Pengertian Budaya Demokrasi, Jenis, Prinsip, Unsur, dan Contohnya
Budaya demokrasi adalah pola pikir dan sikap warga masyarakat berdasarkan nilai-nilai kemerdekaan, persamaan, dan persaudaraan antar manusia dengan kerjasama, saling percaya, toleransi dan kompromi. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian budaya demokrasi berikut ini.

Negara kita termasuk salah satu negara yang menerapkan sistem demokrasi konstitusional. Karena itulah, pemerintah tak bisa berbuat sewenang-wenang terhadap rakyatnya karena kekuasaannya dibatasi dengan Undang-Undang. Selain itu, rakyat pun terdorong untuk melakukan budaya demokrasi dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Lantas, apa itu pengertian budaya demokrasi yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian budaya demokrasi, jenis-jenis budaya demokrasi, prinsip-prinsip budaya demokrasi, unsur-unsur budaya demokrasi, dan contoh budaya demokrasi berikut ini.

Pengertian Budaya Demokrasi

Pengertian Budaya Demokrasi, Jenis, Prinsip, Unsur, dan Contohnya
Pengertian Budaya Demokrasi

Apa itu pengertian budaya demokrasi? Budaya demokrasi terdiri dari dua kata, yaitu budaya dan demokrasi. Budaya merupakan hasil kemampuan akal manusia dalam lingkungan kehidupannya. Sedangkan demokrasi merupakan keadaan negara dengan sistem pemerintahan ada di tangan rakyat dan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakya. Secara umum, budaya demokrasi adalah pola pikir dan sikap warga masyarakat berdasarkan nilai-nilai kemerdekaan, persamaan, dan persaudaraan antar manusia dengan kerjasama, saling percaya, toleransi dan kompromi. Budaya demokrasi juga bisa diartikan sebagai sikap dan kegiatan manusia yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi, seperti sikap menghargai, kebebasan, kebersamaan, dan menaati peraturan.

Jenis-Jenis Budaya Demokrasi

Pengertian Budaya Demokrasi, Jenis, Prinsip, Unsur, dan Contohnya
Jenis-Jenis Budaya Demokrasi

Budaya demokrasi bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung pada sudut pandangnya. Berikut ini adalah jenis-jenis budaya demokrasi:

1. Menurut cara penyaluran kehendak rakyat

Berdasarkan cara penyaluran kehendak rakyat atau bentuk partisipasi rakyat, terdapat tiga jenis demokrasi:

a. Demokrasi Langsung

Demokrasi langsung merupakan sistem demokrasi yang melibatkan seluruh masyarakat secara langsung dalam membicarakan atau menentukan urusan negara (pembuatan kebijakan politik). Contohnya seperti meminta pendapat seluruh rakyat (referendum) atas persoalan-persoalan yang melanda kehidupan bernegara, pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden RI, serta pemilihan wakil-wakil rakyat yang duduk di parlemen.

b. Demokrasi Tidak Langsung (Demokrasi Perwakilan)

Demokrasi perwakilan merupakan sistem demokrasi di mana aspirasi rakyat disalurkan melalui wakil rakyat yang ada dalam DPR. Dalam hal ini, rakyat tidak terlibat secara langsung dalam pembuatan keputusan politik karena kekuasaannya dilimpahkan kepada orang-orang yang dipilihnya melalui sebuah pemilihan umum yang bebas, jujur, dan adil.

c. Demokrasi Campuran

Demokrasi campuran merupakan sistem demokrasi gabungan antara demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan. Rakyat memilih wakil rakyat di DPRD, kemudian wakil tersebut dikontrol oleh masyarakat dengan sistem referendum.

