Pengertian Argumentasi, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya
Argumentasi merupakan bentuk penulisan pendapat atau paragraf di dalam sebuah kalimat yang menerangkan suatu penjelasan, alasan, bukti, dan juga pro dan kontra, yang diikuti dengan alasan-alasan objektif, fakta sebenarnya yang nyata dan valid. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian argumentasi berikut ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering sekali berbagi pendapat dengan orang lain, terutama saat membahas tentang objek atau subjek tertentu. Salah satu caranya adalah dengan membuat argumentasi. Lantas, apa itu pengertian argumentasi yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian argumentasi, ciri-ciri argumentasi, struktur argumentasi, jenis-jenis argumentasi, dan contoh argumentasi berikut ini.

Pengertian Argumentasi

Pengertian Argumentasi, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya
Pengertian Argumentasi

Apa itu pengertian argumentasi? Argumentasi sebenarnya berasal dari argumen yang artinya alasan atau sanggahan yang digunakan untuk menolak suatu pendapat atau ide orang lain dengan mengemukakan alasan yang terbilang masuk akal dan objektif. Secara umum, argumentasi diartikan sebagai bentuk penulisan pendapat atau paragraf di dalam sebuah kalimat yang menerangkan suatu penjelasan, alasan, bukti, dan juga pro dan kontra, yang diikuti dengan alasan-alasan objektif, fakta sebenarnya yang nyata dan valid, dengan tujuan untuk meyakini si pembaca sehingga mereka merasa simpati, terpengaruh, dan berpendapat yang sama dengan si penulis.

Ciri-Ciri Argumentasi

Pengertian Argumentasi, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya
Ciri-Ciri Argumentasi

Untuk mengetahui apakah suatu tulisan termasuk argumentasi atau bukan, kamu perlu memahami terlebih dahulu apasaja ciri-ciri pokok kalimat argumentasi. Pasalnya, tidak semua kalimat yang merujuk pada kalimat sanggahan tergolong sebagai kalimat argumentasi. Memang ketika menyanggah sesuatu dengan memberikan argumentasi tak berbeda jauh. Akan tetapi, ada satu perbedaan yang paling mencolok di antara kalimat sanggahan dengan kalimat argumentasi, yaitu alasan yang objektif. Berikut ini adalah ciri-ciri pokok argumentasi:

1. Berisi gagasan, ide, pandangan, atau sudut pandang seseorang tentang suatu permasalahan.

2. Berisi data-data yang resmi, valid, mengandung fakta sebenarnya, objektif, ataupun hasil riset para ilmuan demi memperkuat argumen yang dikemukakan sehingga pada akhirnya pembaca akan merasa yakin dengan pendapat tersebut.

3. Merumuskan suatu permasalahan dengan cara yang kritis, logis, analitis, dan analog.

4. Ditutup dengan pembahasan secara keseluruhan atau adanya kesimpulan menyeluruh tentang suatu permasalahan dan juga solusi tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Struktur Argumentasi

Pengertian Argumentasi, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya
Struktur Argumentasi

Secara umum, terdapat 3 urutan struktur teks dalam membuat atau menulis kalimat argumentasi. Urutan ini tidak boleh diacak atau dibolak-balik karena jika hal ini dilakukan, maka isi teks akan menjadi sulit untuk dipahami. Keadaan ini akan membuat pembaca bingung dan bisa jadi mereka malah salah paham. Struktur teks argumentasi dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah (pengenalan masalah). Kalimat yang digunakan biasanya cukup menarik, memakai gaya bahasa yang sedemikian rupa demi menarik perhatian para pembaca.

2. Isi atau badan

Bagian isi argumentasi berisi pendapat, ide, gagasan, atau sudut pandang yang disertai dengan fakta yang mendukung sekaligus membuktikan kalau gagasan itu benar adanya.

3. Penutup

Bagian penutup argumentasi terdiri atas kesimpulan akhir, berupa kesimpulan yang masuk akal dan bisa diterima oleh pembaca.

