Buku Digital - Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis Formatnya
Buku digital atau yang dikenal dengan sebutan e-book, merupakan bentuk digital dari suatu buku cetak. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, kelebihan, kekurangan dan jenis format buku digital berikut ini.

Apa kamu tahu apa yang dimaksud dengan buku digital (e-book)? Jenis buku yang satu ini berbeda dengan buku cetak biasa karena hanya bisa dibuka lewat perangkat elektronik seperti komputer, tablet atau hp. Kendati demikian, banyak orang yang lebih memilih membaca buku digital daripada buku cetak biasa karena berbagai alasan. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, kelebihan, kekurangan dan jenis format buku digital berikut ini.

Pengertian Buku Digital

Buku Digital - Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis Formatnya
Pengertian Buku Digital

Buku digital atau yang dikenal dengan sebutan e-book, merupakan bentuk digital dari suatu buku cetak. Jika buku cetak berisi tumpukan kertas yang di dalamnya hanya ada teks atau gambar, maka buku digital cenderung lebih lengkap karena berisi informasi digital seperti teks, gambar, audio, bahkan video.

Fungsi Buku Digital

Buku Digital - Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis Formatnya
Fungsi Buku Digital

Buku digital memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai salah satu alternatif media belajar siswa / mahasiswa.

2. Metode pengajaran dengan menggunakan buku digital akan lebih menarik dan menyenangkan siswa, sebab buku digital memuat sejumlah konten multimedia yang tidak ada pada buku cetak biasa.

3. Sebagai media untuk berbagi informasi penting.

4. Isi dari buku digital bisa disebarluaskan kepada siapasaja dengan cepat dan mudah. Kamu bisa mendownload buku digital tertentu lewat website, kelas online, email, dan lain sebagainya.

5. Mempermudah kita untuk menerbitkan buku buatan sendiri. Kita bisa membuat buku digital, menyimpan dan menerbitkannya di website / blog pribadi.

Kelebihan Buku Digital

Buku Digital - Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis Formatnya
Kelebihan Buku Digital

Buku digital memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan buku biasa, yakni:

1. Harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan buku cetak biasa

Sekarang ini, harga buku digital yang ditawarkan di internet cukup murah. Bahkan ada banyak situs yang menyediakan buku digital secara cuma-cuma atau gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

2. Ramah lingkungan

Dengan menggunakan buku digital, sebenarnya kita telah membantu melestarikan lingkungan. Karena kita telah melakukan penghematan dari segi kertas dan juga tinta.

3. Tidak mudah rusak asalkan tidak terkena virus

Kalaupun terkena virus, biasanya buku digital masih bisa dipulihkan kembali dengan bantuan anti virus. Berbeda dengan buku cetak biasa yang gampang sekali rusak, kena basah, dan lain sebagainya.

4. Ukurannya relatif kecil dan tidak memakan ruang penyimpanan yang besar

Kita bisa membawa ribuan e-book cukup dengan menyimpannya ke dalam flash disk.

5. Menghemat waktu dan ruang penyimpanan

Jika membutuhkan buku, kita tidak perlu keluar untuk membelinya. Kita hanya perlu mencari dan mendownload e-book tersebut ke dalam komputer kita. Hal ini sangat menghemat waktu dan ruang penyimpanan.

6. Buku digital bisa dikirim ke mana saja dengan cepat dan mudah

Biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja jika ukuran filenya kecil. Bayangkan jika kamu mengirim buku cetak biasa ke temanmu yang ada di luar kota. Pasti memakan waktu berhari-hari.

Kekurangan Buku Digital

Buku Digital - Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis Formatnya
Kekurangan Buku Digital

Meski terdapat sejumlah kelebihan, buku digital ternyata juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

1. Membutuhkan perangkat elektronik, seperti komputer, tablet atau hp, agar bisa membuka buku digital. Buku digital berbeda dengan buku biasa yang bisa kita buka dan tutup sesuka hati.

2. Kenyamanan. Kamu pasti mengakui kalau membaca buku digital itu kurang nyaman karena kita harus berlama-lama menatap layar monitor atau layar hp. Lebih enak membaca buku biasa. Kamu bisa melakukannya dengan cara bersantai ataupun tiduran di sofa.

3. Beberapa buku digital membutuhkan software khusus untuk membuka dan mengeditnya. Sebagai contoh, untuk dokumen yang berformat PDF biasanya dibuka dengan menggunakan aplikasi Acrobat dari Adobe.

4. Buku digital bisa saja dimanipulasi oleh hacker. Apalagi jika buku digital tersebut formatnya txt. Format yang satu ini sangat rentan dengan serangan virus.

Baca Juga: Korupsi - Pengertian, Sejarah, Unsur, Penyebab, Bentuk dan Jenisnya.

Format Buku Digital

Buku Digital - Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis Formatnya
Format Buku Digital

Berikut ini adalah beberapa jenis format buku digital yang perlu kamu ketahui:

1. AZW - Amazon World

Format yang mirip dengan format MOBI ini merupakan format buatan Amazon untuk standar sebuah perangkat e-book reader. Karena itulah, AZW format e-book hanya bisa dibaca pada perangkat Kindle.

2. EPUB - Electronic Publication

EPUB merupakan format standar terbuka untuk e-book. Format ini dibuat oleh Digital Publishing Forum Internasional (IPDF) dan mengacu pada standar XHTML dan XML. Ada banyak sekali perangkat yang mendukung format EPUB, mulai dari Kobo eReader, Google Books, Apple iBooks, dan lain sebagainya. Versi terbaru dari EPUB adalah ePub3, akan tetapi versi ini belum bisa digunakan oleh publik.

3. MOBI - Format MobiPocket

Format ini hanya bisa dibaca dengan menggunakan aplikasi MobiPocket e-book reader. Namun jangan khawatir, aplikasi ini bisa didownload dan diinstal secara gratis pada beberapa jenis perangkat seperti smartphone dan PDA.

4. PDF (Portable Document Format)

Format PDF diciptakan oleh pihak Adobe untuk semua dokumen buatan mereka. Format ini termasuk jenis format buku digital yang paling populer. Sayangnya, terkadang ada beberapa perangkat yang bermasalah dengan format PDF.

5. HTML (Hypertext Markup Language)

Bisa dibilang file berformat HTML adalah tulang punggung suatu website. Karena kamu bisa menemukan banyak sekali dokumen berformat HTML di sebuah halaman blog / website. Namun, kamu harus berhati-hati jika ingin mendownload buku digital berformat HTML karena tingkat keamanannya berada di bawah format PDF.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, kelebihan, kekurangan dan jenis format buku digital yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai buku digital.

Baca Juga