Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami apa itu asuransi dan manfaatnya ikut program asuransi yang ternyata sangat penting untuk diri sendiri dan keluarga. Untuk memahami apa sebenarnya asuransi itu silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian asuransi, Unsur, jenis dan manfaatnya berikut ini!

Mungkin anda pernah mendapatkan penawaran produk asuransi dari agen asuransi tetapi belum terlalu memahami apa sebenarnya asuransi itu. Bahkan anda bisa jadi salah satu orang yang berpikiran negatif terhadap asuransi. Menganggap asuransi sebagai bentuk 'penipuan' keuangan.

Pada dasarnya manfaat asuransi itu sangat baik, hal yang terpenting adalah memahami apa itu asuransi, apa saja jenis asuransi, dan perusahaan asuransi apa yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan begitu anda akan terhindar dari pemikiran negatif terhadap asuransi. Untuk memahami asuransi lebih baik lagi silahkan simak pembahasan tentang pengertian asuransi, unsur asuransi, jenis-jenis asuransi dan manfaat yang bisa didapatkan ketika bergabung menjadi nasabah asuransi berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Bank, Jenis dan Fungsinya.

Pengertian Asuransi Secara Etimologi

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Pengertian Asuransi Secara Etimologi

Asuransi secara etimologi berasal dari bahasa inggris yaitu insurance  yang artinya artinya pertanggungan. Dalam bahasa Belanda disebut verzekering atau assurantie dengan arti yang sama. Jadi secara etimologi asuransi adalah pertanggungan.

Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian asuransi dari beberapa ahli dalam dan luar negeri:

Menurut Wiryono Prodjodikoro

Asuransi ialah sebuah persetujuan yang dimana pihak yang menjamin berjanji kepada pihak yang dijamin, untuk menerima sejumlah uang sebagai pengganti kerugian, yang mungkin diderita oleh yang dijamin, karena diakibatkan dari suatu peristiwa yang belum jelas.

Menurut Abbas Salim

Asuransi adalah Suatu kemauan dalam menetapkan kerugian-kerugian kecil atau sedikit yang sudah pasti sebagai pengganti (substitusi) kerugian-kerugian besar yang belum pasti terjadinya di masa mendatang.

Menurut Mark Ronald Green

Asuransi adalah suatu lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi suatu risiko, dengan jalan mengkombinasikan dalam suatu pengelolaan sejumlah objek yang cukup besar jumlahnya, yang sehingga kerugian tersebut secara menyeluruh bisa diramalkan dalam batas-batas tertentu.

Menurut Robert Irwin Mehr

Asuransi adalah suatu alat untuk mengurangi resiko dengan menggabungkan sejumlah unit-unit yang beresiko agar kerugian individu secara kolektif dapat diprediksi.

Pengertian Asuransi Menurut Undang-undang

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Pengertian Asuransi Menurut Undang-undang

Asuransi di atur dalam undang-undang no 2 tahun 1992, Undang-undang Hukum Dagang, dan Undang-undang hukum perdata. Berikut ini pengertian asuransi menurut ketiga landasan hukum tersebut.

Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992

Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara 2 (dua) pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi,untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembanyaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab Kesembilan Pasal 246

Asuransi atau pertanggungan adalah sebuah perjanjian yangmana seorang penanggung mengadakan ikatan dengan seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang di harapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu.

Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1320

Pertanggungan adalah sebuah perjanjian yaitu kata sepakat, kecakapan, hal
tertentu dan suatu sebab yang halal.

Unsur-unsur Asuransi

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Unsur-unsur Asuransi

Unsur-unsur yang harus terpenuhi agar sebuah perjanjian asuransi adalah adanya pihak tertanggung, pihak penanggung, objek asuransi, dan peristiwa asuransi. Berikut ini penjelasannya.

Pihak Tertanggung

Pihak tertanggung adalah orang atau organisasi yang melakukan pembayaran sejumlah uang (premi) kepada lembaga penanggung sesuai dengan perjanjian asuransi (polis). Pihak tertanggung berhak mendapatkan klaim asuransi apabila terjadi peristiwa yang diderita berdasarkan objek yang diasuransikan setelah memenuhi semua kewajibannya.  

Pihak Penanggung

Pihak penanggung adalah lembaga yang membayarkan sejumlah uang (klaim) kepada tertanggung apabila terjadi peristiwa terhadap objek yang diasuransikan berdasarkan perjanjian asuransi setelah mendapatkan semua haknya yaitu pembayaran premi.

Objek Asuransi

Objek asuransi adalah semua benda atau yang dibendakan untuk diberikan pertanggungan (klaim) apabila terjadi peristiwa tak tentu yang menyebabkan kerugian atau berkurang atau hilangnya nilai dari benda tersebut.

Produk Asuransi

Produk asuransi adalah segala bentuk perlindungan finansial  yang akan diberikan kepada tertanggung dengan penjelasan lengkap terkait jangka waktu pembayaran premi, pertanggungan, dan proses klaim.

