Pengertian Artikel  , Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya
Artikel dapat dengan mudah kita temukan di berbagai media cetak maupun elektronik. Meski begitu banyak yang masih belum paham lebih jauh tentang apa itu artikel. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan tentang pengertian, ciri-ciri, jenis, tujuan, manfaat dan cara membuat artikel berikut ini.

Artikel merupakan suatu tulisan yang berisi gagasan atau fakta untuk menyampaikan sebuah berita dalam berbagai topik yang biasanya dapat kita temukan dengan mudah dalam website, majalah, surat kabar, dan bahkan dapat dibagikan melalui jejaring sosial pada era modern seperti sekarang ini.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan tentang pengertian, ciri-ciri, jenis, tujuan, manfaat dan cara membuat artikel, seperti yang akan kita ulas berikut ini.

Pengertian Artikel

Artikel - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya
Pengertian Artikel

Artikel adalah sebuah karya tulisan atau karangan yang bertujuan menyampaikan suatu fakta yang bermaksud untuk meyakinkan maupun menghibur para pembaca.

Adapun pendapat para ahli tentang pengertian artikel, berikut ini:

• Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.

• Menurut The America Heritage Desk Dictionary

Artikel adalah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan seperti laporan esai.

• Menurut Rillan E. Wolseley

Artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu. Bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan menghibur.

• Menurut Webster's Collegiate Thesaurus

Artikel adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey.

• Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia

Artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

• Menurut Wikipedia

Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku. Kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka, maupun hasil pengembangan projek.

• Menurut Al - 'Aqli

Artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu. Setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga pembaca dapat mengambil intisari dari sebuah karangan yang ditulis penulis.

• Menurut Sumandiria

Artikel merupakan tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan dan menghibur para pembaca. 

Ciri-Ciri Artikel

Artikel - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya
Ciri-Ciri Artikel

• Isi tulisan didasari fakta bukan sekedar mitos yang belum terjamin kebenarannya.

• Bersifat faktual dan informative, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

• Artikel ilmiah juga memiliki opini atau analisa pemikiran-pemikiran penulis. Akan tetapi pemikiran itu dikuatkan atau didasari oleh data valid berupa hasil penelitian sebelumnya. teori, maupun fakta yang ditulis kedalam artikel.

• Menggunakan metode penulisan yang sistematis. Dengan tujuan agar semua informasi dalam artikel dapat diterima masyarakat luas.

• Menggunakan ragam bahasa yang resmi dan baku. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis, denotatif dan efektif akan membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat dan berisi.

Jenis-Jenis Artikel

Artikel - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya
Jenis-Jenis Artikel

• Narasi

Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Didalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

• Deskripsi

Karangan ini berisi gambaran suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar atau merasakan hal tersebut.

• Argumentasi

Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat, kesimpulan dengan fakta ataupun data sebagai alasan serta bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

• Persuasi

Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi, pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangan.

Baca Juga: Cerpen - Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, Unsur dan Cara Membuatnya

Tujuan Artikel

Artikel - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya
Tujuan Artikel

Tujuan penulisan artikel ilmiah lebih kepada mencapai suatu hal yang dituliskan dalam isi tersebut.

Mendeskripsikan cara menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan dan diteliti.

Mendeskripsikan pembatasan ruang lingkup artikel ilmiah tersebut.

Manfaat Artikel

Artikel - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya
Manfaat Artikel

Selain untuk media menjelaskan suatu perihal, artikel juga memiliki beberapa manfaat seperti berikut:

• Sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif.

• Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur.

• Memahami tujuan menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai. 

• Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.

• Memberi dampak akademis bagi pembaca.

Cara Membuatnya

Artikel - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya
Cara Membuatnya

Selain dari beberapa penjelasan seperti diatas, yang lebih utama sekarang adalah cara membuat artikel. Karena ada karakteristik tertentu yang harus diperhatikan, berikut.

