Pengertian Bola Basket, Sejarah, Perkembangan, Peraturan dan Teknik
Bola basket merupakan olahraga bola yang dimainkan secara berkelompok, biasanya terdiri dari dua tim dan setiap timnya memiliki anggota sebanyak lima orang. Dimana kedua tim tersebut harus beradu atau bertanding untuk mendapatkan sejumlah poin dengan cara memasukkan bola ke sebuah ring lawan.

Pengertian Bola Basket – Siapa sih yang tidak mengenal dengan olahraga yang satu ini? Bola basket sendiri merupakan sebuah olahraga yang paling diminati oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Dalam hal ini Amerika Serikat merupakan negara yang paling meminati jenis olahraga ini, terbukti dengan adanya NBA atau National Basketball Association di Amerika yang sudah sangat dikenal oleh banyak negara.

Pengertian Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga bola yang dimainkan secara berkelompok, biasanya terdiri dari dua tim dan setiap timnya memiliki anggota sebanyak lima orang. Dimana kedua tim tersebut harus beradu atau bertanding untuk mendapatkan sejumlah poin dengan cara memasukkan bola ke sebuah ring lawan.

Biasanya bola basket dimainkan dalam ruang tertutup dan dengan lapangan yang ukurannya tergolong kecil. Selain itu, permainan olahraga jenis ini terbilang lebih kompetitif dari permainan olahraga lainnya. Hal ini dikarenakan tempo permainan bola basket yang begitu cepat.

Sejarah Bola Basket

Sebenarnya olahraga ini terbilang cukup unik, hal ini lantaran bola basket diciptakan dengan tidak sengaja. Pada tahun 1891, seorang guru olahraga dari salah satu perguruan tinggi di Springfield, Massachusetts yang sering dikenal dengan nama James Naismith membuat sebuah permaianan dalam ruang yang tertutup.

Pada saat itu ia membuat permainan tersebut hanya bermaksud untuk mengisi waktu liburan para siswanya saja, namun siapa sangka bahwa sejumlah siswanya menyukai permainan tersebut. Sedangkan Basket merupakan sebuah kata yang diungkapkan oleh salah satu muridnya untuk menyebut permainan ini.

Menurut cerita, Naismith menciptkan permainan ini karena ia terinspirasi oleh sebuah permainan yang dulunya sewaktu kecil pernah ia mainkan di Ontario. Pertandingan resmi olahraga ini sendiri pertama kali dimainkan pada tahun 1892, tepatnya pada tanggal 20 bulan Januari di tempat Naismith kerja. Hingga pada akhirnya banyak orang yang gemar dengan basket, sampai seluruh Amerika mengetahui permainan ini dengan waktu yang cukup singkat.

Perkembangan Bola Basket

Sebenarnya permainan bola basket sudah berkembang dengan pesat saat pertama kalinya diperkenalkan oleh James Naismith, bahkan saat itu pula permainan bola basket sudah digemari oleh banyak orang. Salah satu perkembangan dari permainan tersebut adalah terciptanya teknik gerakan slam dunk, yakni merupakan gerakan memasukan bola sekaligus melesakan bola ke dalam ring lawan bersamaan dengan gerakan akrobatik berkekuatan ekstra tinggi.

Peraturan Bola Basket

Sama halnya dengan jenis olahraga dan permainan lainnya, dalam bola basket juga terdapat sejumlah peraturan, antara lain :

1. Bola boleh dilemparkan ke semua arah dengan menggunakan satu tangan maupun kedua tangan.

2. Bole boleh dipukul ke semua arah dengan menggunakan satu tangan maupun kedua tangan, namun tidak boleh jika memukul menggunakan kepalan tangan atau gerakan seperti meninju.

3. Pemain tidak boleh memegang bola sambil berlari. Pemain harus berlari sambil memantulkan bola.

4. Bola wajib dipegang di antara kedua telapak tangan dan tidak boleh memegang bola menggunakan lengan maupun anggota tubuh lain.

5. Pemain tidak diperbolehkan menahan, mendorong, menyeruduk, memukul, maupun menjegal lawan.

6. Jika salah satu pihak melakukan tiga kali kesalahan secara berturut-turut, maka akan dianggap sebagai gol untuk lawan.

7. Gol terjadi ketika bola yang dilempar masuk ke dalam keranjang.

8. Jika bola keluar dari lapangan basket, maka bola akan dilempar ulang dan akan dimainkan oleh pemain yang pertama kali menyentuhnya.

9. Wasik berhak memperhatikan permainan semua pemain dan berhak untuk mendiskualifikasi pemain apabila melakukan pelanggaran.

10. Waktu pertandingan sebanyak 4 quarter, masing-masing quarter 10 menit.

11. Pihak yang paling banyak memasukan bola ke dalam ring lawan adalah pemenangnya.

Teknik Bermain Bola Basket

Sama seperti jenis olahraga lainnya, untuk memainkan olahraga jenis ini kita juga harus menguasai sejumlah teknik-tekniknya terlebih dahulu, antara lain :

Memegang Bola

- Telapak tanga membentuk mangkok.

- Posisi bola ada ditengah-tengah kedua telapak tangan.

- Posisi telapak tangan melekat pada bagian samping bola, namun sedikit kebelakang.

