Pengertian Biosfer, Komponen Penyusun, Faktor-Faktor Biosfer Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna, Serta Lapisan Biosfer
Kata biosfer sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “bio” yang artinya hidup dan “sphere” yang artinya lapisan. Dengan demikian, biosfer diartikan sebagai bagian luar bumi yang memungkinkan terjadinya kehidupan dan berlangsungnya proses biotik. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian biosfer berikut ini.

Istilah biosfer mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Biasanya istilah ini terdapat dalam pelajaran Geografi. Lantas, apa itu pengertian biosfer yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian biosfer, komponen penyusun biosfer, faktor-faktor biosfer yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, serta lapisan biosfer berikut ini.

Pengertian Biosfer

Pengertian Biosfer, Komponen Penyusun, Faktor-Faktor Biosfer Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna, Serta Lapisan Biosfer
Pengertian Biosfer

Kata biosfer sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “bio” yang artinya hidup dan “sphere” yang artinya lapisan. Dengan demikian, biosfer diartikan sebagai bagian luar bumi yang memungkinkan terjadinya kehidupan dan berlangsungnya proses biotik. Berikut ini adalah pengertian biosfer menurut para ahli:

1. Menurut Michael Allaby

Pengertian biosfer menurut Michael Allaby adalah lingkungan hidup dan organisme yang saling berinteraksi dengan membentuk sistem kelompok yang stabil dan efektif untuk keseluruhan ekosistem pada planet.

2. Menurut James Lovelock

Pengertian biosfer menurut James Lovelock adalah organisme hidup. Maksudnya, faktor biotik dan faktor abiotik saling berinteraksi dalam suatu lingkungan.

3. Menurut Jhon Wiley

Pengertian biosfer menurut Jhon Wiley adalah zona dari planet bumi, di mana kehidupan tersebut terbentuk secara alami, diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah.

Komponen Penyusun Biosfer

Pengertian Biosfer, Komponen Penyusun, Faktor-Faktor Biosfer Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna, Serta Lapisan Biosfer
Komponen Penyusun Biosfer

Berikut ini adalah komponen-komponen penyusun biosfer:

1. Protoplasma

Protoplasma merupakan zat hidup dalam sel yang berukuran sangat kecil dan spesifik serta sangat kompleks. Contohnya seperti protein, lemak, dan lain sebagainya.

2. Sel

Sel merupakan kumpulan protoplasma yang kemudian membentuk sel. Kumpulan protoplasma ini kemudian berkumpul dalam membran inti sel yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup.

3. Jaringan

Jaringan merupakan sel-sel yang mempunyai fungsi yang sama, contohnya adalah saraf dan otot.

4. Organ

Organ merupakan bagian dari organisme yang mempunyai tugas tertentu dan spesifik. Contohnya seperti paru-paru merupakan organ untuk bernafas, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar, mata untuk melihat, dan lain sebagainya.

5. Sistem Organ

Sistem organ merupakan kumpulan dari sejumlah organ yang mempunyai sinergitas kerja yang sama sehingga menghasilkan harmonisasi dalam tubuh. Contohnya organ mata dan telinga yang saling membantu pekerjaan satu sama lain.

6. Organisme

Pengertian Biosfer, Komponen Penyusun, Faktor-Faktor Biosfer Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna, Serta Lapisan Biosfer
Organisme

Organisme merupakan istilah lain dari makhluk hidup, di dalamnya terdapat organ dan sistem organ yang telah terorganisir dengan baik.

7. Populasi

Populasi merupakan kmpulan individu dari jenis yang sama dan menempati suatu wilayah pada kurun waktu tertentu.

8. Komunitas

Komunitas merupakan kumpulan populasi yang menempati wilayah tertentu. Bersama dengan lingkungan abiotik, komunitas ini akhirnya akan membentuk sebuah sistem ekologi atau yang dikenal dengan istilah ekosistem.

9. Bioma

Bioma merupakan ekosistem berskala besar yang terbentuk karena adanya interaksi antara iklim dan bioma setempat.

10. Biosfer

Biosfer atau ekosfer merupakan tingkat organisme biologi paling besar dan mencakup semua organisme di bumi serta berinteraksi dengan lingkungan fisik secara keseluruhan.

