Pengertian Emosi - Ciri, Faktor, dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Emosi merupakan suatu keadaan psikologis yang ditunjukkan lewat reaksi wajah dan juga gerak tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian emosi, ciri-ciri emosi, faktor timbulnya emosi dan jenis-jenis emosi berikut ini.

Semua orang pasti memiliki emosi, baik itu emosi positif ataupun emosi negatif. Biasanya, emosi digunakan untuk menjelaskan reaksi alamiah yang ada pada diri seseorang dan menyebabkan perubahan pada lingkungan sekitarnya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian emosi, ciri-ciri emosi, faktor timbulnya emosi dan jenis-jenis emosi berikut ini.

Pengertian Emosi

Pengertian Emosi - Ciri, Faktor, dan Jenisnya
Pengertian Emosi

1. Pengertian emosi menurut Daniel Goleman

Emosi merupakan suatu perasaan dan pikiran yang spesial. Emosi ini terbentuk dari kondisi biologis dan psikologis seseorang, dan mendorong tubuh dalam melakukan tindakan / perubahan.

2. Pengertian emosi menurut Hathersall

Emosi merupakan suatu keadaan psikologis yang ditunjukkan lewat reaksi wajah dan juga gerak tubuh. Contoh emosi misalnya seorang anak marah pada orang tuanya karena tidak dibelikan balon.

3. Pengertian emosi menurut Keleinginna dan Keleinginan

Emosi biasanya berhubungan dengan tingkah laku seseorang. Seringkali emosi diartikan sebagai suatu perasaan, seperti marah, senang, bahagia, sedih, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Emosi

Pengertian Emosi - Ciri, Faktor, dan Jenisnya
Ciri-Ciri Emosi

Menurut Syamsu Yusuf, emosi memiliki tiga buah ciri-ciri:

1. Bersifat subjektif

Artinya lebih bersifat subjektif daripada peristiwa psikologis sejenis seperti melihat atau berpikir.

2. Bersifat fluktuatif

Artinya bisa berubah-ubah setiap saat.

3. Berhubungan dengan kondisi panca indera

Sebagai contoh emosi marah bisa saja timbul setelah seseorang melihat sesuatu yang tidak ia inginkan terjadi di depan matanya.

Sedangkan menurut Nana Syaodih Sukmadinata, ada empat ciri dari emosi:

1. Dipengaruhi oleh pengalaman emosional yang sifatnya pribadi

Pengalaman emosional sangat mempengaruhi perkembangan emosi yang ada pada diri seseorang. Sebagai contoh, seseorang bisa saja merasa takut pada sebuah barang yang sebenarnya tak perlu ia takutin. Hal ini bisa terjadi karena adanya pengalaman emosional.

2. Adanya perubahan fisik

Saat manusia sedang mengalami emosi tertentu, maka akan terjadi perubahan dari segi fisik. Sebagai contoh orang yang sedang ketakutan biasanya mukanya akan pucat, dan lain sebagainya.

3. Emosi diungkapkan dalam bentuk perilaku

Kamu juga bisa mengetahui emosi apa yang sedang dialami seseorang dari perilakunya. Perhatikan saja mimik muka atau suara yang ia ucapkan. Semakin dewasa seseorang, maka cara pengungkapan emosinya pun semakin baik.

4. Emosi sebagai motif

Motif di sini artinya adalah suatu hal yang mendorong / memotivasi orang untuk berbuat sesuatu. Emosi juga memiliki arti yang serupa dengan motif, di mana emosi bisa mendorong terjadinya suatu kegiatan. Namun, motif dan emosi dipicu oleh hal yang berbeda. Motif terjadi karena adanya perubahan dari segi psikologis, sedangkan emosi terjadi karena dipicu oleh situasi dan kondisi tertentu yang kemudian memberi arti tersendiri bagi individu.

