17 Tips Menjadi Marketing Yang Handal Dalam Memasarkan Produk
Marketing menjadi salah satu profesi yang paling sering dihindari oleh pencari kerja. Namun ternyata penghasilan seorang marketing handal bisa melebihi staff kantor. Simak seperti apa tipsnya!

Dalam berbagai portal lowongan kerja, iklan lowongan kerja di media cetak dan informasi yang dibagikan di group media sosial, posisi marketing paling banyak dicari. Artinya bahwa kebutuhan perusahaan akan ujung tombak dalam pemasaran sangat tinggi. Namun ternyata antusiasme pencari kerja sangat kecil untuk posisi tersebut.

Penyebabnya tentu saja karena pekerjaan tersebut tidak memiliki gaji tetap bahkan kalau pun ada sangat kecil. Sebutannya pun terkadang buka gaji tetapi tunjangan uang transport dan uang makan. Alasan lain karena adanya target pencapaian yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan standar penghasilan tertentu.

Tips Menjadi Marketing Handal

Bagi anda yang tertarik untuk menjadi seorang marketing atau saat ini sedang menjalani profesi tersebut. Maka anda bisa mencoba tips berikut dalam melakukan perencanaan, closing, dan follow up setelah closing penjualan.

Baca Juga: Tips Memilih Pekerjaan Yang Tepat.

Data Base

Hal pertama yang harus dipahami oleh seorang tenaga marketing adalah database. Database adalah kumpulan data calon nasabah yang berhasil dihimpun dari berbagai macam sumber. Database ini perlu dikelola dengan baik agar targer pemasaran terarah dengan tepat.

Tips Menjadi Marketing Handal
Mengelola Database

1. Kumpulkan Database

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan database. Database adalah modal awal seorang marketing dalam melakukan target pasar. Tanpa sebuah database maka akan sulit seorang marketing untuk melakukan penjualan.

Bahkan dengan adanya database sekalipun belum menjamin bahwa seorang marketing mampu melakukan closing penjualan. Oleh karena itu pengumpulan database harus dilakukan dengan cermat dan sebanyak mungkin. Database haruslah merupakan orang-orang yang kemungkinan memiliki interest (Ketertarikan) terhadap produk yang akan dipasarkan.

2. Sortir Database

Selanjutnya adalah melakukan penyortiran terhadap database yang berhasil dikumpulkan. Database dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Tujuannya adalah agar memudahkan dalam menentukan mana yang akan dihubungi/dikunjungi terlebih dahulu.

Cara membuat kategori dalam proses penyortiran bisa disesuaikan dengan daerah tempat anda bekerja dan juga jenis produk yang akan dipasarkan. Secara umum cara membuat kategori berdasarkan Usia, Jenis kelamin, Alamat tempat tinggal, pekerjaan dan sebagainya. Tujuannya adalah agar pada saat melakukan kunjungan kemungkinan bisa diterima sangat besar.

3. Tentukan Prioritas

Setelah database dibagi ke dalam beberapa kategori, selanjutnya data tersebut dianalisis lagi. Proses analisis untuk menentukan mana yang paling potensial. Data paling potensial akan menjadi target kunjungan pertama. Tentunya dengan menyesuaikan waktu dan kesempatan yang dimiliki oleh calon nasabah.

Produk Knowledge

Selain database hal yang wajib bagi seorang tenaga pemasaran adalah pemahaman produk (produk knowledge). Tanpa pemahaman produk yang baik maka seorang marketing bisa dipastikan akan sangat susah melakukan closing.

Tips Menjadi Marketing Handal
Pemahaman Produk

4. Pahami Fungsi Produk

Seorang tenaga pemasaran harus tahu apa saja fungsi dari produk yang dipasarkan. Dalam beberapa produk yang fungsinya jelas tentu akan lebih mudah. Seperti marketing property tentunya sebagai tempat hunian dan bisnis.

5. Pahami keunggulan produk

Bisa jadi produk anda memiliki persamaan fungsi dengan produk lain. Jadi, anda harus tahu apa saja keunggulannya. Karena keunggulan produk adalah salah satu senjata terbaik dalam hal pemasaran. Tentunya calon pembeli ingin mendapatkan produk terbaik.

6. Pahami Bahan Yang Digunakan Produk

Pastikan bahwa anda tahu secara detail bahan yang digunakan oleh produk anda. Bahan yang digunakan biasanya sangat berhubungan dengan keunggulan produk. Jadi tentunya sangat mudah memahaminya.

7. Pahami Cara Penggunaan

Sebagai seorang pekerja yang bertugas memasarkan produk. Tentunya anda harus tahu dengan pasti cara menggunakan produk yang anda pasarkan. Akan lebih baik jika anda sendiri menggunakan produk tersebut. Untuk beberapa jenis produk hal ini sangat penting.

8. Siapkan Tester (Untuk produk tertentu)

Untuk beberapa produk, tester sangat penting. Jadi, ketika anda menjual produk yang membutuhkan pembuktian secara langsung. Pastikan anda selalu membawa produk tester untuk meyakinkan calon pelanggan.

Catatan: Untuk produk jasa tentunya bisa menyesuaikan dengan penjelasan tersebut.

