Pengertian Asam Amino, Struktur, Jenis, Sumber, dan Manfaat
Mendegar kata asam amino yang terlintas pada pikiran sebagian orang adalah protein. Asam amino memang merupakan bagian protein dari gugus amina yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak manusia.

Pengertian Asam Amino

Asam amino adalah senyawa organik yang merupakan bagian terpenting dari protein dan memiliki dua gugusan yakni amina dan karboksil. Jika dipersempit, pengertian asam amino adalah penyusun protein yang bersifat amfoterik. Artinya larutan yang menjadi basa dalam kondisi asam dan menjadi asam jika dalam kondisi basa.

Baca juga : Pengertian Protein, Sifat, Jenis, Struktur, Fungsi, Sumber, dan Manfaatnya

Struktur Asam Amino

Struktur asam amino terdiri dari atom C sebagai gugus induk dan mengikat atom lain dari gugus amina (NH2), gugus karboksil (COOH), gugus hidrogen (H), dan Residu atau sisa (R) sebagai rantai samping. Dalam ilmu biokimia struktur asam amino bisa digambarkan H2NCHRCOOH. 

Struktur asam amino
Struktur asam amino


Jenis Asam Amino

Secara umum asam amino dibagi menjadi dua bagian besar yakni asam amino esensial dan non esensial. Asam esensial diperlukan oleh tubuh namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Sedangkan asam amino non esensial bisa dibentuk sendiri oleh tubuh.

Jenis Asam Amino Esensial

1. Leusin

Untuk kecerdasan, perkembangan otak dan tubuh anak. Jenis asam amino ini juga mampu mengatur kadar gula dan keseimbangan nitrogen dalam tubuh.

2. Lisin

Berfungsi dalam mengatur dan menyebarkan vitamin B3 serta membantu melawan virus dan racun yang masuk ke dalam tubuh.

3. Isoleusin

Untuk pembentukan otot dan sumber energi tubuh. Jenis asam amino ini juga berfungsi mencegah kelainan dan kerusakan sel jaringan tubuh.

4. Valin

Valin berfungsi dalam pengendalian kekuatan otot tubuh. Mengatur jaringan dan pembuluh darah.

5. Treonin

Mengatur dan mengolah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

6. Histidin

Jenis asam amino yang berfungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Mengatasi alergi, menjaga kesehatan syaraf, membantu mengeluarkan racun, dan kesehatan reproduksi.

7. Fenilalanin

Mengatur mood dengan cara mengelola protein dan zat kimia yang masuk ke dalam tubuh.

8. Triptofan

Mengatur vitamin niacin dan mengelolanya serta menyebarkan sorotin ke semua jaringan syaraf dan otak.

9. Metionin

Mengatur zat kolin dan kreatin.

Jenis Asam Amino Non Esensial

1. Alanin

Alanin ini digambarkan sebagai pembentuk otot dan penghasil energi tubuh. Alanin juga berfungsi dalam pembentukan kekebalan tubuh.

2. Arginin

Arginin fungsinya untuk meregenerasi sel dan jaringan tubuh. Jadi asam amino jenis ini sangat diperlukan dalam penyembuhan luka. Juga berfungsi dalam produksi hormon pertumbuhan badan dan sistem imunitas tubuh.

3. Asparagin

Jenis asam amino yang berfungsi dalam keseimbangan syaraf, mengurangi kelelahan tubuh, sistem imun, dan berperan dalam sintesis DNA.

4. Asam Aspartat

Asam amino yang berfungsi dalam meningkatkan stamina tubuh, pembentukan antibodi, peningkatan aktivitas enzim, dan melindungi organ hati.

5. Sistein

Sistein berfungsi sebagai antioksidan, pelindung tubuh dari radikal bebas, senyawa penyehat rambut, untuk pertumbuhan, dan regenarasi kulit. Jenis asam amino ini termasuk yang mengandung sulfur.

6. Asam Glutamat

Struktur asam glutamat
Struktur asam glutamat

Jenis asam amino sangat berperan penting dalam mengangkut glutamat dan asam amino dalam darah. Asam glutamat juga membantu dalam proses penyembuhan luka dan mengurangi resiko kerusakan sel otak.

7. Glutamin

Glutamin berfungsi untuk kekebalan tubuh, anti depresi, berperan dalam sistem pencernaan, dan terlibat pada proses sintesis DNA.

8. Glisin

Glisin membentuk sel darah merah, merupakan bagian dari enzim yang menghasilkan energi, dan terlibat pada proses metabolisme glikogen.

9. Prolin

Berperan penting dalam mempengaruhi tingkat gizi seseorang. Prolin adalah komponen dalam penyusunan tulang rawan dan sendi. Prolin juga berfungsi dalam menjaga otot jantung.

10. Serin

Serin berperan penting dalam metabolisme lemak, pembentukan jaringan tubuh, dan pembentukan imunitas.

11. Tirosin

Tirosin dapat berfungsi mengurangi lemak dan mengendalikan nafsu makan.

Jadi secara umum, amino terdiri dari 20 jenis.

Sumber Makanan Asam Amino

1. Putih Telur
2. Daging Kalkun
3. Domba
4. Kepiting
5. Ayam
6. Ikan Tuna
7. Kedelai

Kedelai dan produk turunannya mengandung asam amino tinggi
Kedelai dan produk turunannya mengandung asam amino tinggi


8. Ikan Kod
9. Rumput Laut
10. Selada Air
11. Bayam
12. Ikan Nila
13. Daging Sapi Muda
14. Pisang
15. Alpukat
16. Mangga
17. Labu

Sumber protein asam amino
Sumber protein asam amino


18. Apel
19. Jambu Biji
20. Semangka
21. Susu
22. Keju
23. Yoghurt
24. Labu Kuning
25. Kerang
26. Udang
27. Jamur
28. Tomat
29. Bunga Kol
30. Buah Aprikot

Manfaat Asam Amino Secara Umum

1. Untuk pertumbuhan tubuh
2. Kecerdasan otak
3. Penyembuhan luka
4. Pembentukan enzim dan hormon
5. Membentuk otot tubuh
6. Mengontrol gula darah
7. Mengontrol metabolisme tubuh
8. Menjaga kesehatan tulang dan sendi
9. Untuk kekebalan tubuh
10. Pembentukan sel darah
11. Untuk kesehatan kulit dan rambut
12. Mempercepat pemulihan
13. Membantu regenerasi sel dan jaringan tubuh
14. Menjaga kesehatan organ vital sepeti jantung, hati, otak, dan ginjal.

Sumber makanan yang mengandung asam amino
Sumber makanan yang mengandung asam amino

Akibat Kekurangan Protein Asam Amino

1. Mudah kelelahan
2. Kurang konsentrasi
3. Luka sulit sembuh
4. Mudah terserang penyakit
5. Kadar gula tidak menentu
6. Organ tubuh mudah sakit
7. Tulang mudah keropos
8. Otot kurang berenergi
9. Sensitif terhadap makanan dan cuaca
10. Mudah terkena alergi
11. Suka cemas dan rentan depresi
12. Mudah kelaparan
13. Rentan terkena anemia
14. Persendian suka ngilu
15. Gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung
16. Resiko perdarahan saat melahirkan
17. Resiko gangguan pada janin

Agar metabolisme dan kesehatan tubuh tetap terjaga, penuhi asupan protein asam amino secara rutin. Asam amino bersifat mudah hilang dan tidak dapat bertahan lama dalam tubuh. Jadi sebaiknya setiap hari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam amino.

Baca Juga