Pengertian Asteroid, Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Melihat Asteroid dari Bumi
Asteroid atau yang biasa disebut dengan istilah planetoid merupakan benda langit berbentuk padat dengan ukuran kecil yang ada di dalam tata surya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian asteroid berikut ini.

Terdapat jutaan asteroid di dalam sistem tata surya kita. Banyak yang mengatakan kalau asteroid sebenarnya adalah sisa sisa dari sebuah planet yang hancur. Benarkah demikian? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian asteroid, ciri-ciri asteroid, jenis-jenis asteroid, contoh asteroid, dan cara melihat asteroid dari bumi berikut ini.

Pengertian Asteroid

Pengertian Asteroid, Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Melihat Asteroid dari Bumi
Pengertian Asteroid

Asteroid atau yang biasa disebut dengan istilah planetoid merupakan benda langit berbentuk padat dengan ukuran kecil yang ada di dalam tata surya. Asteroid sering disamakan dengan istilah komet, padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Komet memiliki ekor, sedangkan asteroid tidak. Berikut ini adalah pengertian asteroid menurut para ahli:

1. Menurut ahli astronomi

Pengertian asteroid menurut ahli astronomi adalah sisa-sisa dari planet yang meledak setelah mengorbit matahari di antara orbit-orbit planet Mars dan Yupiter.

2. Menurut Wikipedia

Pengertian asteroid menurut Wikipedia adalah benda yang berukuran lebih kecil daripada planet , tapi masih lebih besar daripada meteoroid. Pada umumnya, asteroid ada di bagian dalam Tata Surya.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian asteroid menurut KBBI adalah benda langit berukuran kecil atau anggota tata surya yang jumlahnya puluhan ribu dan menempati ruang di antara planet Mars dan Yupiter. Asteroid juga dikenal dengan sebutan planetoid.

Ciri- ciri Asteroid

Pengertian Asteroid, Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Melihat Asteroid dari Bumi
Ciri-Ciri Asteroid

Benda- benda langit jika dipantau dari bumi dengan jarak yang sangat jauh maka semuanya akan terlihat sama saja yaitu berkelip- kelip. Padahal, sebenarnya benda-benda langit memiliki bentuk yang berbeda-beda. Tak seperti planet yang berbentuk bulat di kedua kutubnya, asteroid mempunyai bentuk yang tak beraturan. Asteroid akan lebih mudah untuk kita pahami jika kita telah mengetahui apasaja ciri- ciri yang dimiliki asteroid. Beberapa ciri- ciri dari asteroid antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bentuknya tidak beraturan

Tak seperti planet, asteroid mempunyai bentuk yang tak beraturan. Asteroid memiliki bentuk yang mirip dengan batuan kecil yang berwarna- warni, yang biasanya digunakan untuk menghias aquarium. Bentuknya kadang-kadang lonjir, terkadang bulat namun bersudut- sudut. Hal ini terjadi karena asteroid merupakan batu ruang angkasa. Selain itu, permukaan asteroid juga tidak rata, karena terdapat lubang ataupun kawah.

2. Mengorbit pada matahari

Tak hanya planet saja, asteroid juga mengorbit mengelilingi matahari. Asteroid mempunyai lintasannya sendiri yang berbentuk lonjong atau elips untuk mengorbit matahari. Saat berputar mengelilingi matahari, asteroid terus berputar- putar hingga terkadang ia terjatuh tak tentu arah. Kondisi yang seperti inilah yang terkadang menimbulkan bahaya karena jika menabrak bumi maka permukaan bumi bisa rusak dan tentunya akan merusak kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi.

3. Tersusun atas debu dan es

Material yang menyusun asteroid terdiri dari debu dan juga es. Debu- debu mengalami proses pembekuan karena keberadaan es, ditambah lagi jaraknya tergolong cukup jauh dari posis matahari. Debu dan partikel ini bentuknya sangat keras sehingga mengakibatkan asteroid tergolong sebagai benda berbentuk keras yang cukup berbahaya.

4. Mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada planet kerdil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asteroid merupakan benda langit yang mempunyai ukuran kecil. Ukuran asteroid jauh lebih kecil daripada planet kerdil yang dulu dikenal sebagai planet pluto. Asteroid memiliki diameter berukuran sekitar 1 mil hingga 60 mil.

5. Jumlah terbanyak asteroid terdapat di sabuk asteroid, yaitu di antara Mars dan Jupiter

Jumlah asteroid sangat banyak di luar angkasa. Pasalnya, asteroid tersebar di seluruh penjuru langit, namun jumlahnya paling banyak terdapat di sabuk asteroid, yakni di antara orbit planet Mars dan Jupiter. Pada sabuk asteroid ini, jumlah asteroid yang ada sekitar 750.000 asteroid.

6. Benda langit yang tidak aktif

Meskipun bergerak bebas di angkasa, asteroid sebenarnya merupakan salah satu benda langit yang tidak aktif. Benda langit yang satu ini hanya mengorbit mengelilingi matahari saja dan tidak aktif seperti halnya meteor.

7. Mempunyai suhu sangat dingin

Asteroid tergolong sebagai benda langit yang suhunya sangat dingin. Suhu yang dimiliki asteroid bisa mencapai -73 derajat Celcius.

8. Mempunyai permukaan yang berbatu

Asteroid mempunyai permukaan yang tidak halus dan juga berbatu. Selain itu, permukaan asteroid juga banyak terdapat kawah.

Jenis- jenis Asteroid

Pengertian Asteroid, Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Melihat Asteroid dari Bumi
Jenis-Jenis Asteroid

Berikut ini adalah jenis-jenis asteroid yang ada dalam Tata Surya kita:

1. Jenis C (karbon yang keabu- abuan), adalah jenis asteroid yang tersusun atas tanah liat dan batuan silikat. Asteroid jenis ini kebanyakan ditemukan di luar sabuk utama.
2. Jenis S (asteroid silicaceous), adalah jenis asteroid yang terbuat dari bahan besi dan nikel. Asteroid jenis ini kebanyakan ditemukan di sabuk dalam.
3. Jenis M (asteroid metalik), adalah jenis asteroid yang terbuat dari besi dan nikel yang warnanya kemerah-merahan. Kebanyakan asteroid jenis ini berada di tengah sabuk utama.
4. Jenis V, adalah jenis asteroid yang tersusun dari batuan basaltik dan kerak vulkanik.

Contoh Asteroid

Pengertian Asteroid, Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Melihat Asteroid dari Bumi
Contoh Asteroid

Ada banyak sekali asteroid yang telah teridentifikasi oleh ilmuwan-ilmuwan bumi. Tak sedikit asteroid yang bahkan sudah diberi nama. Berikut ini adalah beberapa contoh asteroid yang sudah diberi nama oleh para ilmuwan antara lain: Ceres, PallasVesta, Hygiea, Interamnia, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Litosfer, Fungsi, Pembagian, Komposisi, dan Macam-Macam Batuan Penyusunnya.

Cara melihat Asteroid dari Bumi

Pengertian Asteroid, Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Melihat Asteroid dari Bumi
Cara Melihat Asteroid dari Bumi

Di langit, khususnya pada saat malam hari, akan sangat sulit bagi kita untuk bisa membedakan bintang dan benda langit lain selain bintang. Apalagi jika menggunakan mata telanjang, akan sangat sulit bagi kita untuk mengetahui bentuk asli yang dimiliki benda- benda langit. Kita membutuhkan sebuah alat khusus agar bisa menikmati pemandangan langit. Alat khusus ini bernama teleskop. Teleskop atau yang biasa disebut juga dengan istilah teropong bintang sering digunakan manusia untuk melihat bintang. Lantas, bagaimana cara kita melihat asteroid?
Sebenarnya, kita tak bisa melihat asteroid setiap waktu. Pasalnya, asteroid yang bisa kita lihat adalah asteroid yang melintas dekat dengan planet bumi. Pada kesempatan itulah, kita baru bisa mengamatinya melalui sebuah teleskop ruang angkasa.
Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian asteroid, ciri-ciri asteroid, jenis-jenis asteroid, contoh asteroid, dan cara melihat asteroid dari bumi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai asteroid.

Baca Juga