Biografi - Pengertian, Ciri, Struktur, dan Jenisnya
Biografi merupakan jenis tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang atau tokoh tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, struktur, dan jenis biografi berikut ini.

Apa kamu pernah membaca biografi milik orang lain? Biasanya biografi menceritakan tentang kisah hidup orang penting atau orang terkenal. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, struktur, dan jenis-jenis biografi berikut ini.

Pengertian Biografi

Biografi - Pengertian, Ciri, Struktur, dan Jenisnya
Pengertian Biografi

Kata biografi berasal dari bahasa Yunani "bios" yang artinya hidup, dan "graphien" yang artinya tulis. Secara umum, biografi merupakan jenis tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang atau tokoh tertentu. Dengan kata lain, biografi merupakan kisah riwayat hidup seseorang. Biografi bisa terdiri dari beberapa baris kalimat saja (biografi singkat), namun ada juga yang biografi yang panjangnya lebih dari 1 buku (biografi panjang).

Biografi singkat biasanya hanya menjelaskan fakta dan peran penting dari tokoh tersebut. Hal ini berbeda dengan biografi panjang, yang menceritakan informasi penting dengan kalimat yang terperinci dan gaya cerita yang lebih baik.

Dengan adanya biografi, kita bisa mengetahui seperti apa kisah hidup seseorang secara jelas dan mendalam. Terlebih, di dalam biografi, seringkali terdapat penjelasan tentang tindakan atau perilaku yang pernah ia buat selama masa hidupnya. Banyak yang mengira kalau biografi hanya bercerita tentang kehidupan orang terkenal (orang penting).

Padahal faktanya, banyak juga biografi yang bercerita tentang orang tidak terkenal. Biasanya biografi ditulis secara urutan waktu (kronologis), mulai dari masa kecil, remaja, dewasa, hingga masa tua. Untuk menulis biografi seseorang, kamu tidak boleh sembarangan sebab hal ini berkaitan dengan kisah kehidupan seseorang.

Kamu memerlukan bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama bisa berupa benda seperti buku harian, surat yang pernah ia tulis, kliping berita tentang tokoh tersebut, dan lain sebagainya. Sedangkan bahan pendukung bisa berupa biografi lain, buku referensi, dan lain-lain. Pada dasarnya, biografi merupakan jenis tulisan yang isinya berdasarkan kisah nyata (bukan rekayasa semata).

Ciri-Ciri Biografi

Biografi - Pengertian, Ciri, Struktur, dan Jenisnya
Ciri-Ciri Biografi

Biografi memiliki sejumlah ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis tulisan lain:

1. Struktur biografi terdiri dari bagian orientasi, peristiwa dan masalah, serta bagian reorientasi.

2. Berisi informasi fakta tentang tokoh tertentu yang disajikan dalam bentuk cerita atau narasi.

3. Isinya berdasarkan pengalaman atau kisah hidup seseorang yang diceritakan dalam teks biografi tersebut.

Struktur Teks Biografi

Biografi - Pengertian, Ciri, Struktur, dan Jenisnya
Struktur Biografi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teks biografi terdiri atas bagian orientasi, bagian peristiwa dan masalah, serta bagian reorientasi.

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal dalam suatu biografi. Isinya berusaha mengenalkan tokoh, dengan cara memberi gambaran awal tentang tokoh tersebut kepada pihak pembaca.

2. Peristiwa dan Masalah

Setelah bagian orientasi, berikutnya adalah bagian peristiwa dan masalah. Pada bagian ini, akan diceritakan tentang peristiwa dan masalah apasaja yang pernah dialami oleh tokoh tersebut. Selain itu, pengalaman yang menarik, mengesankan, atau prestasi yang pernah diraih tokoh juga akan dijelaskan secara detail pada bagian ini.

3. Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup dalam suatu biografi. Pada bagian ini, penulis akan memberikan pendapatnya atau pandangannya tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Bagian ini sifatnya tidak wajib, dalam artian penulis tidak diwajibkan untuk membuat bagian reorientasi.

Jenis-Jenis Biografi

Biografi - Pengertian, Ciri, Struktur, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Biografi

Ada banyak sekali jenis biografi jika dilihat dari beragam sudut pandang.

1. Jenis Biografi Berdasarkan Sisi Penulis

Jika dilihat dari segi penulis, biografi dibedakan menjadi dua jenis:

  • Autobiografi

Autobiografi merupakan jenis biografi yang dibuat sendiri oleh tokoh tersebut semasa hidup.

  • Biografi

Biografi adalah jenis tulisan yang bercerita tentang kisah hidup orang lain, mulai dari pengalaman, masalah hidup, hingga prestasi yang dimiliki orang tersebut.

2. Jenis Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

Jika dilihat dari segi izin penulisan, biografi dibagi menjadi dua:

  • Authorized biography
Biografi - Pengertian, Ciri, Struktur, dan Jenisnya
Authorized biography

Penulisan biografi jenis ini telah mendapat izin dari tokoh yang akan ia tulis kisah hidupnya.

  • Unauthorized biography

Unauthorized biography ditulis tanpa adanya izin dari tokoh yang akan ia tulis kisah hidupnya. Biasanya jenis biografi ini dibuat setelah tokoh tersebut meninggal dunia.

3. Jenis Biografi Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, biografi dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Biografi perjalanan hidup

Jenis biografi ini hanya berisi tentang keseluruhan perjalanan hidup atau sebagian perjalanan hidup yang dianggap paling berkesan.

  • Biografi perjalanan karir

Jenis biografi ini hanya berisi tentang perjalanan karir seseorang dari awal hingga akhir, ataupun sebagian perjalanan karir yang mendekati masa kesuksesan.

Baca Juga: Independen - Pengertian, Ciri, Faktor, dan Cara Melatih Sifat Independen.

4. Jenis Biografi Berdasarkan Persoalan Yang Dibahas

Jika dilihat dari segi persoalan yang dibahas, biografi dibagi menjadi tiga jenis:

  • Biografi politik

Biografi politik merupakan penulisan tokoh dari sudut pandang politik. Untuk menulis biografi politik, kamu perlu mengumpulkan bahan dengan cara riset terlebih dahulu.

  • Intelektual biografi

Biografi ini dibuat berdasarkan hasil riset yang kemudian disampaikan penulis kepada pembaca dalam bentuk tulisan yang ilmiah.

  • Biografi jurnalistik (biografi sastra)

Penulisan biografi ini biasanya bersumber dari hasil wawancara tokoh tertentu.

5. Jenis Biografi Berdasarkan Penerbitannya

Berdasarkan penerbitannya, biografi ini dikelompokkan menjadi dua jenis:

  • Buku sendiri

Biografi jenis ini diterbitkan oleh pihak penerbit, tapi biayanya ditanggung sendiri oleh produsen. Biasanya biografi seperti ini memuat kisah hidup tokoh terkenal yang diprediksi bakal mencuri perhatian publik.

  • Buku subsidi

Biaya pembuatan biografi jenis ini sebagian ditanggung oleh pihak sponsor. Karena biografi jenis ini diprediksi tidak laku dari segi komersial, atau harganya yang terlalu tinggi bagi masyarakat.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, struktur, dan jenis-jenis biografi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai biografi.

Baca Juga