Pengertian Diskriminasi, Penyebab, Tipe, Bentuk, Contoh, dan Upaya Mengurangi Diskriminasi dalam Masyarakat
Diskriminasi merupakan pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (karena faktor warna kulit, suku, agama, golongan, dan lain sebagainya). Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian diskriminasi berikut ini.

Tak bisa dipungkiri kalau diskriminasi seringkali dijumpai dalam kehidupan manusia. Hal ini terjadi karena sifat buruk manusia yang seringkali membeda-bedakan orang. Saat membaca atau mendengar istilah diskriminasi, kamu tentu saja akan membayangkan tentang perlakuan tidak adil yang diperbuat oleh individu / kelompok masyarakat tertentu. Lantas, apa itu pengertian diskriminasi yang sebenarnya? Mengapa bisa terjadi diskriminasi dan perbuatan seperti apa yang tergolong sebagai tindakan diskriminasi? Langsung saja simak pembahasan lengkap tentang pengertian diskriminasi, penyebab diskriminasi, tipe-tipe diskriminasi, bentuk-bentuk diskriminasi, contoh diskriminasi, dan upaya mengurangi diskriminasi dalam masyarakat berikut ini.

Pengertian Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi, Penyebab, Tipe, Bentuk, Contoh, dan Upaya Mengurangi Diskriminasi dalam Masyarakat
Pengertian Diskriminasi

Kata diskriminasi sebenarnya berasal dari kata latin “discriminatus” yang berarti membagi atau membedakan. Secara umum, diskriminasi diartikan sebagai pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (karena warna kulit, suku, agama, golongan, dan lain sebagainya). Berikut ini adalah pengertian diskriminasi menurut para ahli:

1. Menurut Wikipedia

Pengertian diskriminasi menurut Wikipedia adalah perbuatan tidak adil terhadap individu tertentu, di mana perbuatan ini dilakukan berdasarkan ciri yang diwakili oleh individu tersebut.

2. Menurut Fulthoni

Pengertian diskriminasi menurut Fulthoni adalah perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan dengan tujuan untuk membedakan individu atau kelompok tertentu, berdasarkan suatu hal yang bersifat kategorikal atau atribut khas, seperti berdasarkan agama, ras, suku bangsa, ataupun kelas sosial.

3. Menurut Doob

Sedangkan pengertian diskriminasi menurut Doob adalah perilaku yang dilakukan demi mencegah atau membatasi kelompok lain yang berupaya mendapatkan sumber daya.

Penyebab Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi, Penyebab, Tipe, Bentuk, Contoh, dan Upaya Mengurangi Diskriminasi dalam Masyarakat
Penyebab Diskriminasi

Tindakan diskriminasi bisa terjadi karena adanya sejumlah faktor penyebab, antara lain sebagai berikut:

1. Mekanisme pertahanan psikologi (projection). Seseorang bisa saja memindahkan ciri-ciri yang tidak disukai tentang dirinya kepada orang lain.

2. Kekecewaan. Saat merasa kecewa, seseorang bisa saja melampiaskan kekecewaannya kepada ‘kambing hitam’.

3. Merasa terancam atau rendah diri. Orang yang merasa terancam dan rendah diri akan mencoba untuk merendahkan orang lain demi menenangkan dirinya sendiri.

4. Adanya sejarah di masa lampau.

5. Perasingan dan eksploitasi. Zaman sekarang ini, masyarakat cenderung hidup materialistik dan hidup dalam persaingan. Setiap orang akan berusaha untuk mendapatkan kekayaan, kemewahan, dan kekuasaan.

6. Corak sosialisasi. Tanpa disadari, diskriminasi sebenarnya adalah suatu fenomena yang dipelajari dan diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya melalui proses sosialisasi.

Tipe-Tipe Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi, Penyebab, Tipe, Bentuk, Contoh, dan Upaya Mengurangi Diskriminasi dalam Masyarakat
Tipe-Tipe Diskriminasi

Berikut ini adalah tipe-tipe diskriminasi yang perlu kamu ketahui:

1. Diskriminasi Langsung

Diskriminasi langsung membatasi suatu wilayah tertentu, seperti jenis pekerjaan, fasilitas umum, pemukiman, dan lain sebagainya. Diskriminasi jenis ini juga bisa terjadi ketika pengambilan keputusan diarahkan oleh prasangka-prasangka terhadap individu atau kelompok tertentu.