- Jari-jari tangan direnggangkan dan dilekatkan pada bola.

- Posisi jari berada pada bagian belakang bola dan dekat dengan tubuh.

- Posisi kaki dalam sikap kuda-kuda, namun salah satu kaki berada di depan dan tubuh agak condong ke depan.

- Lutut rileks.

Baca Juga : Demonstrasi - Pengertian, Penyebab, Faktor Pendukung, Cara Melakukan, Contoh dan Dampaknya

Menangkap Bola

- Perhatikan arah datangnya bola.

- Jari tangan direnggangkan.

- Pergelangan tangan lemas, jangan kaku.

- Ketika bola berada dalam telapak tangan, jari-jari tangan langsung dilekatkan pada bola dan menarik ke arah datangnya bola.

Melempar atau Mengoper Bola

Melempar bola sendiri terbagi menjadi tiga cara, yakni :

- Over head pass atau melempar bola dari atas kepala.

- Chest pass atau melempar bola dari ddepan dada ke bagian dada pemain lain.

- Bounce pass atau melempar bola dengan cara memantulkannya ke bawah.

Menggiring Bola

- Pantulakan bola ke bawah.

- Ketika bola memantul atau kembali ke atas, posisi telapak tangan ditempelkan pada bola dengan mengikuti arah pantulan bola.

- Ketika bola berada dalam titik tertingi, tekan bola ke bawah dengan siku sedikit diluruskan.

Pivot (Memoros)

- Satu kaki berada di depan.

- Kaki satunya diputar (Dalam hal ini bisa 360 derajat atau berapapun, sesuai dengan kebutuhan).

Pivot sendiri bertujuan untuk menyelamatkan dan menguasai bola kembali dari jangkauan lawan.

Shooting

Shooting bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan. Shooting sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni shooting menggunakan satu tangan dan shooting menggunakan dua tangan.

Lay Up

Pengertian Bola Basket
Lay Up

Sama halnya dengan teknik shooting, lay up juga bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan. Hanya saja dalam teknik ini sedikit berbeda dengan shooting, caranya :

- Apabila sudah merasa dekat dengan ring lawan.

- Ambil langkah sebanyak dua langkah.

- Dilanjutkan dengan meloncat ke arah ring lawan.

- Dan berusaha memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Fade Away

Pengertian Bola Basket
Fade Away

Dalam teknik ini mengharuskan kita untuk menarik badan ke belankang pada saat melakukan teknik shooting. Dimana hal ini akan membuat defender tim lawan merasa kesulitan dalam menghadang bola. Sebenarnya teknik ini tidak dianjurkan untuk pemula, karena memiliki resiko yang cukup fatal, apalagi jika belum mahir dalam mengatur keseimbangan badan.

Hook Shoot

Pada umumnya, teknik ini sering kali digunakan ketika pemain dihadang atau dijaga oleh lawan yang memiliki badan lebih tinggi dari dirinya. Lebih tepatnya melempar bola ke arah ring lawan (shooting) melalui samping dan menggunakan satu tangan. Sehingga jarak antara lawan yang menghadang dengan pemain sedikit agak jauh.

Jump Shoot

Pengertian Bola Basket
Jump Shot

Mungkin teknik ini juga tidak dianjurkan untuk kamu yang masih pemula, lantaran cukup sulit untuk melakukan teknik ini. Pasalnya, untuk melakukan teknik ini membutuhkan skill melompat yang begitu tinggi, serta keakuratan lemparan bola yang baik. Teknik ini biasanya dilakukan dengan melakukan shooting ketika melompat, sehinggan terbilang cukup sulit pula untuk digagalkan.

Crossover

Pengertian Bola Basket
Crossover

Hampir mirip dengan menggiring bola seperti pada umumnya, ya karena memang teknik ini menjadikan drible sebagai gerakan utamanya. Hanya saja dalam teknik ini menggiring bola dilakukan dengan sedikit berbeda, hal ini untuk mengecoh atau mempersulit lawan dalam merebut bola. Caranya :

- Pantulkan bola dari tangan kanan ke bawah.

- Ketika bola kembali ke ata, tempelkan bola pada tangan kiri.

- Pantulkan lagi bola dari tangan kiri ke bawah.

- Ketika ke atas tempelkan bola pada tangan kanan, dan begitu seterusnya.

Dalam teknik ini, sejumlah pemain bola basket profesional sering mengkombinasikan teknik ini dengan memantulkan bola ke bawah melalui celah kaki, baik itu kaki sendiri ataupun kaki lawan.

Slam Dunk

Pengertian Bola Basket
Slam Dunk

Ya, slam dunk mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Hal ini dikarenakan kepopuleren teknik ini yang sudah mendunia. Sebenarnya teknik ini cukup simple dan kelihatan begitu mudah, namun kenyataannya tak semua orang bisa melakukan teknik ini. Caranya :

- Ketika hendak melakukan shooting, ambil jarak dan berlari sekencang mungkin.

- Setelah mendekati ring lawan, lompat dan masukkan bola ke dalam ring lawan.

- Dan diteruskan dengan menghempaskan tangan ke ring lawan tersebut.

Memang begitu simpel, namun saya yakin orang dengan tinggi badan sekitar 170 cm tentu tidak akan sanggup melakukan teknik yang satu ini.  

Baca Juga