Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya
Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan perasaan dan pikiran seseorang, yang bisa disampaikan secara lisan ataupun non-lisan (tulisan). Simak pembahasan lengkap tentang pengertian bahasa berikut ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan bahasa agar bisa berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa biasanya disampaikan secara lisan ataupun non-lisan (tulisan). Lantas, apa itu bahasa yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian bahasa, sejarah terbentuknya bahasa, fungsi bahasa, dan struktur bahasa berikut ini.

Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya
Pengertian Bahasa

Secara umum, bahasa diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menyampaikan perasaan dan pikiran seseorang, yang bisa disampaikan secara lisan ataupun non-lisan (tulisan). Berikut ini adalah pengertian bahasa menurut para ahli:

1. Menurut William A. Haviland

Pengertian bahasa menurut William A. Haviland adalah sistem bunyi yang ketika digabungkan sesuai aturan akan menimbulkan makna yang bisa ditangkap oleh semua orang yang sedang bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa tertentu.

2. Menurut D. P. Tambulan

Pengertian bahasa menurut D. P. Tambulan adalah cara yang digunakan untuk bisa memahami pikiran dan perasaan orang lain serta untuk menyampaikan isi pikiran dan perasaan yang dimiliki oleh seorang manusia.

3. Menurut Plato

Pengertian bahasa menurut Plato adalah pernyataan yang terdapat dalam pikiran seseorang dengan menggunakan perantaraan rhemata (ucapan) dan onomata (nama benda / sesuatu) yang menjadi cerminan ide seseorang dengan melalui media berupa mulut.

4. Menurut Gorys Keraf

Pengertian bahasa menurut Gorys Keraf adalah alat untuk berkomunikasi dengan orang lain, yang berupa simbol bunyi yang bersumber dari alat ucap yang dimiliki setiap manusia.

5. Menurut Finoechiaro

Pengertian bahasa menurut Finoechiaro adalah sistem simbol vokal yang arbitrer dan memungkinkan semua orang untuk berada dalam kebudayaan tertentu, ataupun cara berkomunikasi dengan orang lain.

Sejarah Terbentuknya Bahasa

Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya
Sejarah Terbentuknya Bahasa

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Dengan kata lain, setiap manusia perlu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Untuk berkomunikasi, dibutuhkan bahasa. Nah, bahasa ini rupanya adalah peninggalan dari zaman purba yang masih digunakan dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

Awalnya, bahasa ditemukan di zaman purba. Pada saat itu, manusia belum mengenal huruf atau tulisan. Mereka baru mengenal gambar, simbol, dan gerakan tubuh. Jika menghadapi kesulitan, manusia pada zaman purba akan berteriak demi memperoleh bantuan. Namun, kata-kata yang ia sampaikan tidak terstruktur dengan baik seperti bahasa yang digunakan pada zaman modern ini.

Setelah mengenal tulisan, manusia barulah mengolah tulisan menjadi bahasa verbal sehingga ia bisa berkomunikasi secara lisan dengan orang lain. Bahasa kemudian mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu.

Tanpa sadar, bahasa terus berkembang menjadi sangat kompleks dan memiliki berbagai macam jenis. Hal ini terjadi karena pola hidup masyarakat yang dulu suka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain hingga terjadilah pencampuran budaya dan peradaban yang kemudian mengakibatkan munculnya keberagaman bahasa.

Fungsi Bahasa

Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya
Fungsi Bahasa

Secara umum, bahasa berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kendati demikian, sebenarnya bahasa juga memiliki fungsi lain dalam suatu masyarakat. Simak beberapa fungsi bahasa berikut ini:

1. Sebagai alat untuk menyampaikan perasaan, keinginan, atau gagasan tertentu.

2. Sebagai alat untuk mengekspresikan diri.

3. Sebagai alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

4. Sebagai alat untuk berintegrasi dan beradaptasi di lingkungan masyarakat.

5. Sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.

6. Sebagai alat / instrumen untuk membagikan ilmu pengetahuan kepada orang lain.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Manfaat, Sifat, dan Jenisnya.

Struktur Bahasa

Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya
Struktur Bahasa

Bahasa memiliki beberapa struktur, antara lain sebagai berikut:

1. Wacana

Wacana adalah satu kesatuan yang tersistem antar bagian di dalam suatu bahasa. Wacana juga bisa diartikan sebagai komunikasi kebahasaan yang biasanya terlihat sebagai pertukaran interaksi, di mana bentuknya dipengaruhi oleh tujuan sosial. Berdasarkan dua pengertian di atas, wacana diartikan sebagai rangkaian pernyataan yang bisa disampaikan secara lisan atau non-lisan dalam konteks tertentu yang mengandung makna tersendiri.

2. Paragraf

Paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat yang sengaja disusun dalam bentuk satu kesatuan. Nama lain dari paragraf adalah alinea. Kalimat yang ada dalam suatu paragraf berkaitan erat dengan kalimat lain. Perlu diketahui, kalau setiap paragraf memiliki ide pokok tersendiri. Adapun panjang dari sebuah paragraf tergantung pada ide pokok apasaja yang akan disampaikan dalam paragraf tersebut.

3. Kalimat

Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya, Fungsi, dan Strukturnya
Kalimat

Kalimat merupakan kumpulan kata yang sengaja disusun dengan pola tertentu. Kalimat juga bisa diartikan sebagai satuan bahasa yang berdiri sendiri dan terdiri dari klausa yang digunakan untuk menyusun gagasan atau pemikiran tertentu sehingga bisa dikomunikasikan dengan orang lain. Untuk bisa menjadi sebuah kalimat, syaratnya adalah terdapat subjek, terdapat predikat, ada intonasi, serta mengandung makna.

4. Kata

Kata adalah kumpulan huruf yang sengaja disusun menjadi satu kesatuan dan mengandung makna di dalamnya. Kata juga bisa diartikan sebagai salah satu unsur bahasa berupa perasaan atau pemikiran yang bisa digunakan dalam bahasa.

5. Fonem

Fonem adalah salah satu unsur dalam bahasa yang berfungsi untuk membedakan arti dari kata yang disampaikan secara lisan. Biasanya fonem memiliki pelafalan yang berbeda saat mengucapkannya tergantung pada posisinya dalam suatu kata. Contoh huruf e memiliki beberapa pelafalan tergantung pada posisinya.

6. Morfem

Morfem adalah unsur terkecil dalam bahasa, di mana bentuknya tidak memiliki bagian yang mirip dengan bentuk lain, entah itu dilihat dari segi bunyi ataupun maknanya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian bahasa, sejarah terbentuknya bahasa, fungsi bahasa, dan struktur bahasa yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai bahasa.

Loading...

Baca Juga