15 Fungsi Bahasa Yang Harus Anda Ketahui
Selain sebagai alat komunikasi, fungsi bahasa ternyata masih sangat banyak. Setidaknya ada 15 fungsi bahasa yang harus kamu ketahui. Yuk simak apa saja fungsinya dalam kehidupan sehari-hari!

Mempelajari fungsi bahasa tentunya menjadi bagian penting dari materi pelajaran Bahasa Indonesia. Fungsi bahasa harus dipahami oleh pelajar agar bisa menjadi bekal yang baik dalam menempatkan diri dalam masyarakat. Bagaimana menggunakan bahasa, mempelajari bahasa dan memahami perbedaan akibat dari bahasa.

Pada dasarnya bahasa bukan sekedar sebagai alat komunikasi semata. Bahasa memiliki banyak fungsi yang sadar atau tidak sadar semua fungsi tersebut bisa jadi telah dipergunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan satu persatu dari fungsi bahasa berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Ragam Bahasa dan Jenisnya.

1. Sebagai Identitas Diri

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Identitas Diri

Bahasa menjadi salah satu identitas yang sangat mudah dikenali dari seseorang. Melalui suara, cara menyampaikan sebuah kalimat. Pembuktian ini bisa ditemukan pada kemampuan orang buta mengenali seseorang hanya mendengar suara ketika berbicara.

Artinya bahwa setiap orang memiliki keunikan tersendiri dalam menyampaikan bahasa. Hal itu akan sangat dikenali antara orang yang satu dan orang lainnya.

2. Sebagai Identitas Wilayah/ Daerah

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Identitas Daerah

Sekolompok orang yang berasal dari satu daerah biasanya akan sangat mudah dikenali berdasarkan cara berbicaranya. Di Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan bahasa, sangat mudah membedakan dan menebak asal seseorang berdasarkan cara berbicaranya.

Misalnya orang yang berasal dari Makassar akan berbeda cara berbicaranya dengan orang yang berasal dari Bandung, Medan dan lainnya. Maka melalui bahasa seseorang bisa menunjukkan identitas wilayah atau daerahnya.

3. Sebagai Simbol Negara

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Simbol Negara

Dalam tingkatan paling tinggi bahasa dijadikan sebagai lambang negara. Setiap negara memiliki bahasa nasional masing-masing. Bahasa yang dijadikan sebagai bahasa resmi suatu negara. Untuk menjadi simbol suatu negara.

Maka melalui bahasa yang digunakan seseorang yang bepergian ke luar negeri akan dikenali berdasarkan bahasanya. Misalnya orang India datang ke Indonesia maka dengan sangat mudah menebak Negara asalnya berdasarkan bahasa yang digunakan.

4. Sebagai Alat Komunikasi/ Interaksi

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Fungsi utama bahasa pada dasarnya adalah sebagai alat komunikasi dan interaksi. Memudahkan seseorang untuk saling berkomunikasi, saling bertanya dan memberikan jawaban. Melalui alat komunikasi ini maka semua orang tidak kebingungan tentang keinginan seseorang.

Seseorang bisa memberikan bantuan, menolak, menyampaikan rasa empati dan tindakan lainnya sesuai dengan permintaan lawan bicara. Untuk dapat berinteraksi dengan orang lain banyak faktor yang bisa berpengaruh, misalya latar belakang pendidikan, daerah, dan yang paling penting adalah kesamaan bahasa yang digunakan.

5. Sebagai Alat Untuk Beradaptasi

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Untuk Beradaptasi

Hal ini sangat penting bagi siapa saja yang suka bepergian ke tempat-tempat baru. Melakukan proses adaptasi dengan mempelajari bahasa daerah setempat. Karena ketika bahasa daerah setempat tidak diketahui/ tidak bisa diucapkan. Maka akan sangat susah untuk berinteraksi dan melakukan proses adaptasi.

Untuk menyatu dengan masyarakat sekitar yang paling penting diketahui pertama kali adalah bahasa. Bahasa yang memudahkan untuk mempelajari hal-hal lainnya yang penting untuk dipelajari.

6. Sebagai Alat Menjalankan Bisnis

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Menjalankan Bisnis

Bagi pelaku bisnis baik online maupun konvensional. Bahasa sangat penting dalam menunjang kemajuan bisnis. Bahasa menjadi media pemasaran berupa content marketing. Tanpa adanya konten maka akan sangat sulit target pasar mengetahui apa yang dipasarkan.

Selain itu penyesuaian antara bahasa yang digunakan dengan target pasar juga sangat penting. Menjangkau target pasar yang luas memang sangat baik untuk perkembangan bisnis. Tetapi menjangkau target pasar yang paham dengan bahasa pemasaran yang digunakan sangat efektif untuk kemajuan bisnis.

7. Sebagai Alat Untuk Menjelaskan Ekspresi Diri

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Untuk Mengekspresikan Diri

Untuk tahu tentang keinginan seseorang, maka seseorang harus mampu mengekspresikan diri secara jelas. Alat untuk mengekspresikan diri yang terbaik adalah melalui bahasa. Seseorang yang lapar bisa meminta makanan dengan menunjuk perut atau mengarahkan tangan ke mulut.

