11 Tips Memilih Pekerjaan Yang Tepat
Tips memilih pekerjaan ini sangat penting anda ketahui agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Fenomena berhenti dari pekerjaan dalam hitungan waktu yang singkat adalah bukti ketidakcocokan antara jenis pekerjaan dengan keinginan. Maka, pastikan anda tidak salah pilih ketika memutuskan untuk bekerja.

Tips Memilih Pekerjaan. Bagaimana cara memilih pekerjaan yang tepat? Ketika pertanyaan ini yang terbayang dalam pikiran anda sekarang. Maka anda tentunya butuh sebuah tips yang dapat membantu anda dalam menentukan jenis pekerjaan yang cocok untuk anda. Lebih jauh lagi tips memilih pekerjaan ini akan membuka ruang berpikir anda dan mengenali diri anda lebih jauh lagi.

Meskipun pada dasarnya bahwa semua orang memiliki ukuran tersendiri dalam penilaian baik buruk sebuah pekerjaan. Namun anda perlu menyadari bahwa ada ukuran yang berlaku secara umum. Lalu dari ukuran inilah yang kemudian ditarik kesimpulan untuk menyesuaikan dengan kondisi secara personal.

Tips memilih pekerjaan ini dibuat dengan melihat berbagai sudut pandang. Dari sudut pandang sebagai calon pekerja dan juga dari perusahaan. Tentunya agar anda bisa mendapatkan pekerjaan yang membuat anda betah.

Gaji Pokok

Tips Memilih Pekerjaan
Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Gaji

Pertimbangan pertama dalam memilih pekerjaan tentunya adalah gaji pokok. Secara umum memilih untuk bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan tetap untuk biaya hidup dan perencanaan masa depan. Maka tentunya gaji pokok harus dipertimbangkan dengan baik.

Pada dasarnya aturan tentang gaji pokok di atur dalam undang-undang selanjutnya disesuaikan dengan daerah masing-masing. Maka pastikan anda memilih pekerjaan dengan gaji minimal yang sesuai dengan Upah Minimal Regional (UMR), Upah Minimal Kota (UMK), atau Upah Minimal Provinsi (UMP). Standar gaji tiap dari tentunya berbeda-beda jadi anda perlu mencari tahu terlebih dahulu standar di daerah anda.

Tunjangan

Masih berhubungan dengan benefist yang akan didapatkan. Pertimbangan berikutnya adalah tunjangan yang didapatkan. Tunjangan ini tentunya diluar dari gaji pokok yang akan anda terima. Jadi, sebagai tambahan penghasilan yang diberikan secara berkala dengan perhitungan tertentu.

Tunjangan yang bisa didapatkan secara umum adalah tunjangan transportasi, perumahan, uang makan, kesehatan dan lainnya. Tentunya jumlah tunjangan dan jenis tunjangan yang didapatkan tergantung dari perusahaan dan juga skala dari perusahaan tersebut. Mungkin untuk UKM jumlah tunjangan yang diberikan masih sangat kecil bahkan tidak ada sama sekali.

Jenjangn Karir

Tips Memilih Pekerjaan
Tips memilih pekerjaan berdasarkan jenjang karir

Selanjutnya anda juga harus tahu seperti apa jenjang karir yang bisa anda lalui. Dengan adanya pengetahuan jenjang karir ini tentunya anda bisa memasang target pancaian karir tertinggi. Pastikan bahwa anda memilih pekerjaan dengan jenjang karir yang jelas. Karena peningkatan karir biasanya berbanding lurus dengan jumlah pendapatan juga.

Jenjang karir secara tidak langsung juga akan berpengaruh terhadap kualitas dan kreatifitas pekerjaan. Dengan jenjang karir jelas seorang karyawan biasanya punya motivasi kerja yang lebih lagi.

Jarak

Tips Memilih Pekerjaan
Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Jarak tempat kerja dengan rumah

Setelah permasalah keuangan selesai, maka pertimbangan berikutnya adalah jarak antara tempat kerja dengan rumah atau tempat tinggal anda. Pada dasarnya jarak ini bisa berdampak banyak untuk anda secara pribadi dan juga kualitas pekerjaan anda. Jadi, pastikan anda memilih pekerjaan dengan jarak yang menurut anda masih bisa dijangkau dengan cepat.

Adapun dampak dari kesalahan dalam memilih pekerjaan karena jarak adalah sebagai berikut:

  1. Biaya pengeluaran yang sangat tinggi apabila jaraknya jauh.
  2. Risiko terlambat datang ke tempat kerja lebih besar.
  3. Risiko kurang fokus bekerja karena kecapaian di jalan.

