Pengertian Database, Fungsi, Manfaat dan Jenis Database
Database adalah kumpulan berbagai data informasi yang tersimpan dalam komputer yang sudah tersusun dengan sistematis yang dapat diolah, dimanipulasi dengan menggunakan software atau oleh sebuah program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data yang sudah ada dalam database.

Pengertian Database

Pengertian database adalah kumpulan berbagai data informasi yang tersimpan dalam komputer yang sudah tersusun dengan sistematis yang dapat diolah, dimanipulasi dengan menggunakan software atau oleh sebuah program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data yang sudah ada dalam database.

Pengertian database banyak pendapat dan artinya juga sangat luas, begitupun dengan menurut para ahli, berikut pengertian database menurut para ahli.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Pengertian Database Menurut Para Ahli
Pengertian Database Menurut Para Ahli

1. Menurut C.J. Date

Pengertian database adalah koleksi data atau informasi operasioanl yang sengaja disimpan dan juga digunakan oleh sistem aplikasi sebuah organisasi.

2. Menurut Toni Fabbri

Pengertian database adalah suatu sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file dan data tersebut yang memiliki sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.

3. Menurut Gorden C. Everest

Pengertian database adalah suatu sekumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal dan terkontrol. Pengontrolan tersebut terpusat pada suatu organisasi.

4. Menurut S. Atte

Pengertian database adalah sebuah koleksi data-data yang saling berhubungan yang ada dalam suatu organisasi dengan berbagai penggunaan.

5. Menurut Schwab

Pengertian database adalah suatu sistem berkas terpadu yang dirancang khusus untuk dapat meminimalkan pengulangan data.

6. Menurut Jogiyanto

Pengertian database adalah kumpulan informasi dan data yang saling berhubungan satu sama lain, dan dimana data tersebut tersimpan di luar komputer dan diperlukan software tertentu untuk memanipulasinya.

7. Menurut Abdul Kodir

Pengertian database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.

Itulah beberapa pendapat tentang Database menurut para ahli.

Jenis-jenis Database

Jenis-jenis Database
Jenis-jenis Database

Apabila kita mengetahui tentang database maka dari itu jenis-jenis database ini bisa anda gunakan untuk menyimpan data mulai dari yang kecil sampai dengan data yang besar. Berikut jenis database yang baik yang bisa anda gunakan untuk membangun aplikasi.

1. Oracle

Oracle merupakan salah satu software database sangat bagus dan mampu dalam menyimpan data sampai dengan GB bahkan sampai dengan tera byte. Oracle tersebut sangat banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena akses datanya sangat cepat dan baik.

2. MySQL

MySQL merupakan sistem database yang sangat bagus dan umum digunakan oleh beberapa kalangan dan sangat cocok bagi sistem operasi windows dan linux. MySQL juga bisa digunakan dengan multi user dan bisa digunakan oleh bersamaan bahkan tersedia gratis dan memiliki akses yang cepat dan cocok untuk membangun aplikasi yang besar dan menengah.

3. Microsoft SQL Server

Software database ini sangat bagus digunakan oleh siapa saja baik personal ataupun perusahaan untuk mempermudah dalam menyimpan berbagai data dan informasi yang cukup besar karena akan membantu anda dalam dunia kerja yang banyak menyimpan data dan infomasi penting

4. Firebird

Sistem database ini sangat cocok digunakan pada sistem operasi windows dan linux bahkan bisa digunakan dalam sistem operasi unix karena memiliki fitus yang sederhana dan standar.

5. Postgre SQL

Software database yang salah satu ini adalah sistem database yang digunakan oleh siapa saja dan tersedia bagi umum dan software ini menggunakan bahasa SQL, PHP, C dan lainnya.

6. Microsoft Access

Database yang salah satu ini adalah database yang sangat banyak sekali digunakan oleh kalangan biasa dan bisnis menengah dalam membangun aplikasi yang memiliki sistem database dan sangat cocok digunakan oleh skala kecil dan dapat menyimpan data secara umum dan mudah sekali digunakan.

Itulah jenis database yang sering banyak digunakan oleh beberapa kalangan umum dan perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Atmosfer, Lapisan, Komposisi, dan Manfaatnya

Fungsi Database

Fungsi Database
Fungsi Database

Database memiliki fungsi yang sangat bagus dan tentunya fungsi dari database ini sangat luas dan banyak. Berikut fungsi database adalah:

1. Data yang dikumpulkan akan mudah dicari dan dimengerti

2. Membantu menyimpan data yang sangat besar

3. Menjaga data agar tetap aman

4. Mudah mencari data sesuai inputan

5. Membantu dalam pembuatan aplikasi dengan menyimpan data yang baik

6. Menjaga data agar tetap aman

7. Mencegah redundance/duplikat

8. Mempermudah proses penyimpanan data dan pembaharuan data informasi.

Manfaat Database

manfaat database
Manfaat Database

Berikut manfaat database yang perlu diketahui:

1.Data informasi terjaga

Database memastikan data informasi yang tinggi yang dimana database akan memastikan keamanan, konsistensi dan kualitas yang tinggi pada suatu data.

2. Tidak akan terjadi duplikat data

Data yang disimpan dalam database ini akan mengurangi dan bahkan akan mencegah data yang duplikasi dengan adanya primary key yang dibuat dalam database, sehingga data tidak ada yang sama dari yang lainnya.

3. Mudah dalam mengakses data

Data yang disimpan dalam database akan sangat mudah untuk diakses dalam sebuah aplikasi yang dibuat yang berhubungan dengan aplikasi tersebut. Dengan menggunakan database dalam menyimpan data maka seseorang akan mudah seklai dalam menemukan berbagai data yang sangat cepat.

4. Menjaga Keamanan data

Data yang disimpan dalam database akan terjaga keamananya bahkan sekalipun ada yang hack, namun bisa menggunakan keamanan tertentu yang bisa membantu keamanan yang cukup dengan cara di enkripsi.

5. Mudah dalam Berbagi Data

Sistem database ternyata bisa digunakan untuk berbagi data atau sebuah informasi dengan sesama pengguna lainnya dengan memiliki hak akses tertentu.

6. Privat data akan terjaga

Database akan menjaga data pribadi yang disimpan dalam database sekali pun orang lain dapat mengakses data kita namun tidak bisa memanipulasinya.

Itulah Pengertian database, fungsi, jenis dan manfaat database yang harus diketahui, karena database memiliki manfaat bagi para pengguna sistem informasi untuk menyimpan berbagai data dari kecil sampai dengan data yang sangat besar.

Baca Juga