Administrasi - Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup dan Jenisnya
Administrasi merupakan seluruh proses untuk melakukan kegiatan ketatausahaan, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya dengan menggunakan berbagai sarana dan prasarana. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian administrasi, ciri administrasi, fungsi administrasi, tujuan administrasi, manfaat administrasi, ruang lingkup administrasi, dan jenis administrasi berikut ini.

Setiap perusahaan biasanya melakukan kegiatan administrasi untuk mengetahui seperti apa perkembangan atau penjualan yang dimiliki perusahaan tersebut. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian administrasi, ciri administrasi, fungsi administrasi, tujuan administrasi, manfaat administrasi, ruang lingkup administrasi, dan jenis administrasi berikut ini.

Pengertian Administrasi

Administrasi - Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup dan Jenisnya
Pengertian Administrasi

1. Pengertian administrasi menurut Siagian

Administrasi merupakan seluruh proses untuk melakukan kegiatan ketatausahaan, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya dengan menggunakan berbagai sarana dan prasarana.

2. Pengertian administrasi menurut George Terry

Administrasi merupakan kegiatan perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan juga penggerakan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. Pengertian administrasi menurut Willam Leffingwell dan Edwin Robinson

Administrasi merupakan suatu jenis ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor secara efisien.

4. Pengertian administrasi menurut Ulbert

Administrasi merupakan pencatatan dan penyusunan data secara sistematis, dengan tujuan untuk menyediakan informasi dan memudahkan orang dalam mendapatkan kembali informasi tersebut. Administrasi juga sering dikenal dengan sebutan tata usaha.

5. Pengertian administrasi menurut Munawardi Reksohadiprawiro

Administrasi merupakan tata usaha yang mengatur sejumlah hal secara cepat dan sistematis, serta menentukan fakta-fakta secara tertulis agar memperoleh pandangan menyeluruh dan juga hubungan timbal balik antara sebuah fakta dengan fakta-fakta lainnya.

Ciri-Ciri Administrasi

1. Terdapat sekelompok manusia (minimal dua orang).
2. Terdapat kerjasama.
3. Terdapat proses atau usaha.
4. Terdapat bimbingan, kepemimpinan, dan juga pengawasan.
5. Memiliki tujuan.

Fungsi Administrasi

Administrasi - Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup dan Jenisnya
Fungsi Administrasi

Administrasi memiliki beberapa fungsi penting dalam suatu organisasi, yaitu:

1. Planning (perencanaan)

Planning artinya menyusun dan merumuskan sejumlah rencana untuk keperluan administrasi sebuah organisasi, seperti mengumpulkan data, mengolah data, menyusun rencana, dan lain sebagainya. Biasanya hal ini dilakukan oleh beberapa staf perencana, kendati demikian penetapannya dilakukan oleh pihak manajemen.

2. Organizing (pengorganisasian)

Organizing adalah kegiatan pengorganisasian di mana terbentuk dan tersusun suatu hubungan kerja antara sekelompok orang demi mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

3. Leading (kepemimpinan)

Kepemimpinan adalah fungsi manajemen yang mempengaruhi dan memotivasi karyawan agar mau meraih tujuan organisasi.

4. Controlling (pengendalian)

Pengendalian berarti memantau atau mengawasi aktivitas karyawan, agar bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, serta membuat perbaikan jika diperlukan.

5. Budgeting

Budgeting merupakan fungsi administrasi yang merencanakan dan mengelola segala hal yang berkaitan dengan keuangan atau anggaran.

Tujuan Administrasi

Administrasi - Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup dan Jenisnya
Tujuan Administrasi

Berikut ini adalah beberapa tujuan dilakukannya administrasi:

1. Agar pemilik usaha bisa memantau kegiatan administrasi perusahaannya.

2. Agar pengelola usaha bisa mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan perusahaan.

3. Agar pengelola usaha bisa merencanakan, mengembangkan usaha serta mengorganisasikan usaha dengan baik.

4. Agar pengelola usaha bisa mengamankan kegiatan usaha dan juga perusahaan.

Baca Juga: Lembaga Sosial - Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Syarat, Sifat dan Jenisnya.