2. Menurut Ideologi

Jika ditinjau dari segi ideologi, demokrasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu demokrasi konstitusional dan demokrasi rakyat. Simak perbedaannya berikut ini.

a. Demokrasi Konstitusional

Demokrasi konstitusional merupakan jenis demokrasi yang mencerminkan kekuasaan pemerintah yang terbatas dan tidak banyak campur tangan serta tak bisa bertindak sewenang-wenang terhadap rakyatnya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi. Ada banyak negara yang menganut demokrasi ini, seperti negara-negara Eropa Barat, India, Pakistan, Indonesia, Filipina, Amerika Serikat, dan lain-lain.

b. Demokrasi Rakyat (Demokrasi Proletar)

Demokrasi rakyat merupakan demokrasi yang berlandaskan ajaran komunisme dan marxisme yang dikembangkan oleh Karl Marx dan Leninisme. Demokrasi ini memiliki ciri khas yaitu tidak mengakui hak asasi warga negaranya.

Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi

Pengertian Budaya Demokrasi, Jenis, Prinsip, Unsur, dan Contohnya
Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi

Berikut ini adalah prinsip-prinsip budaya demokrasi secara umum:

1. Terdapat jaminan hak asasi manusia. Hak asasi manusia adalah hak dasar yang melekat sejak lahir dan merupakan anugerah dari Tuhan YME. Hak ini tidak boleh dirampas oleh siapapun, termasuk negara.

2. Adanya persamaan kedudukan di depan hukum agar tidak terjadi diskriminasi dan ketidakadilan bagi pelaku pelanggar hukum. Siapapun mereka, asalkan terbukti melanggar hukum, mereka wajib menerima sanksi sesuai aturan hukum yang berlaku.

3. Adanya pengakuan hak politik, seperti hak berkumpul, beroposisi, berserikat, dan mengeluarkan pendapat.

4. Adanya pengawasan atau kontrol terhadap pemerintah, dengan demokrasi itu sendiri.

5. Pemerintah berdasarkan konstitusi. Hal ini dilakukan agar tidak terdapat penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan pemerintah terhadap rakyatnya.

6. Adanya saran atau kritik rakyat mengenai kinerja pemerintah dengan media massa atau wakil rakyat sebagai tempat untuk menyampaikan aspirasi rakyat.

7. Pemilihan umum yang bebas, jujur, dan adil.

8. Adanya kedaulatan rakyat.

Unsur-Unsur Budaya Demokrasi

Pengertian Budaya Demokrasi, Jenis, Prinsip, Unsur, dan Contohnya
Unsur-Unsur Budaya Demokrasi

Budaya demokrasi mengandung beberapa unsur berikut ini:

1. Adanya keterlibatan rakyat dalam mengambil sebuah keputusan politik.

2. Adanya persamaan hak di antara warga negara.

3. Adanya kebebasan dan kemerdekaan yang diberikan kepada warga negara.

4. Adanya sistem perwakilan. Sistem ini dilakukan karena sistem demokrasi langsung hanya bisa berjalan dengan efektif dalam suatu negara yang memiliki wilayah kecil dan jumlah penduduk yang sedikit.

5. Sistem pemilihan dan ketentuan mayoritas. Sistem ini dilaksanakan untuk mengisi jabatan-jabatan kenegaraan. Sudah seharusnya sistem pemilihan dilaksanakan secara jujur dan adil, agar bisa menghasilkan pejabat kelembagaan negara yang memiliki integritas dan berkualitas.

Baca Juga: Pengertian Pemerintah Daerah, Ciri, Syarat, Asas, Tugas dan Kewenangan, Serta Hak dan Kewajibannya.

Contoh Budaya Demokrasi

Pengertian Budaya Demokrasi, Jenis, Prinsip, Unsur, dan Contohnya
Contoh Budaya Demokrasi

Berikut ini adalah contoh budaya demokrasi yang diterapkan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara:

1. Ikut dalam kegiatan pemilihan umum.

2. Ikut dalam kegiatan pemilihan kepala daerah.

3. Ikut dalam pembagian kekuasaan.

4. Kebebasan pers.

5. Kesejahteraan umum.

6. Mengedepankan musyarawarah mufakat dalam penyelesaian berbagai jenis masalah.

7. Melakukan musyawarah desa.

8. Menghargai perbedaan suku, agama, ras, dan golongan.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian budaya demokrasi, jenis-jenis budaya demokrasi, prinsip-prinsip budaya demokrasi, unsur-unsur budaya demokrasi, dan contoh budaya demokrasi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai budaya demokrasi.

Loading...

Baca Juga