Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, serta Jenis-Jenisnya
Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berbentuk karangan ataupun paragraf, dimana di dalamnya mengandung sederetan informasi yang ditulis secara detai namun singkat, padat, dan akurat, serta mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, teks eksposisi memiliki sifat yang ilmiah dan nyata, atau sering disebut dengan nama teks nonfiksi.

Pengertian Teks Eksposisi - Apabila membicarakan tentang teks eksposisi begitu dekat sekali kaitannya dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia. Pada kesempatan kali ini sendiri kita akan membahas apa itu teks eksposisi, tepatnya pengertian, jenis, dan strukturnya.

Teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks dari berbagai macam jenis teks dalam bahasa indonesia, termasuk teks deskripsi, teks prosedur, teks narasi dan masih banyak lagi. Apabila teks lainnya memiliki jenis dan strukur, begitu juga dengan teks eksposisi yang memiliki jenis dan sturktur.

Umumnya teks jenis ini seringkali digunakan dalam kehidupan kita sehari-harinya, sebagai ungkapan untuk memberikan atau memaparkan suatu penjelasan mengenai sebuah kejadian dengan rinci, detail dan dari sudut pandang seseorang yang menjelaskan hal tersebut.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berbentuk karangan ataupun paragraf, dimana di dalamnya mengandung sederetan informasi (bisa juga pengetahuan/penjelasan) yang ditulis secara detai namun singkat, padat, dan akurat, serta mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, teks eksposisi memiliki sifat yang ilmiah dan nyata, atau sering disebut dengan nama teks nonfiksi.

Tujuan Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan sebuah informasi dengan begitu detail kepada calon pembaca, namun disajikan dengan begitu sinkgat, padat dan akurat. Jadi para pembaca bisa mendapatkan sebuah informasi dari suatu kejadian secara rinci hanya dengan membaca teks jenis ini.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
Ciri Teks Eksposisi

Untuk mengetahui seperti apakah teks eksposisi ini sebenarnya sangat mudah, lantaran teks eksposisi memiliki sejumlah ciri-ciri yang begitu khas, yakni seperti berikut ini :

- Menjelaskan atau memaparkan sebuah penjelasan atau informasi mengenai suatu hal atau kejadian secara jelas dan detail.
- Umumnya memiliki model informasi atau penjelasan yang bersifat mengajak.
- Dalam penyampaiannya memakai bahasa yang baku dan lugas.
- Memiliki sifat tidak memihak atau netral.
- Menggunakan fakta sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi.

Baca Juga : 18 Jenis Kata Penghubung dan Contohnya

Struktur Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
Struktur Teks Eksposisi

Sama seperti jenis-jenis teks lainnya, teks eksposisi juga memiliki sebuah struktur, antara lain :

Pembukaan

Pembukaan merupakan struktur paling atas dari teks eksposisi. Umumnya pada struktur pembukaan ini pembaca akan melihat gambaran awal yang disampaikan oleh seorang penulis mengenai suatu persoalan dengan rincian yang masih tergolong relevan.

Isi (Tesis)

Tesis adalah bagian isi dari suatu teks eksposisi. Umumnya isi dari teks eksposisi ini sendiri berisi mengenai sederetan pendapat atau pun opini orang lain (orang yang ahli dalam persoalan atau pokok yang sedang dijelaskan) tentang sebuah informasi atau persoalan yang tenagh menjadi pokok pembahasan.

Sedangkan untuk mengetahui jenis struktur teks eksposisi ini sebenarnya begitu mudah, kamu dapat mengetahui bagian isi dari teks eksposisi hanya dengan memperhatikan kata-katanya yang begitu terlihat baku dan lugas. Misalkan kata "berdasarkan penuturan", yang merupakan dua kata yang sangat baku dan lugas.

Argumentasi

Dalam struktur teks eksposisi yang satu ini umumnya mengandung sejumlah bukti atau fakta yang relevan dengan isi atau tesis. Misalnya fakta-fakta mengenai tempat, tanggal dan narasumber. Argumentasi sendiri bersifat menjelaskan kembali dan membangun kepercayaan para pembaca terhadap kebenaran isi atau tesis dari teks eksposisi tersebut.

Penegasan Ulang

Sebenarnya penegasan ulang hampir mirip dengan kesimpulan, lantaran isinya yang mengandung topik yang sama, namun dijelaskan dengan cara yang jauh lebih singkat lagi. Dan tentunya isi dari struktur teks eksposisi yang satu ini harus relevan dengan pembukaan, tesis dan argumentasi.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
Jenis Teks Ekposisi

Tak cuma struktur saja, namun teks eksposisi juga memiliki sejumlah jenis-jenis yang berbeda, antara lain yakni :

Teks Eksposisi Ilustrasi

Biasanya teks eksposisi jenis ini memakai sebuah penggambaran yang simpel atau sederhan, atau bisa dikatakan bentuk konkret dari sebuah pendapat (ide/pikiran/gagasan). Menggambarkan suatu kejadian dengan suatu hal atau kejadian lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau relevan, serta menjadikan frasa sebagai penghubung.

Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi yang satu ini biasanya menyampaikan atau memaparkan sebuah informasi atau penjelasan dari suatu permasalahan. Teks eksposisi jenis ini bisa kita temukan pada sejumlah berita yang dimuat dalam surat kabar seperti koran.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan umumnya menjelaskan sebuah gagasan atau ide dalam kalimat utamanya dengan menggunakan metode perbandingan.

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses sebenarnya sangat mudah untuk di identifikasi, bahkan kamu sendiri pasntinya sudah sangat sering menjumpai teks eksposisi jenis ini. Teks eksposisi proses biasanya berisikan sebuah tutorial, tata cara atau panduan dalam membuat sesuatu maupun melakukan sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Sedangkan teks eksposisi definisi merupakan sebuah teks eksposisi yang bertujuan memberikan suatu penjelasan atau informasi mengenai suatu objek tertentu.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan pada umumnya memang berisi sebuah pertentangan antara suatu objek dengan objek lainnya. Dalam teks eksposisi jenis ini seringkali terdapat kata penghubung seperti "akan tetapi", "begitu juga sebaliknya", dan "meskipun begitu".

Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi yang terakhir adalah teks eksposisi analisis, dimana dalam teks eksposisi jenis ini biasanya berisi mengenai sebuah proses pemisahan suatu persoalan dari suatu ide pokok atau gagasan utama. Umumnya dipisahkan menjadi sejumlah sub-sub atau bagian-bagian, dan selebihnya diberi sedikit pengembangan kata atau informasi-informasi yang relevan.

Akhir Kata

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian teks eksposisi, tujuan, ciri, struktur, serta jenis-jenisnya. Semoga bisa bermanfaat dan sanggup dipahami dengan mudah.

Baca Juga