Pengertian Berita - Unsur, Syarat, Bagian, Sifat, Jenis dan Contohnya
Kita sering sekali melihat berita di surat kabar, radio ataupun media online. Namun kita mungkin belum memahami dengan baik apa itu berita yang sebenarnya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian berita, unsur, syarat, bagian, sifat, jenis dan contoh berita berikut ini.

Berita merupakan laporan peristiwa berupa fakta, ataupun pendapat yang penting dan menarik bagi masyarakat. Berita juga dapat diartikan sebagai informasi baru yang isinya jelas, aktual dan menarik. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian berita, unsur, syarat, bagian, sifat, jenis dan contoh berita berikut ini.

Pengertian Berita

Pengertian Berita - Unsur, Syarat, Bagian, Sifat, Jenis dan Contohnya
Pengertian Berita

Adapun pengertian berita menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Pengertian berita menurut J.B. Wahyudi

Berita merupakan uraian tentang fakta atau pendapat yang mengandung nilai berita, yang disampaikan lewat media massa secara periodik.

2. Pengertian berita menurut Williard C. Bleyer

Berita adalah hal / kejadian baru yang sengaja dibahas oleh wartawan dan dipublikasikan untuk menarik minat para pembaca.

3. Menurut Robert Tyell

Berita merupakan informasi baru yang dapat menarik perhatian masyarakat. Informasi ini tanpa sadar mempengaruhi dan membuat masyarakat penasaran sehingga mereka jadi mengikuti perkembangan informasi terbaru.

Unsur-Unsur Berita

Pengertian Berita - Unsur, Syarat, Bagian, Sifat, Jenis dan Contohnya
Unsur-Unsur Berita

Unsur-unsur yang sebaiknya ada dalam sebuah berita adalah 5W + 1H. Maksudnya antara lain sebagai berikut:

  • What (apa) : peristiwa apa yang sedang terjadi?
  • Who (siapa) : siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
  • Why (mengapa) : mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi?
  • When (kapan) : kapan peristiwa tersebut terjadi
  • Where (di mana) : di mana peristiwa tersebut terjadi?
  • How (bagaimana) : bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut?

Syarat Berita

Pengertian Berita - Unsur, Syarat, Bagian, Sifat, Jenis dan Contohnya
Syarat Berita

Tak semua tulisan bisa disebut dengan berita. Tulisan tersebut harus memenuhi syarat berikut ini:

1. Harus berupa fakta

Artinya kejadian atau peristiwa yang diberitakan harus benar-benar terjadi (nyata).

2. Terkini

Artinya berita yang disajikan adalah berita terbaru yang kejadiannya belum lama terjadi.

3. Seimbang

Artinya berita yang dibuat tidak boleh terkesan sengaja memihak pihak tertentu, harus seimbang.

4. Menarik

Artinya berita dapat menarik minat para pembaca atau pendengarnya. Berita juga dikatakan menarik apabila memiliki manfaat bagi pembaca / pendengarnya.

5. Sistematis

Sebuah berita juga harus ditulis secara sistematis (urutan kejadiannya jelas), sehingga pembaca tidak bingung saat membaca / mendengar berita tersebut.

Bagian-Bagian Berita

Pengertian Berita - Unsur, Syarat, Bagian, Sifat, Jenis dan Contohnya
Bagian-Bagian Berita

Berita terdiri dari sejumlah bagian, seperti:

1. Headline

Headline biasanya disebut dengan judul berita. Judul ini sangat penting agar pembaca bisa tahu peristiwa apa yang akan disampaikan. Biasanya di bawah headline ini juga terdapat gambar agar berita terlihat lebih menarik.

2. Deadline

Deadline di sini berisi nama media massa, tempat kejadian dan juga tanggal terjadinya sebuah peristiwa.

3. Lead

Lead ini menggambarkan isi berita secara singkat. Biasanya lead ditulis pada paragraf pertama dan sering disebut dengan istilah teras berita.

4. Body

Body merupakan isi dari berita. Body harus disampaikan oleh penulis dengan bahasa yang singkat, jelas, dan padat.

Baca Juga: Pengertian Website - Sejarah, Manfaat dan Jenisnya.

Sifat-Sifat Berita

Pengertian Berita - Unsur, Syarat, Bagian, Sifat, Jenis dan Contohnya
Sifat-Sifat Berita

Berita memiliki sejumlah sifat, di antaranya:

  • Baru (aktual)

Kebanyakan berita yang ditulis oleh media adalah berita baru (aktual). Berita seperti ini memiliki nilai lebih untuk dijadikan berita dan disampaikan ke masyarakat.

  • Penting

Biasanya sebuah berita akan sedikit banyak berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Karena itulah, berita disebut memiliki sifat penting.

  • Jarak

Tahukah kamu, kalau pembaca ternyata lebih tertarik dengan kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. Mereka kurang tertarik dengan peristiwa yang terjadi di tempat jauh.

  • Emosi

Sebuah berita juga seringkali menguras emosi pembaca / pendengar. Mereka bisa jadi marah, kecewa, senang, ataupun sedih setelah membaca / mendengar sebuah berita yang menarik perhatian mereka.

Jenis-Jenis Berita

1. Straight News

Straight news adalah berita langsung. Berita ini biasanya ditulis secara singkat dan apa adanya. Biasanya berita seperti ini terdapat pada halaman utama surat kabar. Ada dua jenis straight news:

  • Hard news

Merupakan jenis berita yang ada nilai lebihnya, berkualitas dan merupakan berita terkini. Jenis berita ini sangat penting dan harus segera disampaikan kepada masyarakat sebelum basi. Biasanya berita ini berupa kejadian atau peristiwa yang sedang trending.

  • Soft news

Jenis berita ini merupakan berita pendukung, isinya lebih ringan dan nilai beritanya tak sepenting nilai hard news.

2. Depth news

Depth news merupakan berita yang mendalam. Artinya berita ini sengaja dibuat untuk mengupas sebuah permasalahan secara mendalam dan detail.

3. Investigation news

Berita ini mirip dengan depth news. Bedanya berita ini dibuat berdasarkan hasil penelitian / penyelidikan yang mendalam dari berbagai sumber.

4. Interpretative news

Berita ini dikembangkan sesuai dengan pendapat pribadi atau hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis.

5. Opinion news

Jenis berita ini merupakan pendapat pribadi seseorang / sekelompok orang. Misalnya pendapat pelajar tentang ujian nasional, dan lain sebagainya.

Contoh Berita

Pengertian Berita - Unsur, Syarat, Bagian, Sifat, Jenis dan Contohnya
Contoh Berita

Di bawah ini adalah salah satu contoh berita tentang kebakaran:

Kebakaran yang terjadi pada pasar Sukaramai, Pekanbaru, tanggal 8 November 2017 lalu telah membuat para pedagang panik. Mereka berusaha untuk menyelamatkan barang-barang dagangan yang mereka jual.

Padahal, api telah membakar sebagian kios dan toko pedagang di lantai dasar. Untungnya, petugas pemadam kebakaran segera datang dan melakukan evakuasi. Mereka berhasil memadamkan api setelah sebelumnya terhambat oleh asap hitam yang ada di mana-mana.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun para pedagang mengaku mengalami kerugian yang tak sedikit akibat amukan si jago merah. Sampai saat ini, pihak Polresta Pekanbaru masih menyelidiki apa yang menjadi penyebab kebakaran di Pasar Sukaramai.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian berita, unsur, syarat, bagian, sifat, jenis dan contoh berita yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai berita.

Baca Juga