Faktor Timbulnya Emosi

Pengertian Emosi - Ciri, Faktor, dan Jenisnya
Faktor Timbulnya Emosi

1. Faktor Internal

Faktor internal di sini berupa perasaan seseorang. Apa yang dirasakan oleh seseorang biasanya akan memicu kehadiran emosi. Adapun gangguan emosi dari faktor internal ini antara lain:

  • Merasa tidak memenuhi kebutuhan fisik yang layak seperti orang lain. Hal ini akan menimbulkan rasa cemas dan benci terhadap kondisi yang sedang mereka alami.
  • Merasa tak dimengerti oleh siapapun
  • Merasa tak mendapat kasih sayang dan perhatian dari siapapun
  • Merasa tak mampu (bodoh)
  • Merasa kecewa dengan kehidupan keluarga yang kurang harmonis
  • Merasa iri terhadap saudara karena dibeda-bedakan oleh keluarga dan diperlakukan secara tidak adil.

2. Faktor Eksternal

Menurut Hurlock dan Cole, ada beberapa faktor eksternal yang bisa mempengaruhi kehadiran emosi negatif yaitu:

  • Orang di sekitar memperlakukan orang dewasa seperti anak kecil.
  • Menjalin hubungan dengan lawan jenis, tapi malah ditentang oleh keluarga
  • Banyak dikritik atau disalahkan oleh orang di sekitar, seperti orang tua atau guru.
  • Dibanding-bandingkan dengan saudara dan diperlakukan tidak adil oleh orang tua.
  • Kondisi keluarga mampu, tapi kebutuhannya malah tidak dipenuhi oleh orang tua karena berbagai alasan.
  • Banyak dituntut untuk melakukan sejumlah hal dan jika gagal dalam melakukannya, ia mendapat hinaan dan juga hukuman.

Baca Juga: Pengertian Promosi - Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Jenis-Jenis Emosi

Pengertian Emosi - Ciri, Faktor, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Emosi

1. Rasa Cinta

Emosi rasa cinta adalah suatu jenis emosi yang menghubungkan perasaan seseorang dengan orang lain, benda, masyarakat, ataupun lingkungan yang ada di sekitarnya. Emosi ini tergolong dalam jenis emosi positif karena dapat menghasilkan bentuk motivasi yang tinggi.

2. Rasa Benci

Berbeda dengan rasa cinta, emosi rasa benci akan membuat seseorang merasa jauh dengan orang lain. Emosi ini juga membuat orang malas untuk melakukan aktivitas atau kegiatan tertentu.

3. Rasa Takut

Emosi ini biasanya timbul di situasi dan kondisi yang sedang genting karena adanya masalah yang muncul secara mendadak. Rasa takut ini bisa mengakibatkan rasa bahagia jika apa yang seseorang takutkan itu tidak terjadi.

4. Rasa Malu

Jenis emosi ini ditimbulkan karena rasa takut atau rasa penyesalan yang mendalam. Bisa jadi orang yang mengalami rasa malu ini telah melakukan sesuatu yang aneh, jahat, atau yang tidak biasa dilakukan oleh orang lain.

5. Rasa Dengki

Jenis emosi ini muncul karena adanya rasa iri pada apa yang orang lain punya. Biasanya orang akan merasakan emosi ini setelah melihat bahwa apa yang mereka suka malah dimiliki oleh orang lain.

6. Rasa Marah

Pengertian Emosi - Ciri, Faktor, dan Jenisnya
Rasa Marah

Rasa marah merupakan jenis emosi yang muncul karena terjadinya masalah / sesuatu yang tidak diharapkan. Emosi ini tergolong jenis emosi negatif. Sebaiknya kamu berusaha mengendalikan emosi marah ini untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang ada di sekitarmu.

7. Rasa Cemburu

Selain rasa cinta, rasa cemburu juga merupakan suatu emosi. Emosi ini akan membuat manusia gelisah karena persoalan cinta. Orang yang sedang cemburu akan melakukan persaingan dan berusaha untuk mendapatkan rasa cinta dari objek tertentu.

Baca Juga