31 Jenis Jenis Surat Beserta Pengertiannya
Surat merupakan salah satu sarana komunikasi yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan pesan dari suatu pihak kepada pihak lainnya yang bersangkutan. Umumnya surat berisi mengenai informasi seperti opini, pemberitahuan, gagasan dan lain sebagainya.

Dalam keseharian masyarakat modern, tentu tidak bisa dipisahkan lagi dengan hal yang namanya surat. Ya, saat ini surat memang sudah melekat di kehidupan masyarakat.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang jenis jenis surat beserta pengertiannya.

Pengertian Surat Secara Umum 

Surat merupakan salah satu sarana komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan atau memberikan sebuah informasi secara tertulis dari suatu pihak untuk pihak lainnya. 

Umumnya surat berisi tentang informasi seperti permintaan, pemberitahuan, opini, gagasan dan lain sebagainya. 

Adapula jenis-jenis surat yang sering kita jumpai,  yakni antara lain :

Jenis Surat Berdasarkan Isi

1. Surat Pengantar 

Umumnya surat pengantar digunakan seseorang untuk ditujukan kepada lembaga / seseorang dengan tujuan untuk berkomunikasi atau berhubungan dengan si penerima surat. 

2. Surat Sosial

Surat sosial merupakan sebuah surat yang isinya mencakup masalah sosial, biasanya dibuat oleh semua lembaga sosial. 

Isi surat jenis ini contohnya, berisikan sebuah permintaan untuk memberi donasi kepada panti asuhan. 

3. Surat Setengah Resmi 

Surat jenis ini merupakan sebuah surat yang dibuat seseorang untuk suatu lembaga organisasi atau instansi. Contohnya, surat lamaran pekerjaan, permohonan cuti kerja dan permohonan IMB. 

4. Surat Keluarga

Umumnya surat jenis ini berisikan pesan mengenai keluarga. Misalnya surat untuk orang tua yang isinya memberikan informasi bahwa sedang sakit atau mau menikah. 

5. Surat Niaga 

Biasanya surat ini dibuat oleh perusahaan atau pengusaha yang isinya mencangkup tentang dunia bisnis atau niaga. Contohnya, surat yang berisikan tentang penawaran sebuah harga barang, atau permintaan suatu barang. 

6. Surat Dinas

Surat dinas merupakan sebuah surat yang berisi mengenai masalah-masalah kedinasan. Misalnya, surat yang dibuat oleh pemerintah pusat yang berisikan sebuah instruksi untuk ditujukan kepada pemda.

Jenis Surat Berdasarkan Wujud

7. Surat Elektronik 

Surat elektronik adalah surat yang dikirim melalui sebuah jaringan (internet/seluler). Biasanya digunakan dalam handphone dan komputer. 

Contoh surat elektronik : email, SMS, aplikasi semacam WA/BBM, dan lain sebagainya. 

8. Telegram 

Telegram merupakan jenis surat yang umumnya berisi pesan singkat. Pesan tersebut dikirimkan melalui pesawat telegram yang sering di sebut dengan sebutan telegraf. 

Meskipun tergolong instan, namun surat jenis ini sudah tidak efektif lagi sejak adanya surat elektronik semacam SMS. 

9. Surat Bersampul

Surat bersampul merupakan jenis surat yang dikirimkan oleh suatu pihak untuk pihak tertentu dengan menggunakan sampul. 

Meskipun tidak instan, namun sampai sekarang surat jenis ini masih sering digunakan lantaran memiliki beberapa keunggulan, yakni : lebih sopan, rahasia terjamin, dan penulis bisa menuliskan pesannya secara leluasa. 

10. Warkat Pos

Surat jenis ini biasanya di jual di kantor pos. Warkat pos sendiri merupakan selembaran kertas khusus yang memiliki keunikan tersendiri, yakni dapat dilipat menjadi amplop dan bagian dalamnya merupakan bagian untuk menulis isi pesan. 

11. Kartu Pos 

Sama halnya dengan warkat pos, surat jenis ini juga bisa di beli di kantor pos. Bentuknya pun cukup unik, yakni seperti kartu. Fungsinya untuk memberikan informasi singkat (bukan pribadi) sebab isinya dapat dilihat oleh siapapun.

Jenis Surat Berdasarkan Pembuatan

12. Surat Resmi 

Surat Resmi merupakan suatu surat yang isinya mengenai tugas organisasi, entah itu lembaga/instansi kepada perorangan atau sebaliknya. Contohnya surat yang dibuat oleh seorang bendahara yang berisikan kondisi keuangan untuk ditujukan kepada atasanya. 

13. Surat Pribadi

Meskipun satu jenis dengan surat resmi, namun isinya berbanding balik, lantaran surat pribadi umumnya dibuat oleh seseorang yang berisikan mengenai kepentingan pribadi. 

Surat jenis ini mempunyai dua bagian, yakni : 

 -  Surat pribadi setengah resmi. Misalnya surat ijin, dan lamaran pekerjaan. 
 -  Surat pribadi kekeluargaan. Misalnya surat perkenalan, surat yang ditujukan untuk sahabat, keluarga, orang tua dan sebagainya.

