Pengertian Ekonomi, Pembagian, Cabang Ilmu, Kegiatan Pokok, dan Tujuan Mempelajarinya
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku masyarakat dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian ekonomi berikut ini.

Ekonomi bukanlah istilah yang asing lagi di telinga kita. Sebab, kegiatan atau hal-hal yang berkaitan dengan dunia ekonomi bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Kita juga sering mempelajari ilmu ekonomi saat berada di sekolah. Lantas apa itu pengertian ekonomi yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi, cabang ilmu ekonomi, kegiatan pokok ekonomi, dan tujuan mempelajari ilmu ekonomi berikut ini.

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi, Pembagian, Cabang Ilmu, Kegiatan Pokok, dan Tujuan Mempelajarinya
Pengertian Ekonomi

Secara umum, pengertian ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku masyarakat dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Sedangkan menurut Amwal, ekonomi merupakan cabang ilmu yang menjelaskan tentang bagaimana cara mengelola sumber daya yang efektif dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ekonomi, Pembagian, Cabang Ilmu, Kegiatan Pokok, dan Tujuan Mempelajarinya
Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga kelompok dasar, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan. Pengertian ekonomi deskriptif adalah ilmu yang menggambarkan keadaan perekonomian yang sedang terjadi di kalangan masyarakat. Contohnya: jumlah angkatan kerja, jumlah pengangguran, dan lain sebagainya.

Pengertian teori ekonomi adalah kumpulan asas atau hukum ekonomi yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan kebijakan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan, seperti tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, dan lain sebagainya. Hal ini berbeda dengan ekonomi mikro yang mempelajari tingkah laku individu atau perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

Sedangkan pengertian ekonomi terapan adalah ilmu ekonomi yang menggunakan teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif. Ekonomi terapan dianggap sebagai solusi jitu untuk memecahkan masalah praktis. Selain menggunakan teori ekonomi, ekonomi terapan sebenarnya juga menggunakan pengukuran, metode analisis statistik, dan ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi yang sedang terjadi di kalangan masyarakat.

Cabang Ilmu Ekonomi

Pengertian Ekonomi, Pembagian, Cabang Ilmu, Kegiatan Pokok, dan Tujuan Mempelajarinya
Cabang Ilmu Ekonomi

Berikut ini adalah cabang ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui:

1. Ilmu ekonomi moneter, membahas tentang uang, lembaga keuangan, ataupun aspek-aspek yang berkaitan dengan kedua hal tersebut, seperti inflasi, tingkat suku bunga, dan jumlah uang yang beredar di masyarakat.

2. Ilmu ekonomi publik, membahas tentang kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, seperti APBN, pajak, utang pemerintah, APBD, dan retribusi.

3. Ilmu ekonomi industri, membahas tentang interaksi perusahaan dalam suatu industri. Contohnya seperti persaingan perusahaan, kinerja perusahaan, dan lain sebagainya.

4. Ilmu ekonomi internasional, membahas tentang kegiatan perekonomian antarnegara. Contohnya seperti transaksi perdagangan antarnegara, neraca pembayaran, dan aliran investasi antarnegara.

5. Ilmu ekonomi regional, membahas tentang interaksi ekonomi antar daerah dan proses pengembangan suatu daerah.

6. Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA), membahas tentang masalah dan alokasi penggunaan sumber daya alam dari segi ekonomi.

7. Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM), membahas tentang faktor tenaga kerja. Contohnya seperti masalah pengangguran, jumlah upah tenaga kerja yang terlalu kecil, tingkat pendidikan calon tenaga kerja yang terlampau rendah, dan lain sebagainya.

8. Ilmu ekonomi syariah, membahas tentang penerapan ekonomi Islam. Contohnya seperti penghapusan riba, prinsip bagi hasil, dan lain sebagainya.

Kegiatan Pokok Ekonomi

Pengertian Ekonomi, Pembagian, Cabang Ilmu, Kegiatan Pokok, dan Tujuan Mempelajarinya
Kegiatan Pokok Ekonomi

Tahukah kamu, kalau kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi termasuk kegiatan pokok ekonomi. Sebab, tiga kegiatan tersebut terjadi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dan dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat). Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan kegiatan pokok ekonomi di bawah ini.

1. Konsumsi

Konsumsi merupakan kegiatan menggunakan barang atau mengurangi nilai barang secara langsung maupun tidak langsung, yang dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya menulis menggunakan pulpen, makan roti, minum air, dan lain sebagainya.

2. Produksi

Kata produksi berasal dari bahasa Inggris "to produce" yang berarti membuat atau menghasilkan sesuatu. Dalam ilmu ekonomi, produksi artinya menghasilkan produk berupa barang / jasa. Produksi tak semata-mata harus membuat barang baru. Sebab kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna barang atau jasa juga dikatakan sebagai kegiatan produksi. Contohnya produksi pakaian, produksi perabot, dan lain-lain.

3. Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan atau membagikan produk dari produsen kepada masyarakat (konsumen). Salah satu keunikan dari distribusi adalah kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi semua pelaku kegiatan ekonomi, mulai dari produsen, konsumen, distributor, hingga masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Rumusan Masalah, Ciri, Fungsi, Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan, Jenis, dan Contohnya.

Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

Pengertian Ekonomi, Pembagian, Cabang Ilmu, Kegiatan Pokok, dan Tujuan Mempelajarinya
Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

Ada banyak sekali tujuan mempelajari ilmu ekonomi, di antaranya sebagai berikut:

1. Untuk mengenali dan menjelaskan fenomena yang terjadi dalam perekonomian masyarakat. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita sebagai pelaku ekonomi bisa lebih bijak dalam melakukan suatu tindakan yang berkaitan dengan bidang ekonomi. Tak hanya itu saja, kita juga bisa mengenali, menganalisis dan menarik kesimpulan tentang fenomena yang sedang terjadi dalam perekonomian masyarakat.

2. Untuk membantu manusia dalam mengenali potensi alam yang ada di sekitarnya.

3. Untuk mempelajari berbagai alat atau sarana prasarana yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

4. Untuk mempelajari cara memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka jenis, baik itu kebutuhan untuk masa sekarang ataupun masa yang akan datang.

5. Agar manusia bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan atau memecahkan masalah yang terjadi dalam bidang ekonomi.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi, cabang ilmu ekonomi, kegiatan pokok ekonomi, dan tujuan mempelajari ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pengertian ekonomi.

Baca Juga