Pengertian Administrasi Keuangan, Fungsi, Komponen, Manfaat, dan Petugas Administrasi Keuangan
Administrasi keuangan merupakan pengelolaan yang meliputi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, yang dilakukan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian administrasi keuangan berikut ini.

Kata administrasi keuangan tentu bukanlah kata yang asing lagi di kehidupan kita. Biasanya administrasi keuangan ditafsirkan sebagai kegiatan pengelolaan keuangan yang mutlak ada dalam suatu organisasi atau perusahaan. Lantas, apa itu pengertian administrasi keuangan yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian administrasi keuangan, fungsi administrasi keuangan, komponen administrasi keuangan, manfaat administrasi keuangan, dan petugas administrasi keuangan berikut ini.

Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan, Fungsi, Komponen, Manfaat, dan Petugas Administrasi Keuangan
Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan merupakan pengelolaan yang meliputi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, yang dilakukan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan adanya administrasi keuangan yang baik, maka akan tercipta suasana kerja yang baik dan produktif. Hal ini juga akan mendorong terciptanya keuangan yang lebih baik bagi sebuah perusahaan. Pengertian administrasi keuangan dibagi menjadi dua jenis:

1. Dalam arti sempit

Pengertian administrasi keuangan dalam arti sempit adalah segala pencatatan masuk dan keluarnya keuangan untuk membiayai sejumlah kegiatan organisasi, yang bentuknya berupa tata usaha atau tata pembukuan keuangan.

2. Dalam arti luas

Pengertian administrasi keuangan dalam arti luas adalah kebijakan untuk pengadaan dan penggunaan keuangan demi mewujudkan kegiatan organisasi, mulai dari kegiatan perencanaan, pengaturan pertanggungjawaban, hingga pengawasan keuangan.

Sedangkan pengertian administrasi keuangan menurut The Liang Gie adalah proses perencanaan, penyediaan, dan penggunaan uang dalam suatu usaha atau organisasi. Administrasi keuangan juga bisa berarti rangkaian kegiatan penataan keuangan, yang meliputi penyusunan anggaran belanja, penentuan sumber dana, cara pemakaian, hingga pembukuan.

Fungsi Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan, Fungsi, Komponen, Manfaat, dan Petugas Administrasi Keuangan
Fungsi Administrasi Keuangan

Berikut ini adalah fungsi administrasi keuangan yang perlu kamu ketahui:

1. Fungsi investasi

Fungsi investasi meliputi kegiatan pengelolaan dana ke dalam aktiva-aktiva yang akan digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Dana tersebut bisa berasal dari modal perusahaan atau dari luar. Secara garis besar, keputusan berinvestasi bisa dibedakan menjadi dua jenis, antara lain sebagai berikut:

a. Investasi jangka pendek, contohnya seperti investasi dalam kas, persediaan, piutang, dan lain-lain.

b. Investasi jangka panjang, contohnya seperti gedung, tanah, kendaraan, alat-alat produksi, dan lain sebagainya.

2. Fungsi mencari dana

Fungsi mencari dana merupakan fungsi untuk mencari modal yang diperlukan untuk membiayai kegiatan yang dijalankan perusahaan. Selain itu, fungsi ini juga meliputi pemilihan sumber dana yang tepat bagi berbagai jenis kebutuhan perusahaan. Dengan kata lain, kita berusaha untuk memilih apakah suatu dana diambil dari pinjaman jangka pendek, pinjaman jangka panjang, ataupun dari modal perusahaan.

3. Fungsi pembelanjaan

Fungsi pembelanjaan meliputi kegiatan penggunaan dana, baik dana yang berasal dari luar ataupun dana milik sendiri yang digunakan untuk membiayai kegiatan organisasi. Dalam hal ini, pembelanjaan berkaitan dengan proses produksi ataupun pendukung proses produksi.