Jenis Surat Berdasarkan Pengiriman 

14. Surat Kilat 

Surat kilat adalah jenis surat yang harus diterima oleh calon penerima dengan secepatnya. Umumnya respon dari surat jenis ini pun juga harus cepat. 

15. Surat Segera

Hampir sama dengan surat kilat, karena surat segera juga harus secepatnya dikirimkan atau disampaikan kepada calon penerima, namun surat jenis ini tidak harus di tanggapi atau direspon dengan cepat. 

16. Surat Biasa (berdasarkan waktu) 

Yang dimaksud surat biasa adalah surat yang proses pembuatan maupun penyampaiannya tidak memprioritaskan waktu. Biarpun penyampaian surat jenis ini memakan waktu yang cukup lama atau bahkan "telat", namun tidak menimbulkan efek yang merugikan. 

Baca juga : Pengertian Bank - Jenis Dan Fungsinya

Jenis Surat Berdasarkan Keamanan Isi Surat 

17. Surat Sangat Rahasia

Surat jenis ini merupakan sebuah surat yang tidak boleh sampai ke tangan pihak/orang lain. Pasalnya isi surat ini biasanya menyampaikan sebuah hal yang sangat rahasia. Contohnya, surat yang berisikan mengenai rahasia suatu negara, atau sebuah rahasia dari suatu perusahaan. 

18. Surat Rahasia

Sama halnya dengan jenis surat diatas, surat ini juga berisikan sebuah rahasia, namun tingkat kerahasiaannya lebih rendah dari surat yang bersifat sangat rahasia. Misalnya surat yang berisikan tentang laporan keuangan nasabah yang dibuat oleh perusahaan perbankan. 

19. Surat Konfidensial

Surat jenis ini umumnya hanya boleh dibaca oleh pihak tertentu. Misalnya surat dari kepala desa yang ditujukan untuk ketua RW.

20. Surat Biasa (pesan bisa diketahui secara umum)

Umumnya surat jenis ini isi pesannya bisa diketahui secara umum, namun tidak merugikan pihak mana pun. Contohnya surat edaran atau surat undangan.

Jenis Surat Berdasarkan Pengertian Secara Umum 

21. Surat Terbuka

Surat ini merupakan jenis surat yang ditujukan untuk kelompok / orang lain. Umumnya dimuat dalam media masa dan dibagikan secara terbuka. 

22. Surat Tertutup

Surat jenis ini biasanya memiliki sebuah sampul, karena isi pesan dari surat jenis ini tidak untuk dilihat oleh orang/pihak lain. 

23. Surat Kaleng

Surat ini tergolong cukup unik, karena untuk membuat surat ini, pengirim tidak harus mencantumkan informasi pribadi layaknya nama dan alamat. Sayangnya surat kaleng sering digunakan sebagai media untuk mengancam.

Jenis Surat Berdasarkan Ruang Lingkup 

24. Memo

Memo adalah surat yang berisikan pesan singkat. Biasanya dibuat dengan jelas dan singkat, namun mudah dipahami. Memo sering digunakan oleh atasan untuk ditujukan kepada bawahannya atau dengan orang yang sederajat. 

25. Surat Biasa (tidak ada batasan ruang lingkup)

Yang dimaksud surat biasa jenis ini yakni suatu surah yang ditujukan kepada pihak/orang lain, entah itu di luar ataupun di dalam instansi yang berhubungan. 

26. Nota

Nota adalah jenis surat yang digunakan atasan untuk bawahan atau bisa juga sebaliknya. Biasanya berisi mengenai data/informasi yang diperlukan.

27. Surat Eksternal

Surat jenis ini merupakan sebuah surat yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk perusahaan lainnya. Umumnya surat jenis ini berisi mengenai sebuah permintaan mencangkup bisnis, seperti kerja sama, transaksi dan lain sebagainya.

28. Surat Internal

Berbeda halnya dengan surat internal, surat jenis ini umumnya dibuat oleh suatu pihak/orang untuk pihak lain (yang masih satu perusahaan/organisasi).

Jenis Surat Berdasarkan Jumlah Pembaca 

29. Surat Edaran

Surat edaran merupakan jenis surat yang ditujukan untuk sejumlah orang. Biasanya disampaikan untuk orang-orang yang bersangkutan saja, namun juga ada yang disebarkan secara luas.

30. Pengumuman

Pengumuman ialah jenis surat yang dikirimkan untuk berbagi pihak/instansi/orang (yang namanya tidak bisa disebutkan satu per satu). Misalnya pengumuman penerimaan pegawai, atau pengumuman hasil ujian. 

31. Surat Biasa (spesifik / dengan jumlah pembaca hanya satu orang)

Surat biasa jenis ini umumnya ditujukan kepada seseorang secara khusus dengan mencantumkan nama dan alamat si pengirim. Surat ini biasanya hanya boleh diketahui oleh orang yang dituju saja. 

Baca Juga