Faktor-Faktor Biosfer yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Pengertian Biosfer, Komponen Penyusun, Faktor-Faktor Biosfer Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna, Serta Lapisan Biosfer
Faktor-Faktor Biosfer yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Secara umum, terdapat dua faktor biosfer yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di dunia, antara lain sebagai berikut:

1. Faktor Abiotik

Faktor abiotik merupakan faktor yang berkaitan dengan unsur penunjang kehidupan, tapi bukan makhluk hidup. Adapun faktor abiotik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di dunia adalah sebagai berikut:

a. Kondisi geologis

Kondisi geologis adalah kondisi struktur, sifat fisik, dan kondisi yang ada di suatu wilayah. Kondisi ini mencakup sejumlah hal, seperti air, udara, suhu, bebatuan, dan lain-lain. Semakin lengkap unsur penunjang kehidupan di suatu wilayah, maka akan semakin banyak pula jenis organisme yang menempati wilayah tersebut. Buktinya, makhluk hidup yang terdapat di Indonesia jauh lebih banyak daripada yang ada di daerah kutub. Hal ini terjadi karena sulit untuk bisa bertahan hidup dengan kondisi geologis daerah kutub.

b. Iklim

Iklim merupakan kondisi rata-rata cuaca berdasarkan periode tertentu untuk suatu wilayah. Ilmu yang mempelajari tentang iklim dikenal dengan istilah klimatologi. Iklim berkaitan erat dengan keadaan suhu, kelembaban udara, dan posisi geografis suatu wilayah. Tak semua organisme bisa tinggal di jenis iklim tertentu. Hal ini terjadi karena kebutuhan setiap makhluk hidup tidak sama. Ada yang bisa tinggal di daerah panas (sedikit air), tapi ada juga yang hanya bisa bertahan hidup di wilayah dengan curah hujan tinggi.

c. Ketinggian tempat

Ketinggian tempat berkaitan erat dengan unsur suhu udara, kelembaban udara, angin, sinar matahari, dan lain sebagainya. Semakin tinggi sebuah tempat, maka udaranya akan semakin sejuk. Karena terdapat perbedaan dalam kualitas dan kadar unsur tersebut, maka ketinggian tempat sangat mempengaruhi persebaran flora dan fauna.

2. Faktor Biotik

Faktor biotik terdiri atas makhluk hidup itu sendiri. Makhluk hidup yang tinggal di suatu lingkungan akan memberi dampak besar terhadap persebaran flora dan fauna di lingkungan tersebut. Manusia juga bisa memberi dampak besar, baik itu dampak positif ataupun dampak negatif. Interaksi yang terjalin antara makhluk hidup yang berbeda di setiap wilayah akan menghasilkan sistem kehidupan yang unik di wilayah tersebut. Karena itulah, faktor biotik dikatakan berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna di dunia.

Baca Juga: Pengertian Negara Maju, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya.

Lapisan Biosfer

Pengertian Biosfer, Komponen Penyusun, Faktor-Faktor Biosfer Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna, Serta Lapisan Biosfer
Lapisan Biosfer

Ada tiga lapisan yang menyusun biosfer, antara lain sebagai berikut:

1. Lapisan Litosfer

Litosfer berasal dari dua kata, yaitu “lithos” yang artinya batuan dan “sphere” yang artinya lapisan. Litosfer biasanya disebut sebagai lapisan kulit bumi. Lapisan ini mempunyai ketebalan rata-rata 30 km. Litosfer atas berisi daratan, sedangkan litosfer bawah berisi lautan.

2. Lapisan Hidrosfer

Hidrosfer berasal dari dua kata, yaitu “hidros” yang artinya air dan “sphere” yang artinya lapisan. Dengan demikian, hidrosfer diartikan sebagai lapisan air yang terdapat di permukaan bumi. Contohnya seperti danau, sungai, lautan, salju, air tanah, dan uap air yang ada di lapisan udara.

3. Lapisan Atmosfer

Lapisan atmosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet, termasuk bumi. Lapisan ini terdapat di ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan 560 km di atas permukaan bumi.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian biosfer, komponen penyusun biosfer, faktor-faktor biosfer yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, serta lapisan biosfer berikut ini. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai biosfer.

Baca Juga