2. Diskriminasi Tidak Langsung

Diskriminasi tidak langsung dilakukan dengan menciptakan kebijakan-kebijakan yang menghalangi ras tertentu untuk berinteraksi secara bebas dengan ras lainnya. Aturan dan prosedur dalam kebijakan tersebut mengandung diskriminasi yang tak begitu tampak. Kendati demikian, diskriminasi ini mengakibatkan kerugian sistematis bagi kelompok tertentu.

Bentuk-Bentuk Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi, Penyebab, Tipe, Bentuk, Contoh, dan Upaya Mengurangi Diskriminasi dalam Masyarakat
Bentuk-Bentuk Diskriminasi

Ada berbagai macam bentuk diskriminasi yang seringkali terjadi dalam kehidupan masyarakat:

1. Diskriminasi Umur. Artinya seseorang diberi layanan yang tidak adil hanya karena tergolong dalam rentang umur tertentu. Contohnya seperti di negara Malaysia, remaja dianggap sebagai kalangan yang paling sering menimbulkan masalah sehingga timbul istilah masalah remaja.

2. Diskriminasi Gender. Artinya seseorang diberi layanan yang tidak adil hanya karena gender atau jenis kelaminnya. Sebagai contoh, seorang wanita menerima gaji yang lebih rendah daripada rekan prianya walaupun pekerjaan mereka sama.

3. Diskriminasi Kesehatan. Artinya seseorang diberi layanan yang tidak adil hanya karena menderita penyakit atau cacat tertentu. Contohnya seperti seorang pria yang pernah menderita sakit jiwa ditolak untuk mengisi jabatan tertentu. Padahal, kondisinya ia telah sembuh dan kemampuannya sesuai dengan jabatan yang diperlukan.

4. Diskriminasi Ras. Artinya seseorang tidak memperoleh layanan yang adil hanya karena ras atau suku bangsanya.

5. Diskriminasi Agama. Artinya seseorang tidak memperoleh layanan yang adil hanya karena menganut agama tertentu.

Contoh Sikap Diskriminatif

Berikut ini adalah beberapa contoh sikap diskriminatif yang tidak boleh kamu tiru:

1. Membedakan orang berdasarkan kekayaan yang dimiliki (ada sebutan orang kaya dan orang miskin).

2. Tidak mau berteman dengan orang yang suku bangsa atau keyakinannya berbeda.

3. Membedakan orang berdasarkan warna kulitnya. Di Amerika Serikat, masyarakat dibedakan menjadi orang kulit putih dan orang kulit hitam.

4. Membedakan orang berdasarkan jenis kelamin. Sebagian besar masyarakat masih menempatkan pria di posisi yang lebih tinggi daripada wanita.

Baca Juga: Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses dan Metode, Serta Contohnya.

Upaya Mengurangi Diskriminasi Dalam Masyarakat

Pengertian Diskriminasi, Penyebab, Tipe, Bentuk, Contoh, dan Upaya Mengurangi Diskriminasi dalam Masyarakat
Upaya Mengurangi Diskriminasi Dalam Masyarakat

Untuk mengurangi terjadinya diskriminasi dalam masyarakat, tak ada salahnya bila kita melakukan beberapa upaya seperti yang ada di bawah ini:

1. Menumbuhkan semangat religius.

2. Menumbuhkan semangat pluralisme.

3. Menumbuhkan semangat nasionalisme.

4. Menumbuhkan semangat humanisme.

5. Melakukan dialog antar umat beragama di Indonesia.

6. Membangun pola komunikasi untuk interaksi ataupun konfigurasi hubungan antar agama, media massa, dan juga harmonisasi dunia.

7. Bersikap terbuka dan dewasa terhadap sikap pemikiran global yang bersifat inklusif.

8. Menyadari kalau setiap manusia memiliki kedudukan yang sama di mata Tuhan.

9. Meyakini kalau setiap manusia memiliki kelebihan tersendiri.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian diskriminasi, penyebab diskriminasi, tipe-tipe diskriminasi, bentuk-bentuk diskriminasi, contoh diskriminasi, dan upaya mengurangi diskriminasi dalam masyarakat yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai diskriminasi.

Loading...

Baca Juga