Pengertian Badan Usaha, Jenis, Syarat, dan Fungsinya
Badan usaha adalah kesatuan hukum dan ekonomis yang menggunakan sumber daya modal dan tenaga kerja untuk memberikan pelayanan pada konsumen dengan tujuan untuk meraup keuntungan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian badan usaha berikut ini.

Badan usaha seringkali disamakan dengan perusahaan. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian badan usaha, jenis, syarat, dan fungsi badan usaha berikut ini.

Pengertian Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha, Jenis, Syarat, dan Fungsinya
Pengertian Badan Usaha

Pengertian badan usaha adalah kesatuan hukum dan ekonomis yang menggunakan sumber daya modal dan tenaga kerja untuk memberikan pelayanan pada konsumen dengan tujuan untuk meraup keuntungan. Setiap badan usaha harus memenuhi syarat administratif, serta diresmikan oleh petugas yang berwenang.

Jenis-Jenis Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha, Jenis, Syarat, dan Fungsinya
Jenis-Jenis Badan Usaha

1. Berdasarkan kegiatan yang dilakukannya

Berdasarkan kegiatan yang dilakukannya, badan usaha dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain badan usaha agraris, ekstraktif, perdagangan, industri dan jasa. Pengertian badan usaha agraris adalah badan usaha yang mengelola sumber daya alam dengan tujuan untuk menghasilkan barang tertentu. Contohnya seperti perkebunan kelapa sawit, perkebunan teh, peternakan ikan, peternakan lembu, dan lain sebagainya.

Pengertian badan usaha ekstraktif adalah badan usaha yang mengambil hasil kekayaan alam, seperti hasil hutan, hasil laut, dan hasil tambang. Ada banyak jenis usaha ekstraktif di sekitar kita, contohnya perusahaan perkayuan, perusahaan tambang minyak, perusahaan pengambilan rotan, dan lain-lain.

Pengertian badan usaha perdagangan adalah badan usaha yang membeli dan menjual kembali suatu barang kepada masyarakat tanpa mengubah bentuknya. Contohnya seperti pasar tradisional atau pasar swalayan. Pengertian badan usaha industri adalah badan usaha yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang siap pakai. Perusahaan seperti ini biasanya disebut sebagai perusahaan manufaktur. Contohnya seperti pabrik kain, pabrik pembuat pakaian, pabrik pembuat sepatu, dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian badan usaha jasa adalah badan usaha yang memberikan layanan dan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Contohnya seperti jasa pengangkutan barang (ekspedisi), jasa perbankan, jasa konsultan, dan masih banyak lagi.

2. Berdasarkan sumber kepemilikan modal

Berdasarkan sumber kepemilikan modalnya, badan usaha dibagi menjadi beberapa jenis:

  • BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

BUMN adalah badan usaha yang sebagian besar atau seluruh modalnya berasal dari kekayaan negara, yang menjual produk barang atau jasa tertentu dan diprioritaskan untuk kemakmuran rakyat. BUMN bisa terbentuk karena adanya kekayaan negara yang berasal dari APBN. Banyak yang tidak tahu kalau BUMN sebenarnya dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu perusahaan umum dan persero.

Perusahaan umum merupakan BUMN yang didirikan dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat umum dan meraih keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan. Sedangkan persero merupakan BUMN yang memberikan layanan kepada masyarakat umum dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

  • BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)

BUMD merupakan badan usaha yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah, modalnya diperoleh dari kekayaan daerah yang dipisahkan. Biasanya kegiatan usaha yang dilakukan BUMD adalah kegiatan di bidang usaha umum yang menguasai hajat hidup orang banyak. Adapun contoh dari BUMD adalah BPD.

  • Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

BUMS merupakan badan usaha yang modalnya berasal dari pihak swasta. BUMS didirikan dengan tujuan untuk mengurangi pengangguran, menyediakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan meraih keuntungan. BUMS di Indonesia terdiri dari persekutuan firma, perseroan terbatas, perusahaan perseorangan, dan persekutuan komanditer.

  • Badan Usaha Swasta Asing

Badan usaha swasta asing merupakan badan usaha yang modalnya berasal dari pihak luar negeri. Hal ini bisa terjadi karena faktor ketersediaan sumber daya alam, potensi pasar yang lebih luas, serta upah tenaga karyawan yang lebih murah. Badan usaha ini sangat bermanfaat bagi negara karena memasok modal dan juga memakai teknologi maju yang penting bagi pertumbuhan ekonomi. Kendati demikian, munculnya badan usaha swasta asing ini bisa mengurangi kemandirian negara dalam bidang ekonomi.

  • Joint Venture

Joint venture merupakan kerjasama dari sejumlah perusahaan yang berasal dari berbagai negara, yang kemudian menjadi satu perusahaan dengan tujuan untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi. Joint venture dipimpin oleh seorang Dewan Direktur yang dipilih oleh para pemegang saham.

  • Koperasi
Pengertian Badan Usaha, Jenis, Syarat, dan Fungsinya
Koperasi

Koperasi merupakan badan usaha yang modalnya berasal dari masyarakat tertentu yang memiliki kesamaan visi. Koperasi dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, serta membangun perekonomian nasional yang tangguh.

Baca Juga: Pengertian Rumusan Masalah, Ciri, Fungsi, Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan, Jenis, dan Contohnya.

Syarat Mendirikan Badan Usaha

Untuk bisa mendirikan badan usaha, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi:

1. Terdapat produk, baik itu produk barang ataupun jasa yang nantinya bisa diperjualbelikan kepada masyarakat.

2. Telah menentukan bagaimana cara pemasaran untuk produk tersebut.

3. Telah menentukan harga pokok dan harga jual produk.

4. Memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja.

5. Organisasi internal.

Fungsi Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha, Jenis, Syarat, dan Fungsinya
Fungsi Badan Usaha

Badan usaha memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi Komersial

Salah satu tujuan didirikannya badan usaha adalah untuk meraih keuntungan. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan, hanya saja setiap badan usaha harus mampu menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial badan usaha berkaitan dengan manfaat badan usaha terhadap kehidupan manusia secara langsung ataupun secara tidak langsung. Contohnya dalam penggunaan tenaga kerja, sebaiknya badan usaha mempekerjakan tenaga kerja yang berasal dari lingkungan setempat.

3. Fungsi Pembangunan Ekonomi

Badan usaha sebenarnya menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan ekonomi nasional. Badan usaha juga membantu negara dalam peningkatan ekspor dan pemerataan pendapatan masyarakat.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, jenis, syarat, dan fungsi badan usaha yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pengertian badan usaha.

Baca Juga