Polis Asuransi

Polis asuransi adalah perjanjian yang mengatur antara pihak tertanggung dan pihak penanggung yang memiliki kekuatan hukum untuk melakukan proses klaim tertanggung, berisi tentang semua penjelasan mulai dari proses pembayaran premi sampai pembayaran klaim termasuk syarat dan ketentuan yang mengikat kedua belah pihak. 

Peristiwa Asuransi

Peristiwa asuransi adalah sesuatu yang tidak pasti dan berupa ancaman terhadap objek asuransi yang dapat menyebabkan hilang atau berkurangnya nilai dari objek yang diasuransikan.

Perusahaan Asuransi Jiwa

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Perusahaan Asuransi Jiwa
Perusahaan Asuransi Jiwa, adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang memberikan pembayaran kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak dalam hal tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup, atau pembayaran lain kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak pada waktu tertentu yang diatur dalam perjanjian, yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana. (Sumber: ojk.go.id)

Beberapa perusahaan asuransi jiwa yang ada di Indonesia adalah:

  • PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)
  • Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912
  • PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
  • PT. AIA Financial
  • PT. Prudential Life Insurance
  • dan 55 perusahaan asuransi jiwa lainnya yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan Asuransi Umum

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Perusahaan Asuransi Umum
Perusahaan Asuransi Umum, adalah perusahaan yang memberikan jasa pertanggungan risiko yang memberikan penggantian karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti. (Sumber: ojk.go.id)

Beberapa perusahaan asuransi umum di Indonesia

  • PT. Asuransi Jasaraharja Putra
  • PT. Asuransi Astra Buana
  • PT. Asuransi Central Asia
  • PT. Asuransi Himalaya Pelindung
  • PT. Zurich Insurance Indonesia
  • dan 71 perusahaan asuransi umum yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lainnya.

Perusahaan Reasuransi

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Perusahaan Reasuransi
Perusahaan Reasuransi, adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh Perusahaan Asuransi Kerugian, Perusahaan Asuransi Jiwa, Perusahaan Penjaminan, atau Perusahaan Reasuransi lainnya.

Beberapa perusahaan reasuransi yang ada di Indonesia dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

  • PT. Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk
  • PT. Reasuransi International Indonesia
  • PT. Tugu Reasuransi Indonesia
  • PT. Reasuransi Maipark Indonesia
  • PT. Reasuransi Nasional Indonesia
  • PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero)

Jenis Asuransi Jiwa

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa terbagi menjadi empat jenis yaitu:

  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka adalah asuransi yang memberikan perlindungan (proteksi) kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi jiwa seumur hidup adalah asuransi yang memberikan perlindungan seumur hidup atau biasanya dibatasi sampai 100 tahun.

  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Asuransi jiwa dwiguna adalah asuransi yang memiliki dua manfaat sekaligus yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka dan tabungan (saving).

  • Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa unit link adalah asuransi yang manfaat asuransi (perlindungan) dan investasi.

Jenis Asuransi Umum

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Jenis Asuransi Umum
  • Asuransi harta benda (Property Insurance)

Asuransi harta benda adalah asuransi yang memberikan penggantian atas kerugian harta benda akibat kecelakaan seperti kebakaran, banjir, ledakan pesawat dan lainnya.

  • Asuransi rekayasa (Engineering Insurance)

Asuransi rekayasa adalah asuransi yang memberikan penggantian atas kerugian terhadap objek konstruksi selama masa konstruksi akibat kecelakaan dan lainnya.

  • Asuransi pengangkutan barang (Marine Cargo Insurance)

Asuransi pengangkutan barang adalah asuransi yang memberikan penggantian atas kerugian yang terjadi pada saat penangkutan barang dari satu tempat ke tempat lainnya selama masa pengangkutan.

  • Asuransi rangka kapal (Marine Hull Insurance)

Asuransi rangka kapal adalah asuransi yang memberikan penggantian atas kerugian pada kapal, mesin, dan perlengkannya; Kerugian selama pembangunan kapal di galangan kapal sampai penyerahan kepada pemilikinya; Kerugian pada galangan kapal saat membuat atau memperbaiki kapal.

  • Asuransi Aneka (General Accident)

Asuransi aneka adalah asuransi yang memberikan penggantian atas kerugian yang bisa disebabkan oleh berbagai hal dan dalam berbagai bentuk seperti asuransi tanggung gugat, asuransi uang yang disimpan pada brankas, Asuransi kecelakaan diri, Asuransi kebongkaran, asuransi advertising, asuransi penerbangan, asuransi minyak dan gas.

Manfaat Asuransi

Pengertian Asuransi - Unsur, Jenis, dan Manfaatnya
Manfaat Asuransi

Pada dasarnya asuransi memiliki banyak sekali manfaat tergantung jenis produk asuransi yang digunakan. Secara umum berikut ini 5 manfaat asuransi:

  1. Mengalihkan risiko
  2. Memberikan rasa aman
  3. Membantu mengelola keuangan
  4. Memberikan tabungan masa depan
  5. Memberikan jaminan perlindungan risiko.

Demikian pembahasan tentang pengertian asuransi, Unsur, Jenis dan Manfaatnya semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan tentang bisnis asuransi.

Baca Juga