Domain - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membelinya
Domain merupakan nama unik yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi suatu server, entah itu web server ataupun email server. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, jenis, dan cara membeli domain berikut ini.

Jika kamu ahli di bidang website, kamu tentu tidak asing lagi dengan istilah domain. Tapi bagi yang lain, yang belum memahami dunia website pasti akan merasa kebingungan dan bertanya-tanya tentang pengertian domain yang sebenarnya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, jenis, dan cara membeli domain berikut ini.

Pengertian Domain

Domain - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membelinya
Pengertian Domain

Jika kamu pernah membuka website, kamu tentu akan menyadari kalau setiap website memiliki alamatnya tersendiri. Contohnya seperti facebook.com, google.com, kata.co.id, dan lain sebagainya. Inilah yang kita namakan dengan sebutan domain.

Domain merupakan nama unik yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi suatu server, entah itu web server ataupun email server. Dengan kata lain, domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nomor IP milik sebuah komputer server. 

Contoh: misal kita memiliki sebuah komputer server yang menyimpan halaman website kita dengan alamat IP 10.12.0.1. Ketika alamat IP tersebut diketik di browser dan di-enter, halaman website kita akan terbuka. Namun, cara ini kurang efektif sebab kita harus mengingat nomor IP tersebut.

Untunglah ada domain yang membantu dan mempermudah kita dalam mengakses sebuah website. Kita tidak perlu lagi mencatat atau mengingat alamat IP, karena kita hanya perlu mengingat alamat websitenya saja.

Fungsi Domain

Domain - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membelinya
Fungsi Domain

Berikut ini adalah beberapa fungsi domain yang perlu kamu ketahui:

1. Mewakili identitas pemiliknya

Biasanya nama domain suatu website dibuat berdasarkan identitas perusahaan atau identitas pemilik website. Sebagai contoh: domain kaskus.co.id. Jika kamu mengetik alamat website ini dan menekan tombol enter, browser akan menampilkan forum kaskus, serta informasi seputar identitas pemiliknya.

2. Mewakili identitas dari bentuk kegiatan organisasi atau individu

Contohnya saat kita membaca atau mendengar nama domain kaskus.co.id. Tanpa sadar, kita akan langsung ingat kalau itu adalah forum diskusi terbesar di Indonesia.

3. Sebagai nama unik dari sebuah website

Domain - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membelinya
Sebagai nama unik dari sebuah website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, domain merupakan nama unik yang berfungsi sebagai pengganti alamat IP.

Baca Juga: Sudut Pandang - Pengertian, Jenis, dan Contohnya.

Jenis-Jenis Domain

Domain - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membelinya
Jenis-Jenis Domain

Berikut ini adalah beberapa jenis domain yang sering digunakan:

1. TLD (Top Level Domain)

Domain jenis ini berada di bagian kanan setelah tanda titik. Misalnya saja website www.utopiacomputer.com, bisa dilihat kalau top level domainnya adalah .com. Top level domain ini dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni global top level domain dan country top level domain.

Berikut ini adalah contoh penggunaan global top level domain:

.com : untuk website komersial atau perusahaan.

.net : unuk website network infrastruktur.

.org : untuk website organisasi tertentu.

.info : untuk website informasi.

.name : untuk website keluarga ataupun website yang sifatnya pribadi

.edu : untuk website pendidikan.

.mil : untuk website angkatan bersenjata atau militer.

.biz : untuk website bisnis.

.tv : untuk website hiburan (entertainment), seperti televisi, radio, atau majalah.

.travel : untuk website bisnis pariwisata.

Sedangkan contoh penggunaan country code top level domain adalah sebagai berikut:

.cn : untuk website di China.

.id : untuk website di Indonesia.

.my : untuk website di Malaysia.

.sg : untuk website di Singapura.

.uk : untuk website di Amerika.

2. Second Level Domain (SLD)

SLD merupakan nama website yang didaftarkan pemiliknya. Sebagai contoh, untuk website www.utopiacomputer.com, second level domainnya adalah "utopiacomputer".

3. Third Level Domain

Jenis domain ini biasanya terletak sebelum Top Level Domain dan Second Level Domain. Sebagai contoh, misalnya kamu ingin membuat website untuk keperluan email. Kamu bisa menambahkan "webmail" di depan namadomain.com, menjadi webmail.namadomain.com. Begitu juga jika kamu ingin membuat website untuk keperluan pencarian. Kamu bisa menambahkan "search" di depan namadomain.com, menjadi search.namadomain.com. Third Level Domain seringkali disebut dengan istilah subdomain.

Cara Membeli Domain

Domain - Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membelinya
Cara Membeli Domain

Untuk bisa membeli domain, kamu harus memesannya terlebih dahulu di penyedia layanan pembelian nama domain, atau yang dikenal dengan istilah register domain. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa pembelian domain di internet. Harganya pun bervariasi, kamu bisa memilih domain sesuai dengan kebutuhan. Biasanya pembayarannya melalui transfer bank, kartu kredit, atau via Paypal. Berikut ini adalah cara pembelian domain di Hosting Indonesia:

1. Buka website Hosting Indonesia, klik menu Domain Name, lalu pilih Register Domain Name.

2. Cek ketersediaan nama domain. Sebelum membeli, kamu harus mengecek dulu apakah nama domain tersebut telah dimiliki oleh orang lain atau belum. Masukkan nama domain, pilih top level domain yang kamu inginkan, lalu klik tombol register it!

3. Seandainya domain tersebut tersedia, kamu tinggal beri tanda centang pada Tersedia! Pesan Sekarang, kemudian klik tombol Beli.

4. Berikutnya kamu harus melakukan konfigurasi domain untuk menyinkronkan domain dengan server webnya. Jika kamu juga memesan hosting pada Hosting Indonesia, kamu tidak perlu mengubah nama servernya. Tapi jika kamu memesan hosting di tempat lain, kamu perlu mengubah nama servernya dan klik tombol perbarui keranjang.

5. Selanjutnya kamu akan di minta untuk login atau mengisi data pribadi untuk menyelesaikan proses pemesanan. Setelah itu, pilihlah metode pembayaran yang diinginkan, beri tanda persetujuan, kemudian klik tombol Selesai Pemesanan.

6. Jika sudah melakukan pembayaran, kamu tinggal melakukan konfirmasi pembayaran melalui chat atau email. Setelah diperiksa oleh petugas, domain pesananmu akan diaktifkan.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, jenis, dan cara membeli domain yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai domain.

Baca Juga