Performance and Competence

Salah satu keunggulan dari seorang marketing dibandingkan karyawan lainnya adalah kemampuan komunikasi dan penampilannya. Biasanya dalam persyaratan lamaran kerja selalu dicantumkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan berpenampilan menarik. Dua hal ini adalah senjata utama seorang marketing.

Tips Menjadi Marketing Handal
Penampilan dan Kompetensi

9. Pastikan Anda Berkunjung Dalam Keadaan Rapi

Pemapilan anda akan menjadi penilaian pertama ketika bertemu dengan calon nasabah. Maka sangat penting untuk menjaga penampilan. Setelah calon nasabah merasa nyaman dengan penampilan anda. Maka langkah selanjutnya adalah bagaimana anda bisa membangun komunikasi dengan baik.

10. Pahami Pola Komunikasi Calon Nasabah

Sebagai seorang yang akan menawarkan produk tentunya anda tidak boleh egois. Anda bukan hanya sekedar menjelaskan nilai dari produk anda. Hal pertama yang anda lakukan adalah memahami pola komunikasi lawan bicara anda (Calon nasabah). Selanjutnya anda menyesuaikan cara bicaranya. Jika cara bicaranya sangat lembut, maka anda harus bisa lebih lembut lagi. Jika nada suaranya tinggi anda pun harus bisa membuat nada bicara anda lebih tinggi lagi, ingat jangan sampai anda kelihatan seperti orang marah.

11. Biasakan Mengiyakan Apa yang disampaikan Lawan Bicara

Sebagai marketing handal anda tentu harus tahu kapan harus bicara banyak, kapan harus diam, dan kapan harus mengiyakan. Mengiyakan pendapat calon nasabah menunjukkan respect anda terhadap pembiacaraannya. Semakin sering anda mengiyakan maka mereka akan semakin terbawa dengan cara anda berkomunikasi. Selanjutnya ketika tiba kesempatan anda untuk berbicara. Pancing mereka untuk terus mengatakan iya, sampai pada tahap deal.

12. Pastikan Untuk Melakukan Eye Kontak Saat Berbicara

Tunjukkan antusiasme anda dalam pembicaraan dengan menatap mata calon nasabah anda. Dengan memberikan perhatian mereka akan merasa dihormati. Jangan sesekali membuang muka ketika berbicara atau menjawab pertanyaan. Paling penting bahwa 15 detik pertama anda sangat berarti untuk berlanjut atau tidaknya penawaran anda.

Testimoni Dan Rekomendasi

Ketika anda berhasil melakukan pemasaran maka hal yang paling penting anda lakukan adalah meminta testimoni dan rekomendasi database. Tanyakan kepada nasabah anda orang-orang yang kemungkinan akan tertarik dengan produk anda. Entah teman kantor atau keluarganya.

Tips Menjadi Marketing Handal
Testimoni dan rekomendasi

13. Simpan Testimoni Nasabah

Pastikan anda memiliki tempat penyimpanan testimoni nasabah. Testimoni harus lengkap dengan nama nasabah, tanggal pemasaran, dan juga produk yang dibeli. Semua itu akan sangat penting untuk anda gunakan dalam pemasaran berikutnya pada orang yang berbeda. Seseorang tertarik untuk membeli produk tertentu apabila melihat banyak testimoni yang bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Catatan: Hargai privasi nasabah anda jika tidak ingin memberikan testimoni.

14. Jadikan Data Yang direkomendasikan Sebagai Target Potensial

Segera perbaiki list potensial pada daftar database anda. Letakkan pada posisi teratas jika anda mendapatkan rekomendasi. Segera melakukan kunjungan pada data yang direkomendasikan tersebut.

Keep Spirit

Tenaga marketing harus punya semangat juang yang tinggi. Terjun ke lapangan dan bertemu langsung dengan calon nasabah memang bukan hal mudah. Penawaran produk tidak selamanya berjalan mulus. Penolakan pasti terjadi jadi yang penting adalah tetap semangat menjalaninya.

Tips Menjadi Marketing Handal
Pertahankan Semangat

15. Jaga Konsistensi

Apapun yang terjadi kemarin, tidak akan membuat semangat anda berubah hari ini. Anda harus tetap melakukan aktivitas seperti biasaya. Melihat daftar database pada posisi potensial dan melakukan kunjungan. Lakukan presentase dengan keyakinan mampu melakukan closing.

16. Jangan Cepat Puas

Bersyukur itu penting, puas akan pencapaian sangat perlu. Tapi larut dalam rasa puas akan pencapaian target itu sangat berbahaya. Database anda harus tetap diupdate. Target selanjutnya masih harus dikejar.

17. Perluas Jaringan

Untuk terus menambah database maka anda harus terus memperluas jaringan anda. Bergaul dengan orang-orang dari berbagai kalangan. Masuk dan aktif di berbagai komunitas hobi. Jangan lupa selalu minta saran dan arahan dari suvervisor dan pimpinan anda.

Kesimpulan dari semua tips di atas adalah jangan pernah menyerah pastikan bahwa anda memahami terlebih dahulu apa yang akan anda jual, siapa target pasar anda dan kapan waktu terbaik melakukan penjualan. Penolakan pasti ada, namun dengan tetap semangat dan mau berusaha database anda terus bertambah.

Loading...

Baca Juga