Pengertian Animasi - Jenis dan Prinsipnya
Animasi merupakan salah satu jenis film yang banyak digemari kalangan anak-anak dan remaja. Animasi sendiri dibuat dengan memberikan efek-efek tertentu sehingga sebuah gambar tampak hidup. Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian animasi, jenis animasi dan prinsip animasi berikut ini!

Kamu mungkin salah satu pecinta film animasi atau biasa disebut anime, atau bisa jadi tertarik untuk membuat sebuah film animasi. Pada dasarnya animasi bukan hanya tentang sebuah film tetapi lebih kepada seni desain grafis dalam menhasilkan sebuah gambar dengan efek tertentu. Animasi memungkinkan sebuah gambar dapat bergerak atau hidup dengan adanya pemberian efek gerakan dengan pola-pola tertentu. Untuk menghasilkan sebuah animasi yang keren maka dibutuhkan teknik tertentu.

Pembahasan lengkap tentang pengertian animasi, jenis animasi dan prinsip animasi dapat anda lihat pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Animasi

Pengertian Animasi - Jenis dan Prinsipnya
Pengertian Animasi

Pengertian animasi bisa dilihat dari asal katanya yaitu Anima yang berarti memberi nyawa. Jadi animasi dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk memberikan gerakan pada gambar secara teratur dengan mengikuti pola tertentu sehingga tampak hidup.

Animasi Stop Motion

Pengertian Animasi - Jenis dan Prinsipnya
Animasi Stop Motion

Jenis animasi pertama adalah stop motion atau biasa juga dikenal dengan istilah Clay-mation (Clay Animation). Jenis animasi dengan menggunakan teknik stop motion ini bertujuan untuk memanipulasi objek agar tampak terlihat bergerak sendiri. Teknik ini ditemukan oleh Stuart Blankton pada tahun 1906 dan sampai sekarang menjadi dasar dalam pembuatan film animasi.

Animasi Tradisional

Pengertian Animasi - Jenis dan Prinsipnya
Animasi Tradisional

Animasi tradisional merupakan jenis animasi yang sepenuhnya dibuat oleh tangan. Jenis animasi ini ditemukan pada film-film animasi abad ke 20-an seperti Phinokio dan dan Akira. Jenis animasi ini sudah jarang ditemukan karena pembuatannya yang memakan waktu lama, selain itu ditemukannya jenis animasi lain yang menghasilkan gambar lebih baik.

Animasi 3 Dimensi

Pengertian Animasi - Jenis dan Prinsipnya
Animasi 3 Dimensi

Animasi 3 Dimensi atau 3D merupakan perkembangan dari dunia film animasi. Jenis animasi ini melibatkan komputer atau digital generator dalam pembuatannya. Jenis animasi ini sudah sangat banyak digunakan saat sekarang ini karena lebih menarik dengan adanya bentuk, volume, dan ruang sehingga objek bisa dilihat dari berbagai arah. Film-film animasi jenis ini bisa dilihat pada film Ipin Upin, Toy Story, dan Adit & Jarwo.

Animasi Kombinasi

Pengertian Animasi - Jenis dan Prinsipnya
Animasi Kombinasi

Animasi kombinasi merupakan jenis animasi yang menggabungkan berbagai teknik atau jenis animasi lain. Tujuannya adalah untuk menghasilkan suatu tampilan objek yang lebih menarik dengan kesan yang bisa didapatkan juga luar biasa. Jenis animasi ini dapat dilihat pada film Harry Poter, Space jam, dan Titan.

Baca juga: 16 Film Animasi Yang Bersifat Mendidik dan Edukatif.

Prinsip Animasi

Pengertian Animasi - Jenis dan Prinsipnya
Prinsip Animasi

Untuk menghasilkan sebuah karya film animasi yang baik maka perlu memperhatikan prinsip-prinsip pembuatan sebuah animasi. Prinsip ini berhubungan dengan metode yang digunakan dalam pembuatan karakter, gerakan, pencahayaan dan waktu. Selengkapnya silahkan simak pembahasan masing-masing prinsip animasi berikut ini!

1. Squash And Strech

Prinsip animasi pertama yang snagat penting adalah Squash and strech. Prinsip animasi ini merupakan penambahan efek lentur pada objek sehingga tampak lebih hidup. Misalnya pada bola yang memantul tampak mengkerut.

2. Anticipation

Prinsip berikutnya adalah anticipation atau biasa disingkat dengan antiq. Prinsip ini memberikan persiapan sebelum aksi yang sebenarnya terjadi. Misalnya membuat awalan untuk objek yang akan bergerak.

3. Follow Through And Overlapping Action

Prinsip follow through and overlapping action diberikan untuk memberikan gambaran tentang anggota badan atau aksesoris yang bergerak mengikuti pergerakan objek. Contohnya rambut yang masih tetap bergerak meskipun objek (tokoh) sudah berhenti berlari.

4. Secondary Action

Secondary action  merupakan prinsip animasi yang memberikan gerakan tambahan pada anggota badan untuk menggambarkan suasana hati tokoh. Misalnya kepalan tangan saat mempertunjukkan adegan marah.

5. Timing

Timing merupakan salah satu prinsip penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi. Timing akan menentukan kesesuaian antara gerakan dialog dan ekspresi yang digambarkan. Timing akan menentukan kapan sebuah objek harus bergerak dan berhenti.

6. Exaggeration

Prinsip animasi yang membuat sebuah film animasi menjadi lebih menarik adalah exaggeration. Prinsip ini merupakan sebuah upaya memberikan gaya hiperbolis pada objek sehingga ada gerakan tambahan yang dilebih-lebihkan. Contohnya adalah penggambaran rasa sakit kepala karena kejatuhan benda bisa dibuat dengan menambahkan pergerakan benjolan merah.

7. Slow In And Slow Out

Slow in and slow out merupakan prinsip animasi yang sangat erat hubungannya dengan timing. Prinsip ini menentukan kapan perlambatan atau percepatan gerakan sehingga penggambarannya tepat.

8. Staging

Staging juga merupakan prinsip animasi yang erat hubungannya dengan timing. Staging merupakan cara menampilkan pergerakan secara keseluruhan untuk menyampaikan emosi dan suasana secara keseluruhan. 

9. Straight Ahead Action

Straight Ahead action merupakan metode dengan menggambar secara berurutan mulai dari gambar pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya sampai selesai satu adegan.

10. Pose to pose

Pose to pose merupakan pilihan metode lain yang bisa digunakan dengan menyiapakan gerakan utama terlebih dahulu. Setelah gerakan utama sudah dipersiapkan semuanya barulah ditambahkan gerakan-gerakan lainnya.

11. Arcs

Arcs merupakan prinsip animasi yang mengatur pergerakan tubuh manusia binantang atau makhluk hidup lain yang memiliki jalur tertentu. Misalnya pada pergerakan tangan, bola mata, cara memutar kepala dan lain sebagainya.

12. Appeal

Prinsip penting dalam animasi lainnya adalah Appeal. Prinsip ini adalah tentang bagaimana cara menciptakan sebuah karakter dalam animasi. Cara membangun karakter, agar setiap karakter yang diciptakan bisa saling memiliki kontribusi satu sama lainnya dalam mendukung cerita.

13. Solid Drawing

Solid Drawing merupakan prinsip animasi yang menentukan sebuah gambar yang dibuat terlihat hidup dan tidak kaku. Prinsip ini berhubungan dengan efek pencahayaan yang diberikan dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi.

Demikian pembahasan tentang pengertian animasi, jenis animasi dan prinsip animasi. Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan.

Baca Juga