Chatting - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak Negatif, dan Contoh Aplikasinya
Chatting merupakan kegiatan berkomunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dengan menggunakan aplikasi dan koneksi internet. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, fungsi, manfaat, dampak negatif, dan contoh aplikasi chatting berikut ini.

Hampir semua orang pasti pernah melakukan chatting (menggunakan aplikasi chatting). Biasanya chatting dilakukan untuk berkomunikasi, bertukar informasi, menjalin hubungan sosial, mengirim data, dan lain sebagainya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, fungsi, manfaat, dampak negatif, dan contoh aplikasi chatting berikut ini.

Pengertian Chatting

Chatting - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak Negatif, dan Contoh Aplikasinya
Pengertian Chatting

Secara umum, chatting diartikan sebagai kegiatan berkomunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dengan menggunakan aplikasi dan koneksi internet. Saat ini, aplikasi chatting semakin maju dan berkembang. Selain mengirim pesan teks, kita juga bisa mengirim emoticon, pesan suara hingga video melalui aplikasi chatting.

Chatting juga bisa diartikan sebagai program yang memanfaatkan koneksi internet untuk saling bertukar pesan antara dua orang atau lebih. Chatting termasuk salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif dan efisien.

Sejarah Chatting

Chatting - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak Negatif, dan Contoh Aplikasinya
Sejarah Chatting

Sejarah chatting sangat berkaitan erat dengan email. Sebab, awalnya email dianggap sebagai terobosan baru yang bisa menggantikan cara pengiriman pesan secara konvensional. Namun, masyarakat kemudian menyadari kalau mengirim dan membalas email itu kurang efisien.

Si pengirim tidak bisa mengetahui apakah emailnya telah dibaca atau belum. Terkadang, penerima juga tidak membuka email sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk meresponnya. Hal inilah yang kemudian membuat para pengembang perangkat menciptakan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pengiriman pesan secara cepat dan mudah. Pelopornya adalah penyedia jasa daring Quantum Link, atau yang dikenal dengan nama American Online.

Sejak saat itu, aplikasi chatting mulai banyak bermunculan. Tahun 1996, Mirabilis merilis aplikasi chatting bernama ICQ. Lalu pada tahun 1997, AOL merilis aplikasi sejenis bernama AIM (AOL Instant Messenger). Semakin hari, aplikasi chatting semakin berkembang dan menawarkan fitur-fitur yang lebih canggih daripada apa yang ditawarkan pesaingnya.

Fungsi Chatting

Chatting - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak Negatif, dan Contoh Aplikasinya
Fungsi Chatting

Hampir semua orang pasti pernah menggunakan aplikasi chatting. Berikut ini adalah beberapa fungsi chatting secara umum:

1. Sebagai alat berkomunikasi yang cepat, mudah, dan efisien.

2. Sebagai alat untuk curhat / berkonsultasi.

3. Sebagai alat untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain, seperti keluarga, sahabat, rekan kerja, dan lain sebagainya.

4. Bisa digunakan untuk membentuk suatu perkumpulan (grup)

Manfaat Chatting

Chatting - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak Negatif, dan Contoh Aplikasinya
Manfaat Chatting

Tanpa disadari, chatting sebenarnya sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan chatting:

1. Sarana Komunikasi

Chatting pada dasarnya memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, terutama yang posisinya berjauhan dengan kita. Kita juga bisa dengan mudah menyampaikan informasi penting kepada seseorang / beberapa orang sekaligus dengan memanfaatkan fitur chatting.

2. Sumber Informasi Tercepat

Chatting dianggap sebagai alat untuk menyampaikan informasi yang paling cepat. Sebab, kita tak perlu bersusah payah menemui orang yang bersangkutan demi bertukar informasi. Kita juga tak perlu menelpon dan menghabiskan pulsa karena pertukaran informasi bisa kita lakukan lewat kegiatan chatting.

3. Menghemat Waktu

Tak bisa dipungkiri kalau kehadiran fitur chatting ini sangat memudahkan kita dalam bekerja / beraktivitas sehari-hari. Jika ingin membuat janji atau pertemuan mendadak dengan orang banyak, kita tidak harus mengirim surat secara resmi. Kita bisa saja mengirim undangan lewat aplikasi chatting. Hal ini akan sangat menghemat waktu. Sebab, kita tak perlu lagi bersusah payah menyebarkan undangan ke sejumlah orang.

4. Media Untuk Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Manfaat yang satu ini biasanya dirasakan oleh pihak perusahaan / pebisnis. Dengan adanya chatting, perusahaan akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai pemesanan produk, komplain, dan lain sebagainya.

5. Sebagai Sarana Pemasaran

Selain mempermudah dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan, chatting juga membantu pebisnis dalam mempromosikan produk. Pebisnis tak perlu lagi mengeluarkan sejumlah dana untuk mencetak brosur. Mereka hanya perlu membuat bahan promosi dalam bentuk digital, kemudian menyebarkannya lewat chatting. Cara seperti ini sangat menghemat waktu dan biaya sehingga banyak diterapkan di kalangan pebisnis, khususnya yang memiliki bisnis online.

Dampak Negatif Chatting

Meski memiliki sejumlah manfaat, nyatanya chatting juga memiliki sejumlah dampak negatif yang perlu kamu waspadai. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif chatting bagi masyarakat:

1. Maraknya kasus penipuan via chat

2. Perangkat komputer dan gadget lebih mudah terkena virus

3. Bertemu atau berhubungan dengan orang yang tak dikenal

4. Menyebabkan ketagihan sehingga malas berinteraksi di dunia nyata

5. Bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan jika terlalu lama melakukan chatting, seperti masalah penglihatan, nyeri otot, rematik, dll.

Baca Juga: Seni Patung - Pengertian, Sejarah, Teknik Pembuatan, Jenis dan Contohnya.

Contoh Aplikasi Chatting

Chatting - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak Negatif, dan Contoh Aplikasinya
Contoh Aplikasi Chatting

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi chatting yang banyak digunakan orang:

1. Whatsapp (WA)

Berdasarkan data bulan Februari 2016, pengguna Whatsapp sudah lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia. Hal ini menjadikannya sebagai aplikasi chatting yang paling banyak digunakan netizen.

2. Blackberry Messenger (BBM)

Blackberry Messenger termasuk salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan orang. Kabarnya, penggunanya sudah lebih dari 190 juta orang. Aplikasi yang muncul sejak tahun 2005 ini bisa digunakan pada berbagai sistem operasi, mulai dari Blackberry, Android, iOS, hingga Windows Phone.

3. Yahoo Messenger (YM)

Walaupun sudah rilis cukup lama, aplikasi ini masih bisa bertahan dan bersaing dengan aplikasi chatting lainnya. Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan perusahaan Yahoo dari negara Amerika Serikat.

4. Line

Line juga termasuk aplikasi chatting yang cukup populer. Penggunanya sudah lebih dari 700 juta orang di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa digunakan di berbagai perangkat dan platform seperti Android, iOS, Windows Phone, dan lain sebagainya.

5. Skype

Skype adalah aplikasi chatting yang menyediakan berbagai layanan, seperti video chat, voice call, dan lain sebagainya. Aplikasi ini merupakan aplikasi milik Microsoft. Penggunanya sudah lebih dari 660 juta orang di seluruh dunia.

Baca Juga