Jenis-Jenis Argumentasi

Pengertian Argumentasi, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya
Jenis-Jenis Argumentasi

Berdasarkan cara mengembangkan topik utama, argumentasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu paragraf argumentasi sebab dan akibat, serta paragraf argumentasi akibat dan sebab.

1. Paragraf Argumentasi Sebab dan Akibat

Paragraf argumentasi jenis ini diawali dengan suatu pendapat yang merupakan sebab dari permasalahan tertentu yang pada akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum, yang merupakan akibat dari sebab tersebut.

2. Paragraf Argumentasi Akibat dan Sebab

Paragraf argumentasi akibat dan sebab merupakan kebalikan dari paragraf argumentasi sebab dan akibat. Paragraf ini memiliki pola akibat dan sebab, di mana awalnya menjelaskan dampak dari suatu permasalahan. Kemudian paragraf dikembangkan menuju suatu pokok permasalahan dan juga menjadi pemicu terjadinya kejadian tadi.

Baca Juga: Pengertian Gotong Royong, Faktor, Jenis, Manfaat dan Tujuan, Nilai-Nilai, Serta Contohnya.

Contoh Argumentasi

Pengertian Argumentasi, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya
Contoh Argumentasi

Berikut ini adalah beberapa contoh argumentasi yang perlu kamu ketahui:

1. Contoh Argumentasi tentang Pendidikan

Sekarang ini, pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh bila dibandingkan dengan pendidikan yang berada di negara lainnya. Untuk masalah pendidikan ini, Indonesia masih kalah dengan negara tetangga, siapa lagi kalau bukan Singapura dan Malaysia. Hal sejenis ini bisa kita lihat dari banyaknya penduduk di Singapura dan Malaysia yang sanggup mengenyam pendidikan hingga ke tingkatan perguruan tinggi.

Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang bisa merasakan pendidikan saja masih tertinggal jauh dengan negara lainnya. Apalagi jika kita membicarakan pendidikan di daerah-daerah pelosok, seperti NTB, NTT, Papua, dan lain sebagainya. Tertinggalnya pendidikan pada daerah-daerah tersebut disebabkan karena pendidikan di Indonesia yang tak merata. Pemerintah terlihat hanya membangun fasilitas pendidikan di area perkotaan.

Selain itu, jumlah guru di daerah pelosok yang masih terbatas juga ikut menyumbang semakin tertinggalnya akses pendidikan di wilayah tersebut. Hasilnya, pendidikan di negara kita menjadi tidak merata dan bisa dikatakan tertinggal jauh sehingga tak bisa bersaing dengan negara-negara lain.

2. Contoh Argumentasi tentang Sekolah

Sekolah SMA Sultan Agung 8 meraih penghargaan sebagai sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Sekolah ini menghasilkan banyak siswa-siswi berprestasi. Hal sejenis ini terbukti dengan banyaknya juara-juara Olimpiade yang sukses dari sekolah ini. Selain itu, prestasi membanggakan lainnya juga berdatangan dari berbagai bidang, mulai dari ekonomi akuntasi, otomotif, hingga olahraga.

Tahun lalu, sekolah ini mengirimkan beberapa atlet sebagai wakil Indonesia dalam ajang Sea Games untuk kategori lompat jauh. Mereka tidak gentar karena atlet yang dikirimkan sebelumnya telah mengikuti kompetisi lomba lompat jauh tingkat internasional di Inggris. Prestasi yang membanggakan ini tentu saja tidak terjadi begitu saja. Semua ini bisa terjadi karena adanya kerja keras dari para dewan guru dan juga pihak komite sekolah yang selalu berkomitmen agar bisa menghasilkan peserta didik dengan nilai kelulusan terbaik.

Demikianlah pengertian argumentasi, ciri-ciri argumentasi, struktur argumentasi, jenis-jenis argumentasi, dan contoh argumentasi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai argumentasi.

Loading...

Baca Juga