1. Menguji Gagasan

Sebelum menulis sebuah artikel, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah topik yang akan dibahas serta menguji beberapa gagasan. Pastikan seberapa jauh nantinya anda bisa mengulas atau menjabarkan keterkaitan topik pada artikel yang akan dibuat. Berikut 5 pola yang harus anda gunakan, menurut Slamet Soesono.

• Pola Penggarapan Artikel 

Ketika hendak menulis artikel kita tidak hanya dihadapkan pada satu kemungkinan.

• Pola Pemecahan Topik

Untuk memecahkan topik yang masih berada dalam lingkup pembicaraan yang masih menjadi subtopic atau masih samar kejelasannya, sehingga butuh di analisa lebih lanjut. Pola ini lebih dahulu mengemukakan masalah yang masih berada dalam lingkup pokok pembahasan, kemudian menganalisa pemecahan masalah yang dikemukakan.

• Pola Kronologi

Pola ini menggambarkan topik yang menurut urutan suatu peristiwa yang terjadi. Nantinya akan membuat situasi apa yang akan dibahas menjadi sedikit lebih jelas.

• Pola Pendapat

Pola ini bisa dipakai jika penulis yang bersangkutan hendak mengemukakan pendapat pribadi tentang topik yang sedang diulasnya.

• Pola Perbandingan

Pola ini mengandung dua aspek atau bisa lebih dalam suatu topik, serta menunjukan persamaan dan perbedaan yang dapat menjadi referensi karya ilmiah yang akan ditulis. Pola perbandingan sering digunakan dalam menyusun tulisan untuk mempermudah hasil akhir dari pembahasan sebuah artikel yang berkualitas.

2. Menulis Pendahuluan

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membuat bagian pendahuluan dari sebuh sebuah artikel, karena akan menjadi sangat penting untuk menarik minat pembaca. Berikut cara alternatif dalam mengawali penulisan.

• Ringkasan

Mengemukakan pendahuluan berbentuk ringkasan dari isi secara garis besar.

• Pertanyaan yang Menonjol

Membuat pertanyaan yang berisi ketertarikan atau polemik agar pembaca merasa tertarik untuk membaca.

• Pelukisan

Seolah menggambarkan fakta dan kejadian, sehingga membuat para pembaca merasa penasaran dan ingin lebih jauh mengetahui isi dari artikel tersebut.

• Anekdot

Pembukaan jenis ini menjadi daya tarik tersendiri karena dapat membuat selingan tulisan nonfiksi seolah menjadi fiksi.

• Pertanyaan

Pendahuluan jenis ini menjadi awalan yang dianggap bagus karena membuat keingintahuan pembaca menjadi lebih besar.

• Kutipan Orang Lain

Kutipan dari seseorang biasanya akan membuat pembaca menjadi terkesan, sekaligus secara garis besar akan memahami apa yang akan disampaikan dalam artikel.

Amanat Langsung

Pendahuluan seperti ini akan menjadi peranan yang bagus disampaikan penulis sehingga dapat membuat pembaca menjadi merasa akrab seolah itu ditujukan untuk perorangan yang mungkin juga mengalami hal serupa.

3. Menulis Bagian Pembahasan Topik

Dalam menulis tentang pembahasan topik yang akan diulas, usahakan untuk membuat subjudul agar para pembaca tidak cepat merasa bosan. Dengan kehadiran subjudul akan menjadi penyegar dalam sebuah tulisan.

4. Penutupan Artikel

Bagian terpenting dari sebuah artikel adalah penutupan. Dimana di dalamnya memuat kesimpulan isi artikel secara keseluruhan yang menjurus pada amanat, ajakan maupun saran.

5. Periksa Isi Artikel

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan terhadap artikel yang telah dibuat. Apakah sudah memenuhi standar yang baik dalam kepenulisan, maupun apa yang ingin kita sampaikan terlihat dengan jelas atau tidak.

Baca Juga