4. Fungsi pembagian laba

Fungsi pembagian laba meliputi penentuan aturan dalam membagi laba usaha. Fungsi ini sebenarnya bisa dimasukkan ke dalam fungsi mencari dana, maksudnya adalah diusahakan terdapat dana dari dalam perusahaan itu sendiri agar bisa mengembangkan usaha-usaha yang ada dalam perusahaan tersebut.

Komponen Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan, Fungsi, Komponen, Manfaat, dan Petugas Administrasi Keuangan
Komponen Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan terdiri dari beberapa komponen:

1. Perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan merupakan kegiatan perencanaan pemasukan dan pengeluaran keuangan ataupun kegiatan lain dalam kurun waktu tertentu.

2. Penganggaran keuangan. Pemasukan, pengeluaran, ataupun kegiatan lain yang telah direncanakan sebelumnya harus didetailkan dan dibuat anggarannya.

3. Pengelolaan keuangan. Dana digunakan sedemikian rupa agar bermanfaat semaksimal mungkin bagi organisasi / perusahaan.

4. Pencarian keuangan. Usaha memperoleh dana agar segala kegiatan organisasi bisa berjalan dengan lancar.

5. Penyimpanan keuangan. Usaha mengumpulkan dana organisasi dan menyimpannya di tempat aman.

6. Pengendalian keuangan. Hal ini berhubungan dengan penilaian dan perbaikan sistem ataupun kinerja bagian keuangan dalam suatu organisasi.

7. Pemeriksaan keuangan. Berhubungan dengan pemeriksaan atau audit internal terhadap bagian keuangan untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

Manfaat Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan, Fungsi, Komponen, Manfaat, dan Petugas Administrasi Keuangan
Manfaat Administrasi Keuangan

Komponen administrasi keuangan yang berfungsi dengan baik akan sangat membantu kinerja organisasi secara keseluruhan. Adapun manfaat dari dilakukannya administrasi keuangan adalah sebagai berikut:

1. Teraturnya penerimaan atau pengeluaran yang dilakukan suatu organisasi.

2. Dana organisasi bisa dimanfaatkan, dikendalikan, dan dikoordinasikan dengan baik.

3. Mengurangi kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan.

Baca Juga: Pengertian Media Massa, Karakteristik, Isi, Peran, Fungsi, dan Jenisnya.

Petugas Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan, Fungsi, Komponen, Manfaat, dan Petugas Administrasi Keuangan
Petugas Administrasi Keuangan

Berikut ini adalah orang-orang yang terlibat dalam administrasi keuangan:

1. Administrasi kantor (sekretaris)

Administrasi kantor melakukan tugas keuangan sebagai berikut:

a. Menangani urusan keuangan antara pemimpin dengan pihak bank, seperti penyampaian atau penyimpanan uang di bank.

b. Membayar rekening pajak, atau sumbangan dana atas nama pemimpin.

c. Mengurus kas kecil, dengan mencatat dan menyediakan dana untuk keperluan rutin yang jumlahnya relatif kecil.

Untuk mendapatkan dana, administrasi kantor harus terlebih dahulu membuat permohonan pengisian dana kas kecil dan mengajukannya pada bagian bendahara atau kasir dengan melampirkan laporan pembukuan kas kecil bulan sebelumnya yang sudah disetujui oleh pemimpin atau manager keuangan.

2. Bendahara (kasir)

Bendahara bertugas untuk menerima permohonan pengajuan dana kas kecil dan laporan pembukuan kas kecil dari administrasi kantor. Kemudian, melakukan pengisian dana kas kecil dalam bentuk uang tunai atau cek.

3. Manager keuangan

Manager keuangan bertugas untuk menerima dan memeriksa laporan kas kecil, serta menandatangani (menyetujui) permohonan pengisian dana kas kecil.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian administrasi keuangan, fungsi administrasi keuangan, komponen administrasi keuangan, manfaat administrasi keuangan, dan petugas administrasi keuangan yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai administrasi keuangan.

Baca Juga