15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Apa saja contoh batuan sedimen selain batuan sedimen breksi, batuan sedimen molusca dan batuan sedimen silika? Simak dalam ulasan berikut ini.

Contoh Batuan Sedimen yang mungkin mudah dikenali adalah Batuan sedimen Breksi, batuan Sedimen Sandstone, dan Batuan sedimen konglomerat, namun ternyata ada berbagai jenis batuan sedimen lainnya yang ada di permukaan bumi. 

Namun sebelum mengulas terlalu jauh mengenai berbagai contoh batuan sedimen. Kita simak terlebih dahulu penjelasan mengenai Batuan Sedimen.

Batuan sedimen adalah jenis batuan yang terbentuk di bagian permukaan bumi, dengan kondisi tekanan dan temperatur rendah. Batuan sedimen berasal dari batu batuan yang terlebih dahulu terbentuk dan mengalami proses pelapukan. Hasil pelapukan batuan tersebut lalu terbawa oleh air atau udara ke suatu tempat, mengendap dan mengeras. Batuan sedimen sendiri diperkirakan meliputi 75 persen dari permukaan bumi. Disiplin ilmu yang mempelajari sifat serta asal batuan sedimen disebut dengan Sedimentologi. Berdasar ilmu sedimentologi, diketahui bahwa terdapat banyak jenis batuan sedimen yang ada di permukaan bumi.

Yuk Kita simak pelajaran contoh dari batuan sedimen lainnya berikut ini.

1) Batuan Sedimen Breksi

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Breksi

Batuan sedimen breksi memiliki fragmen kasar dengan ukuran runcing berkisar dari 2 hingga 256 milimeter. Komposisi utama penyusun batuan sedimen breksi adalah granit, kuarsit, batu gamping, dan rijang.

2) Batuan Sedimen Sandstone

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Sandstone

Batuan sedimen sandstone disusun dari butiran pasir yang terbawa aliran angin, sungai atau ombak laut dan terakumulasi di suatu tempat. Ukuran butir Standstone berkisar dari 1/16 sampai 2 milimeter. Susunan utama Batuan sedimen Standstone terdiri dari feldspar, kuarsa, pecahan basalt, pecahan sabak, pecahan riolit dan bijih besi. Sandstone dibagi menjadi tiga kategori yakni Arkose, Quartz Sandstone dan Graywacke.

3) Batuan Sedimen Konglomerat

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Konglomerat

batuan sedimen konglomerat mempunyai ukuran butir sekitar 2 hingga 256 milimeter dan terdiri atas campuran kuarsa, granit, rijang dan lain lain. Fragmen penyusun batuan sedimen konglomerat memiliki bentuk bulat atau nampak agak membulat.

4) Batuan Sedimen Koral

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Koral

Unsur utama penyusun batuan sedimen koral adalah koral atau terumbu karang yang sudah lama mati,mengendap dan mengeras. Ketika hidup, terumbu karang melakukan simbiosis dengan tanaman jenis Algae.

5) Batuan Sedimen Silika

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Silika

Batuan sedimen Silika merupakan jenis batuan sedimen yang disusun oleh organisme Diatom dan organisme Radiolaria. Dibutuhkan waktu ribuan tahun bagi organisme diatom serta organisme radiolaria untuk mengendap dan mengeras menjadi batuan.

6) Batuan Sedimen Cangkang Kerang

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Cangkang Kerang

Batuan sedimen cangkang merupakan batuan sedimen yang tersusun dari sekumpulan cangkang kerang yang mengendap dan menjadi batuan. Butuh proses ribuan tahun bagi cangkang kerang untuk dapat terbentuk menjadi batuan. Sedimentasi pada batuan sedimen cangkang kerang terjadi dengan bantuan alam.

7) Batuan Sedimen Molusca

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Molusca

Batuan sedimen Molusca dibentuk oleh kumpulan Molusca yang sudah lama mati dan mengendap, mengeras menjadi batu. Molusca sendiri merupakan jenis hewan bercangkang atau yang dikenal sebagai triploblastik slomata. Molusca tidak memiliki tulang belakang dan memiliki tubuh yang lunak.