Manfaat Administrasi

Kegiatan administrasi sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis maupun investor. Berikut adalah beberapa manfaat dari administrasi:

1. Mengetahui berapa keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan

Dengan melakukan administrasi, kamu akan tahu berapa jumlah keuntungan yang kamu peroleh secara pasti. Karena catatan dalam setiap transaksi penjualan dan pembelian merupakan bukti atau data yang jelas.

2. Menghindari resiko kerugian

Dengan melakukan administrasi, kamu bisa mengetahui dengan mudah berapa harga pembelian dari suatu persediaan. Kamu jadi terhindar dari resiko kerugian akibat menetapkan harga penjualan yang terlalu rendah.

3. Data untuk mengembangkan bisnis

Administrasi akan membantu pemilik usaha untuk mengetahui persentase pertumbuhan bisnis yang ia miliki. Jika data administrasi perusahaan menunjukkan penjualan usaha yang tinggi, si pemilik bisa melakukan penambahan modal untuk mengembangkan usaha.

4. Data penting untuk investor

Jika bisnis yang kamu miliki maju, kamu mungkin akan membutuhkan investor untuk mendapatkan penambahan modal. Investor ini bisa berupa perorangan atau lembaga seperti bank, koperasi dan lain sebagainya. Siapapun investor yang kamu pilih, mereka pasti menginginkan data konkret untuk mengetahui seperti apa kemajuan usaha anda. Kalau kamu telah melakukan kegiatan administrasi, kamu tidak perlu bersusah payah lagi untuk mencari data karena data tersebut telah kamu miliki.

Ruang Lingkup Administrasi

Administrasi - Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup dan Jenisnya
Ruang Lingkup Administrasi

Menurut Gie, administrasi memiliki ruang lingkup sebagai berikut:

1. Menghimpun

Menghimpun berarti kegiatan mencari dan mengumpulkan sejumlah keterangan yang sebelumnya tidak ada atau berantakan sehingga bermanfaat ketika diperlukan.

2. Mencatat

Mencatat berarti kegiatan menggunakan peralatan tulis untuk menulis keterangan-keterangan yang diperlukan sehingga hasilnya bisa dibaca, dikirim dan disimpan.

3. Mengelola

Mengelola artinya mengolah atau mengerjakan sejumlah keterangan dengan tujuan agar bisa disajikan dalam bentuk yang bermanfaat.

4. Mengirim

Mengirim artinya memberikan keterangan atau informasi dari satu pihak ke pihak lagi dengan berbagai cara.

5. Menyimpan

Menyimpan berarti menaruh keterangan atau informasi dalam satu tempat tertentu yang dianggap aman dan terpercaya.

Jenis-Jenis Administrasi

Administrasi - Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup dan Jenisnya
Jenis-Jenis Administrasi

Secara umum, administrasi dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Administrasi publik

Administrasi publik berkaitan dengan tiga elemen utama, yaitu lembaga legislatif, eksekutif dan juga yudikatif. Dalam pelaksanaannya, administrasi publik mengkaitkan tiga elemen tersebut dengan peraturan hukum dan etika yang berlaku. Konsep administrasi ini muncul berdasarkan gagasan dari sebuah essai karya Woodrow Wilson, yang berjudul "Introduction to Study Administration".

2. Administrasi Pembangunan

Jenis administrasi ini dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan pengendalian usaha. Tujuannya adalah agar bisa merealisasikan pertumbuhan negara sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan, menuju kondisi yang lebih baik dan lebih maju dalam beberapa aspek.

3. Administrasi Lingkungan

Administrasi lingkungan dilakukan oleh beberapa pihak, seperti pemerintah dan masyarakat dengan tujuan untuk mewujudkan wawasan lingkungan.

Baca Juga