15 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli
Secara umum budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Buddhayah yang berarti akal atau budi. Jadi, kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan budi manusia. Kemudian, banyak ahli juga memiliki definisi sendiri soal budaya. Ini adalah Pengertian Budaya Menurut Para Ahli.

Secara umum budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah yang berarti akal atau budi. Jadi, kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan budi manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, budaya yaitu sebuah pemikiran, adat istiadat dan juga akal atau budi. Para ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian budaya. Berikut dibahas pengertian budaya menurut para ahli.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli
Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli


Jensen dan Trenholm

Pengertian budaya diartikan sebagai seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat istiadat, aturan dan juga kode. Budaya mengikat orang secara berkelompok dan dilakukan secara sadar. Dalam pandangan Jensen dan Trenholm, pemahaman budaya meliputi persepsi dunia serta tentang diri sendiri dan hubungan kita dengan orang lain.


Roucek dan Warren

Kebudayaan terwujud bukan hanya seni, tetapi juga terwujud dalam benda-benda yang terdapat di sekeliling maupun yang dibuat oleh manusia.  Jadi menurut Roucek dan Warren kebudayaan adalah cara hidup yang dikembangkan oleh sebuah masyarakat guna memenuhi keperluan dasarnya.  Baik untuk bertahan hidup, meneruskan keturunan dan mengatur pengalaman sosialnya.


Geert Hofstede

Menurut Geert, budaya adalah program yang dibuat oleh suatu kelompok yang nantinya digunakan dalam membedakan satu dengan kelompok lainnya. Budaya memiliki nilai-nilai yang wajib dijunjung karena merupakan inti dari suatu budaya sementara simbol-simbol adalah manifestasi budaya yang paling dangkal.

Sedangkan ritual-ritual dan pahlawan-pahlawan berada di antara lapisan luat yang tercakup dalam praktek-praktek yang dilakukan. Unsur-unsur budaya ini sebenarnya terlihat oleh pengamat luar, namun maknanya tersembunyi serta makna aslinya terdapat dalam penafsiran orang dalam.


Parsudi Suparlan

Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamannya. Dengan demikian, kebudayaan merupakan serangkaian aturan-aturan, petunjuk-petunjuk, rencana-rencana dan strategi-strategi yang terdiri atas serangkaian model-model kognitif yang dimiliki manusia. Kemudian digunakan secara selektif dalam menghadapi lingkungannya sebagaimana terwujud dalam tingkah laku dan tindakan-tindakannya.


Lehman, Himstreet dan Batty

Budaya sebagai kumpulan beberapa pengalaman hidup yang ada pada masyarakat mereka sendiri. Pengalaman hidup masyarakat tentunya sangat banyak dan variatif, termasuk di dalamnya bagaimana perilaku dan keyakinan atau kepercayaan masyarakat itu sendiri.


Effat Al-Syarqawi

Pengertian budaya menurut para ahli selanjutnya datang dari Effat Al-Syarqawi. Budaya merupakan khazanah sejarah dari suatu kelompok masyarakat yang tergambar pada sebuah kesaksian. Selain itu, budaya juga mengandung berbagai nilai yang menggambarkan suatu kehidupan harus mempunyai makna dan juga mempunyai tujuan rohani.


Ki Hajar Dewantara

Budaya yang ada di Indonesia sangat berpengaruh pada berubahnya kondisi alam yang ada di Indonesia. Selain itu juga berpengaruh terhadap perkembangan zaman dari masa ke masa. Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa budaya merupakan hasil perjuangan masyarakat terhadap zaman dan alam. Perjuanan ini membuktikan kejayaan dan kemakmuran hidup masyarakat dalam menghadapi kesulitan dan rintangan untuk mencapai keselamatan dan kebahagian di hidupnya.

Baca Juga: 20 Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli


Edward T Hall

Edward T Hall menjelaskan bahwa budaya adalah komunikasi dan komunikasi adalah budaya. Ketika berbicara tentang komunikasi, maka tidak bisa menghindari bicara tentang budaya. Komunikasi dan budaya berhubungan begitu erat dan dinamis. Inti budaya merupakan komunikasi. Namun pada kenyataannya budaya yang tercipta juga bisa mempengaruhi cara berkomunikasi anggota budaya yang bersangkutan.


Koentjaraningrat

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Menurut Koentjaraningrat kebudayaan mempunyai unsur-unsur yang bersifat universal. Unsur-unsur kebudayaan tersebut dianggap universal karena dapat ditemukan pada semua kebudayaan bangsa-bangsa di dunia.


Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan adalah semua hasil karya, cipta dan rasa masyarakat. Karya adalah kemampuan manusia menghasilkan benda-benda atau hasil-hasil berwujud. Cipta adalah kemampuan menghasilkan kepercayaan, kesusilaan, kesopanan, hukum dan lain-lain. Sedangkan rasa adalah kemampuan manusia untuk menghasilkan sesuatu yang dirasakan.


Fizee

Fizee memberi batasan pengertian dan cakupan kebudayaan sebagai berikut. Pertama, kebudayaan berarti tingkat kecerdasan akal setinggi-tingginya yan dihasilkan dalam suatu tempo sejarah bangsa di puncak perkembangannya. Kedua, kebudayaan merupakan hasil yang dicapai suatu bangsa dalam lapangan kesusastraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian. Ketiga, kebudayaan sebagai way of life bangsa, terutama hubungannya dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.


Robert H Lowie

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat yang mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistik dan kebiasaan makan.  Keahlian-keahlian yang diperoleh ini bukan dari kreativitasnya sendiri melainkan sebuah warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal ataupun informal.


Bounded et.al

Menurut Bounded, kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu. Misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan diharapkan dapat ditemukan dalam media, pemerintahan, institusi, agama, sistem pendidikan dan lain-lain.


Francis Merill

Kebudayaan adalah semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis. Selain itu Francis Merill juga menyatakan bahwa kebudayaan berarti pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial.


Kluckhohn dan Kelly

Pengertian kebudayaan menurut Kluckhohn dan Kelly adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis. Baik yang tersurat maupun yang tersirat, rasional maupun irasional yang ada pada suatu waktu.  Rancangan hidup ini digunakan sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

Pengertian budaya menurut para ahli di atas dapat menjadi referensi serta tambahan wawasan pengetahuan bagi Anda. Pola pikir dan cara manusia bertindak tak jauh dari budaya yang mereka adaptasi dan miliki. Selain pengertian budaya menurut para ahli di atas, budaya dapat melahirkan norma dan peraturan yang harus dipatuhi oleh kelompok masyarakat.  

Baca Juga