8) Batuan Sedimen Coal

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Coal

Coal atau yang akrab ditelinga dengan sebutan batu bara ini sebenarnya masuk kedalam jenis batuan sedimen. Batu bara terdiri atas bagian bagian dari tumbuhan seperti akar, batang dan daun. Batuan sedimen coal memiliki tekstur Amorf, tebal dan berlapis lapis. Komposisi utama batuan sedimen coal adalah karbon dan humus, memiliki warna dominan hitam. Coal terbentuk di daerah rawa beriklim tropos dan air sedikit oksigen. Lama pembentukan batuan sedimen Coal dapat berlangsung dari ratusan hingga ribuan tahun.

9) Batuan Sedimen Foraminifera

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Foraminifera

Batuan Sedimen Foraminifera merupakan batuan yang terdiri dari sekumpulan Foraminifera yang mengendap dan mengeras menjadi batu. Foraminifera merupakan organisme yang berasal dari Kingdom porifera, yang lebih dikenal dengan Rizhopoda. Meski sepintas mirip dengan amoeba, namun Foraminifera mempunyai cangkang yang melindungi tubuhnya. Batuan Sedimen Foraminifera termasuk kedalam batuan sedimen organik.

10) Batuan Sedimen Radiolaria

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Radiolaria

Batuan Sedimen Radiolaria dibentuk dari Sekumpulan Radiolaria yang mengendap dan mengeras. Radiolaria merupakan organisme sejenis zooplangkton dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan makanannya sendiri. Umuran Radiolaria sangat kecil berkisar antara 0,05 sampai 0,1 milimeter.

Baca Juga : 18 Unsur Unsur Seni Rupa yang Membentuk Karya Seni

11) Batuan Sedimen Diatom

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Diatom

Unsur utama pembentuk batuan sedimen atom adalah Diatom yang mengedap dan mengeras.Diatom merupakan batuan sedimen organik yang terbentuk dari ganggang ber sel satu yang dibungkus dinding sel silika.

12) Batuan Sedimen Limestone

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Limestone

Batuan sedimen Limestone atau yang lebih akrab dikenal sebagai batu gamping merupakan batuan sedimen yang terbetuk dari kalsit (CaCO3). Memiliki tekstur oolit, kristalin, afanitis, rapat dan berbutir kasar. Batuan sedimen limestone dapat terbentuk dari proses anorganik ataupun proses pengedapan organisme.

13) Batuan Sedimen Karbonat

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Karbonat

Batuan Sedimen Karbonat adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sedimentasi organisme yang telah lama mati, mengendap dan membentuk struktur keras. Senyawa karbonat (CaCO3) menjadi mineral penyusun utama dari batuan ini.

14) Batuan Sedimen Klastis

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Klastis

Batuan sedimen klastis adalah batuan sedimen yang terbentuk melalui proses pengendapan dari berbagai material pembentuk di alam. Batuan Sedimen Klastis juga dapat terbentuk akibat dari pelapukan pada batuan besar yang kemudian lapukan tersebut mengendap menjadi batuan keras. Struktur warna pada batuan sedimen klastis umumnya seragam dengan susunan warna batuan asal.

15) Batuan Sedimen Kimiawi

15 Contoh Batuan Sedimen Lengkap dengan Gambar
Batuan Sedimen Kimiawi

Batuan sedimen kimiawi terbentuk dari proses pengendapan mineral mineral tertentu melalui proses kimia. Salah satu contoh batuan sedimen kimiawi adalah stalaktit dan stalagmit di dalam gua, yang terbentuk dari proses pengendapan unsur kapur yang larut oleh air dan kemudian mengendap menjadi stalagmit atau stalaktit.

Demikian ulasan 15 contoh batuan sedimen. Semoga Bermanfaat.  

Baca Juga