Namun untuk menyampaikan perasaan lapar dan meminta makanan kepada orang lain akan sangat baik jika diucapkan dengan sebuah kata atau kalimat "Ibu, saya lapar. Saya ingin makan!".

9. Sebagai Alat Menyampaikan Aspirasi

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Untuk Menyampaikan Aspirasi

Sama halnya dengan mengekspresikan diri. Penyampaian aspirasi juga membutuhkan bahasa sebagai media terbaik. Baik itu penyampaian secara langsung melalui lisan atau melalui tulisan. Penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh mahasiswa di jalan lewat aksi demonstrasi. Penyampaian aspirasi melalui ruang rapat, Semua butuh bahasa.

Tanpa adanya bahasa maka akan sangat sulit untuk mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat. Sebaliknya masyarakat pun tidak akan tahu bagaimana menyampaikan keinginan mereka.

8. Sebagai Alat Aktualisasi Diri

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Aktualisasi Diri

Pada dasarnya semua orang ingin mendapatkan pengakuan. Ada hasrat dalam diri manusia untuk dikenal luas oleh masyarakat. Maka untuk mewujudkan keinginan tersebut seseorang berupaya mencari alat aktulisasi diri terbaik.

Sampai saat ini alat aktulisasi diri terbaik adalah bahasa. Melalui bahasa seseorang menunjukkan kemampuan, menjelaskan keahlian dan lain sebagainya.

10. Sebagai Alat Untuk Berkarya

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Untuk Berkarya

Bahasa merupakan salah satu media terbaik untuk menghasilkan sebuah karya. Melalui kemampuan berbahasa yang baik seorang nvelis mampu menghasilkan novel best seller yang menginspirasi banyak orang. Seorang penyair menghasilkan karya-karya puisi yang sangat populer.

Bahasa memberikan ruang kreatifitas kepada siapapun yang ingin mengolah kata sebagai sebuah karya.

11. Sebagai Alat Pemersatu

Fungsi Bahasa
Sebagai Alat pemersatu

Bahasa berfungsi sebagai alat pemersatu yang sangat efektif. Bisa saja seseorang bersatu karena persamaan nasib yang dialami. Persamaan tujuan yang ingin dicapai. Atau karena persamaan latar belakang daerah. Namun tanpa persamaan bahasa persatuan akan sulit dijaga.

Sumatera, jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua yang pada dasarnya masing-masing memiliki bahasa berbeda bisa disatukan karena adanya alat pemersatu yang efektif. Bukan sekedar persamaan nasib karena pernah dijajah bersama-sama. Tetapi terciptanya bahasa nasional yang mampu membuat semua suku memiliki pemahaman yang sama, memiliki identitas yang sama, dan memiliki satu media interaksi yang sama yaitu Bahasa Indonesia.

12. Sebagai Alat Untuk Membangun Komunitas/ Kelompok

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Membangun Komunitas

Untuk membangun sebuah komunitas/kelompok atau organisasi. Dibutuhkan bahasa yang mengikat semua anggota. Bahasa yang dipahami oleh semua anggota agar tahu visi dan misi organisasi yang akan dibangun. Jadi, bukan hanya karena persamaan nasib saja seseorang bisa mengajak orang lain untuk bergabung dalam satu organisasi.

13. Sebagai Alat Untuk Membangun Kecerdasan

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Membangun Kecerdasan

Sadar atau tidak bahasa kecerdasan pertama yang dipelajari oleh seorang anak adalah kecerdasan berbahasa. Seorang anak akan berusaha untuk melapalkan kata demi kata untuk mengeskpresikan keinginannya.

Kecerdasan bahasa secara struktural dimulai dari pelafalan kata, pembuatan kalimat, membangun paragraf, membuat wacana argumentasi, deskripsi, narasi, eksposisi, sampai memahami ragam dan jenis bahasa yang pada akhirnya akan berujung pada sebuah karya.

14. Sebagai Sarana Berpikir Logis

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Alat Berpikir Logis

Melalui bahasa seseoarang belajar untuk menarik kesimpulan secara deduktif dan induktif. Bagaimana seseorang menganalisis sebuah permasalahan kemudian mencoba membuat kesimpulan dari analisis deduktif atau induktif.

15. Sebagai Kontrol Sosial

Fungsi Bahasa
Bahasa Sebagai Kontrol Sosial

Sebagai timbal balik dari aspirasi yang disampaikan. Pemerintah melakukan kontrol sosial menggunakan media bahasa. Pemerintah membuat aturan-aturan, membuat rencana pembangun, mengatur anggaran dan lain sebagainya. Tujuannya tentu saja adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga kondisi sosial bisa terkendali atau aman, damai dan sejahtera.

Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan khususnya dalam belajar bahasa Indonesia. Bisa menajdi perbandingan informasi dan referensi.

Baca Juga