Jam Kerja

Tips Memilih Pekerjaan
Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Jam Kerja

Pertimbangan selanjutnya adalah jam kerja. Secara normal jam kerja menurut ketentuan undang-undang adalah 8 jam sehari dan 40 jam dalam seminggu. Artinya bahwa ketika perusahaan tempat anda melamar kerja memperlakukan jam kerja selama 8 jam maka anda hanya perlu bekerja selama 5 hari dalam seminggu.

Terkadang ada juga perusahaan yang memberlakukan hari kerja selama 6 hari. Dengan hitungan 7 jam per hari selama senin sampai jumat dan hari sabtu hanya 5 jam saja. Dengan memperhatikan durasi kerja tentunya anda dapat mengatur waktu refreshing sehingga tingkat stress akibat beban kerja menjadi berkurang.

Waktu Bekerja

Waktu bekerja sangat berhubungan dengan jam kerja. Namun tentunya sangat bekerja, ketika jam kerja berbicara tentang durasi bekerja atau lamanya anda bekerja dalam sehari. Maka waktu bekerja ini berhubungan dengan kapan anda masuk bekerja.

Apakah masuk pagi layaknya pegawai negeri dan pegawai swasta lainnya. Ataukah masuk sore dan masuk malam. Hal ini sangat penting karena waktu bekerja akan sangat berhubungan dengan kesehatan, kreatifitas, dan juga tentunya semangat kerja anda. Waktu bekerja biasanya disesuaikan dengan jenis pekerjaan.

Lingkungan Kerja

Tips Memilih Pekerjaan
Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Lingkungan kerja

Memilih pekerjaan juga tentunya bukan hanya berdasarkan gaji dan jam kerja saja. Lingkungan pekerjaan juga sangat penting. Anda perlu memperhatikan tingkat keamanan di sekitar lokasi tempat kerja anda. Jangan mengambil risiko dengan gaji tinggi tetapi ancaman keselaman juga sangat besar.

Maka tips memilih pekerjaan sengaja kami tuliskan jarak pada bagian kedua. Alasannya adalah dengan jarak yang dekat dari tempat tinggal maka otomatis lebih mudah mengenal lingkungan sekiar, bahkan sudah sangat mengenalnya.

Jenis Pekerjaan

Tekanan pekerjaan akan sangat dirasakan apabila jenis pekerjaan yang dijalani ternyata tidak sesuai dengan passion. Misalnya anda pecinta musik yang kemudian memilih pekerjaan yang di dalam ruang kerja tidak boleh mendengar musik sama sekali.

Ini tentunya perbandingan yang sangat jauh. Perbandingan paling dekat adalah anda sangat senang utak atik komputer tetapi mendapatkan/ memilih pekerjaan sebagai seorang pengawas bangunan. Sangat jauh dari apa yang anda senangi, lambat laun akan membuat anda bosan.

Kredibilitas Perusahaan

Meskipun sudah lama menganggur anda jangan terlalu cepat mengambil sebuah pekerjaan. Pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tersebut mempunyai kredibilitas yang baik. Pekerjaan sangat berhubungan dengan masa depan anda.

Anda tentu tahu susahnya mencari kerja, jadi upayakan bekerja di satu tempat saja sampai pensiun. Untuk itu anda memilih sebuah perusahaan yang punya kredibilitas baik. Jangan sampai baru bekerja beberapa bulan perusahaan sudah tutup (Bangkrut).

Pemilik Usaha

Tips Memilih Pekerjaan
Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan perusahaan

Ketika anda memilih bekerja dan menjadi bagian dari tim UKM yang sedang berkembang. Hal yang perlu anda perhatikan adalah siapa pemilik (Owner) dari perusahaan tersebut. Tentunya anda belum bisa mengukur kredibilitas perusahaan maka yang perlu anda cari tahu adalah krebilitas dari pemilik usahanya.

Pastikan bahwa pemiliknya adalah orang yang bisa dipercaya. Memiliki track record dalam dunia bisnis yang baik. Memiliki hubungan sosial yang baik. Pastinya bahwa orang tersebut belum pernah terlibat kasus hukum.

Produk Atau Layanan

Selanjutnya adalah anda perlu mencari tahu apa produk atau layanan dari perusahaan tersebut. Anda tentunya tidak ingin menjadi bagian dari peredaran produk atau layanan yang melanggar hukum. Dengan bekerja pada perusahaan yang memiliki produk yang disenangi oleh masyarakat tentunya akan membuat nama anda dikenal dengan baik juga.

Jadi cari tahu terlebih dahulu apa saja produk dan layanannya. Tentunya hal ini akan anda ketahui setelah melihat Standar Operasional Pekerjaan (SOP) dimana anda akan melihat job list anda sebagai calon karyawan.

Semoga tips memilih pekerjaan ini membantu anda untuk menentukan jenis pekerjaan yang cocok untuk anda. Membuat anda betah bekerja setelah memilih pekerjaan.

Loading...

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.