objek seni (art).

4. Menurut Dra. Artini Kusmiati

Estetika adalah keadaan yang berhubungan dengan sensasi keindahan yang baru bisa dirasakan seseorang jika terjalin perpaduan yang harmonis antar elemen yang ada dalam suatu objek.

5. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, estetika memiliki dua pengertian. Estetika adalah cabang filsafat yang membahas tentang seni, nilai keindahan, dan tanggapan manusia terhadapnya. Estetika juga bisa diartikan sebagai kepekaan manusia terhadap seni dan keindahan.

Unsur Estetika

Pengertian Estetika, Unsur, dan Manfaatnya
Unsur Estetika

Berikut ini adalah beberapa unsur yang perlu kamu perhatikan untuk mengkaji nilai estetika yang terkandung dalam suatu objek:

1. Bentuk

Bentuk biasanya diartikan sebagai model. Unsur yang satu ini sangat menentukan daya tarik sebuah produk. Secara umum, bentuk produk dibagi menjadi dua jenis, yakni berbentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi. Karya dua dimensi memiliki bentuk yang datar dan tidak ada unsur volumenya, seperti hiasan dinding, taplak meja, dan lain sebagainya. Sedangkan karya tiga dimensi memiliki unsur volume, kedalaman, dan ruang. Contohnya seperti baju, tas, bedcover, dan lain-lain.

2. Warna

Warna menjadi unsur yang sangat penting untuk menambah keindahan suatu produk. Biasanya pilihan warna ini dipilih sesuai dengan selera pemakainya. Sebagai contoh: batik untuk orang tua cenderung menggunakan warna lembut atau warna gelap. Berbeda dengan batik untuk anak muda yang biasanya menggunakan warna-warna cerah.

3. Tema

Tema adalah gagasan yang hendak disampaikan oleh si pembuat karya kepada masyarakat. Tema seringkali dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti letak geografis, adat istiadat, atau kekayaan alam yang ada di daerah tersebut. Masing-masing perajin memiliki ciri khas tersendiri dalam mengungkapkan tema. Dalam karya kerajinan tekstil, tema biasanya terlihat dalam bentuk motif hias.

4. Motif hias

Pengertian Estetika, Unsur, dan Manfaatnya
Motif hias

Motif hias diartikan sebagai gambar atau pola yang menjadi hiasan dalam sebuah produk. Tujuan pembuatan motif ini adalah untuk menambah nilai keindahan suatu produk. Pada umumnya, produk yang memiliki banyak motif hias adalah kerajinan tekstil. Motifnya bisa berbentuk benda, hewan, tumbuhan, ataupun manusia.

Baca Juga: Pengertian Hutan Lindung, Ciri, Manfaat, dan Contohnya.

Manfaat Estetika

Pengertian Estetika, Unsur, dan Manfaatnya
Manfaat estetika

Estetika sangat penting untuk dipelajari, khususnya bagi orang yang berkecimpung di dunia seni sebagai seorang praktisi ataupun kritikus seni. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah mempelajari estetika, antara lain sebagai berikut:

1. Estetika bisa memperdalam pengetahuan manusia tentang kesenian dan nilai-nilai kesenian. Orang yang mempelajari estetika akan memahami apa yang dimaksud dengan nilai-nilai keindahan.

2. Estetika bisa meningkatkan pengetahuan manusia tentang unsur-unsur keindahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi unsur keindahan tersebut.

Pengertian Estetika, Unsur, dan Manfaatnya
Estetika bisa meningkatkan pengetahuan manusia tentang unsur-unsur keindahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi unsur keindahan tersebut

3. Estetika juga bisa meningkatkan pengetahuan manusia tentang unsur-unsur subjektif yang mempengaruhi kemampuan manusia dalam menikmati seni atau keindahan.

4. Estetika bisa meningkatkan rasa cinta manusia terhadap seni dan budaya bangsa. Selain itu, estetika juga mengasah kemampuan kita dalam mengapresiasi seni atau kebudayaan bangsa.

5. Estetika bisa memperdalam pengertian yang berkaitan dengan wujud kesenian dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

6. Estetika akan mengasah kemampuan manusia dalam menilai suatu karya seni, yang secara tidak langsung akan mengembangkan budaya apresiasi seni dalam suatu masyarakat.

7. Mempelajari estetika akan membuatmu lebih waspada atas pengaruh negatif yang bisa merusak kualitas kesenian atau kebudayaan lokal.

8. Mempelajari estetika dengan baik bisa memperkokoh keyakinan masyarakat akan moralitas, keperimanusiaan, kesusilaan, dan ketuhanan.

9. Belajar estetika akan melatih manusia untuk berpikir secara sistematis, yang akan memudahkan kita dalam memecahkan segala persoalan, serta memberikan wawasan yang luas sebagai bekal bagi kehidupan spiritual dan psikologi kita.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, unsur, dan manfaat estetika yang perlu kamu ketahui. Semoga menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai estetika.

Baca Juga