Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Membuatnya
Brosur adalah media informasi dalam bentuk media cetak, di mana berisi informasi singkat tentang produk atau layanan atau program yang dibagikan secara gratis kepada khalayak ramai dengan tujuan untuk memperkenalkan produk atau layanan atau program secara detail (mengoptimalkan pemasarannya). Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian brosur berikut ini.

Di jalanan atau tempat umum, seringkali kita melihat orang-orang membagikan brosur. Brosur yang berisi informasi tentang produk atau layanan tertentu itu dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian brosur, ciri-ciri brosur, fungsi brosur, kelebihan dan kekurangan brosur, dan cara membuat brosur berikut ini.

Pengertian Brosur

Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Membuatnya
Pengertian Brosur

Brosur adalah media informasi dalam bentuk media cetak, di mana berisi informasi singkat tentang produk atau layanan atau program yang dibagikan secara gratis kepada khalayak ramai dengan tujuan untuk memperkenalkan produk atau layanan atau program secara detail (mengoptimalkan pemasarannya). Berikut ini adalah pengertian brosur menurut para ahli:

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian brosur menurut KBBI adalah bahan informasi tertulis tentang masalah yang disusun secara bersistem, yang terdiri atas beberapa halaman dan bisa dilipat, atau selembaran cetakan yang berisi keterangan singkap tapi lengkap tentang perusahaan atau organisasi tertentu.

2. Menurut Wikipedia

Sedangkan pengertian brosur menurut Wikipedia adalah terbitan tidak berkala yang terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, yang tidak berkaitan dengan terbitan lain, dan selesai dalam waktu sekali terbit.

Ciri-Ciri Brosur

Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Membuatnya
Ciri-Ciri Brosur

Brosur memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dengan poster atau benda lainnya, antara lain sebagai berikut:

1. Pernyataan pesannya singkat dan selalu tunggal.

2. Dibuat dengan tujuan untuk memberi informasi, membujuk, atau mempengaruhi masyarakat untuk membeli barang atau mengadopsi pesan yang disampaikan.

3. Hanya sekali diterbitkan, tapi bisa dicetak ulang berkali-kali, baik dengan memperbarui informasi tersebut atau tidak.

4. Brosur harus bisa menarik dan merebut perhatian target pasar.

5. Mempunyai sistem distribusi tersendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.

6. Memiliki desain yang menarik dan jenis tulisan yang jelas.

Fungsi Brosur

Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Membuatnya
Fungsi Brosur

Brosur memiliki sejumlah fungsi sebagai berikut:

1. Fungsi Informatif

Brosur umumnya digunakan untuk memberi informasi kepada pelanggan potensial tentang perusahaan tertentu. Informasi ini berkaitan dengan produk baru, layanan baru, ataupun perubahan terbaru yang terjadi di dalam perusahaan.

2. Fungsi Iklan

Brosur juga memiliki fungsi penting sebagai alat promosi atau iklan. Tak heran bila brosur dibuat semenarik mungkin untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa.

3. Fungsi Identifikasi

Desain brosur yang baik memungkinkan suatu perusahaan untuk lebih mudah diidentifikasi. Hal ini juga akan memberikan prestise dan kredibilitas bagi perusahaan tersebut. Tidak hanya memiliki konsep, perusahaan juga biasanya memiliki logo. Logo harus dirancang dengan baik karena logo adalah hal yang sangat penting untuk membangun citra perusahaan.

4. Fungsi Promosi

Brosur merupakan media promosi iklan gratis yang memungkinkan konsumen untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki suatu produk. Karena itulah, brosur harus dibuat sejelas mungkin. Bentuk dan tata letak isi brosur harus disesuaikan dengan jenis produk yang dipromosikan, serta yang terpenting adalah tidak membingungkan konsumen tentang apa yang ditawarkan.

Kelebihan dan Kekurangan Brosur

Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Membuatnya
Kelebihan dan Kekurangan Brosur

Brosur adalah salah satu cara untuk mengiklankan produk dari suatu perusahaan. Meski terbilang tradisional, tetap saja cara ini digemari oleh masyarakat untuk mempromosikan barang dagangan. Pasalnya, brosur memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

1. Sederhana. Isinya langsung to the point, tanpa basa basi, sehingga para konsumen bisa langsung mengerti jenis produk barang atau jasa yang ditawarkan. Kita juga bisa memainkan warna, gambar, jenis huruf, ukuran kertas, tata letak, dan bentuk lipatannya agar brosur terlihat menarik di mata orang yang melihatnya.

2. Harganya murah. Semakin banyak brosur yang dicetak, maka semakin murah harga cetaknya.

3. Menghemat biaya. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat dan mencetak brosur jauh lebih murah daripada menggunakan sistem periklanan lainnya.

4. Meskipun tidak ada orang yang menjaganya, brosur tersebut tetap berfungsi sebagai alat iklan. Orang yang merasa butuh dan penasaran akan mengambil brosur di tempat brosur, menyimpan, dan membawanya pulang.

Di sisi lain, brosur juga memiliki kekurangan, yaitu informasi yang disajikan kurang up to date, cara promosi yang tradisional dan sudah banyak digunakan orang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Pemerintah Daerah, Ciri, Syarat, Asas, Tugas dan Kewenangan, Serta Hak dan Kewajibannya.

Cara Membuat Brosur

Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Membuatnya
Cara Membuat Brosur

Berikut ini adalah cara membuat brosur dengan menggunakan aplikasi coreldraw X4:

1. Persiapkan gambar-gambar yang diperlukan. Lalu buka aplikasi Coreldraw X4 dan buat file baru dengan ukuran A5.

2. Buat background brosur dengan menggunakan rectangle tool atau klik dua kali untuk membuat objek persegi otomatis sesuai dengan ukuran lembar kerja.

3. Beri warna sesuai dengan keinginanmu.

4. Buat efek transparan pada background tersebut dengan menggunakan transparency tool dengan arah vertikal dari atas ke bawah.

5. Buat judul brosur dengan text tool. Judul biasanya diletakkan di bagian tengah dan ubahlah jenis font sesuai dengan jenis yang kamu inginkan.

6. Kamu bisa melakukan import gambar dengan menekan CTRL + L. Lalu akan muncul jendela baru untuk memilih gambar. Setelah memilih gambar, klik tombol Import.

7. Posisikan gambar sesuai keinginan. Jika lewat dari background, bisa menggunakan fasilitas power clip. Caranya, klik menu effect > power clip > place inside countainer. Secara otomatis, mouse akan menjadi tanah panah lalu klik backgroundnya. Objek gambar akan masuk ke background. Untuk mengeditnya, klik kanan pada background dan pilih edit contents. Setelah selesai mengedit, klik kanan pada objek gambar, dan pilih finish editing this contents.

8. Berikan informasi tentang produk dengan text tool, beri warna dan jenis font yang kira-kira sesuai.

9. Berikan juga kata-kata untuk promosi barang agar terlihat menarik di mata konsumen. Kamu bisa memberikan variasi teks sesuai selera masing-masing.

10. Terakhir, berikan tambahan gambaran tampilan tentang produk tersebut. Selesai.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian brosur, ciri-ciri brosur, fungsi brosur, kelebihan dan kekurangan brosur, dan cara membuat brosur yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai brosur.

Loading...

Baca Juga