14 Tips Menjadi Karyawan Teladan Di Tempat Kerja
Menjadi karyawan teladan tentu menjadi impian semua pekerja. 15 tips sederhana ini mungkin bisa membantu anda mewujudkan impian anda menjadi karyawan terbaik!

Dunia kerja tidak lepas dari adanya reward and punishment. Tentunya bagi anda yang memilih menjadi karyawan berharap bisa mendapat reward setiap bulan. Apalagi jika dipercaya menjadi karyawan teladan. Karyawan yang bisa dijadikan contoh oleh karyawan lain.

Tentunya tidak mudah untuk mendapatkan predikat karyawan teladan. Apalagi jika bekerja pada perusahaan besar, skala nasional atau international. Jumlah karyawan yang sangat banyak, tanggung jawab dan etos kerja tinggi. Lalu seperti apa tips menjadi karyawan teladan?

Tips Menjadi Karyawan Teladan Dimanapun Anda Bekerja

Pada dasarnya sebuah penghargaan diberikan atas prestasi yang ditorehkan. Kinerja anda akan selalu mendapatkan balasan yang setimpal, tentunya dengan keikhlasan anda melakukannya. Ketika kerja keras hanya karena niat mendapatkan predikat karyawan teladan malah tidak akan dapat apa-apa. Nah, berikut ini tips menjadi karyawan teladan yang bisa anda praktekkan.

1. Selesaikan Pekerjaan Sesuai Target

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Bekerja Sesuai Target

Menjadi karyawan berarti memilih bekerja dengan target. Entah target waktu atau target pencapaian. Nah ketika bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai target, maka poin penilaian baik tentu didapatkan.

Pemberian target dari perusahaan adalah untuk mengukur kinerja karyawan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui batas minimal pencapaian target. Sehingga tidak dicap sebagai karyawan yang kurang produktif. Kalau memang tidak bisa mencapai atau melebihi target yang diberikan paling tidak jangan sampai melewati batas minimal sesuai ketentuan.

2. Rajin Ikut Rapat/ Briefing

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Ikut Briefing

Rapat atau briefing adalah ruang untuk berkomunikasi secara langsung dengan pimpian rekan kerja secara formal. Oleh karena itu dengan membiasakan diri ikut rapat maka akan mudah dikenal oleh rekan kerja lain dan pimpian. Tetapi bukan hanya sekedar ikut rapat saja. Sebisa mungkin sampaikan ide-ide konstruktif untuk perusahaan.

Banyak karyawan produktif tetapi tidak mampu menyampaikan ide di ruang rapat. Jadi, dengan memiliki kemampuan menyampaikan ide, saran, bahkan kritikan di ruang rapat tentu akan menjadi nilai tambah. Untuk menjadi pemimpin tentu harus bisa berbicara di depan umum, jadi mulailah dari ruang rapat.

3. Biasakan Bersosialisasi Dengan Rekan Kerja

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Bersosialisasi

Rekan kerja anda adalah keluarga di tempat kerja. Jadi, bangun keakraban dengan mereka. Sering-sering berkomunikasi tanpa memilih siapapun itu. Manfaatkan waktu istirahat untuk saling berbagi pengalaman, cerita-cerita menarik.

Jangan menutup diri dari rekan kerja. Karena berbagi pengalaman dan cerita dengan mereka akan menambah wawasan dan pengetahuan baru. Selain itu dengan membangun keakraban mereka akan lebih mudah memberikan bantuan ketika anda mendapatkan masalah dalam pekerjaan.

4. Berikan Bimbingan dan Arahan Kepada Karyawan Baru

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Bimbing Karyawan Baru

Jadilah senior yang baik kepada karyawan baru. Berikan mereka bimbingan yang benar. Arahan untuk menyelesaikan pekerjaan. Sampaikan aturan yang berlaku dalam perusahaan. Jangan biarkan karyawan baru di tempat kerja anda kebingungan tidak tahu harus kerja apa.

Dengan menjadi senior yang maka anda menunjukkan jiwa kepempinan. Bagaimana anda memberikan solusi kepada karyawan baru. Petunjuk anda tentunya akan sangat berarti.

5. Jaga Hubungan Baik Dengan Atasan

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Jaga Hubungan Dengan Atasan

Mungkin anda pernah merasa tidak senang kepada atasan. Mungkin karena atasan suka marah-marah, sering mengeluarkan perkataan yang menyinggung perasaan dan lain sebagainya. Yah, pekerjaan atasan memang seperti itu. Itu adalah cara yang bisa dilakukan agar bawahannya bisa bekerja lebih maksimal lagi.

Bagaimana pun anda butuh atasan untuk mengarahkan. Maka jalan terbaik yang harus anda lakukan adalah berdamai dengan atasan anda. Jangan membuat jarak, tapi bangunlah keakraban. Perlahan anda dan atasan akan saling mengerti, karena sesungguhnya kalian saling membutuhkan satu sama lain.

6. Pertahankan reputasi Kerja

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Reputasi Kerja

Anda perlu menjaga reputasi kerja anda. Penilaian bukan hanya diberikan dari penyelesaian pekerjaan anda. Tetapi banyak aspek, misalnya kehadiran anda di tempat kerja. Kapan anda datang dan kapan pulang. Percuma juga anda memiliki kinerja bagus dalam menyelesaikan tugas jika ternyata tidak disiplin.

Jadi, buat selaras antara penyelesaian pekerjaan anda dengan kedisiplinan. Bangun reputasi kerja yang baik dan pertahankan itu. Jangan menunggu ditegur atau malah terbiasa mendapat teguran karena masalah kedisiplinan.

7. Terima Kritikan Dengan Lapang Dada

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Terima Kritikan

Sadari bahwa ketika orang lain tidak sempurna maka anda pun demikian. Kesalahan bisa saja anda lakukan, mungkin tidak hari ini. Jadi, bersiaplah menerima kritikan kapan saja.

Percayalah bahwa orang memberikan kritikan karena ingin melihat anda berkembang lebih baik lagi. Jadikan itu sebagai bahan untuk memacu diri bekerja lebih baik lagi. Motivasi memang terkadang didapatkan dengan cara yang pahit namun pastinya berbuah manis.

8. Biasakan Memberikan Solusi

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Berikan Solusi

Tempat kerja adalah tempat yang penuh masalah. Maka jadilah pembawa solusi. Entah masalah yang dihadapi oleh rekan kerja anda. Masalah pada departemen atau masalah perusahaan secara umum.

Dengan menjadi pembawa solusi, tentu anda membuktikan bahwa anda layak mendapatkan apresiasi. Namun tentu poinnya bukan itu, karena memberikan solusi memang tanggung jawab karyawan. Namun ternyata tidak semua karyawan bisa melakukannya. Jadi, ketika anda bisa maka anda tentu berbeda dengan karyawan pada umumnya.

9. Jangan Bergosip Di Ruang Kerja

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Jangan Bergosip

Rasa lelah, penat, letih, dan sebagainya terkadang butuh refreshing. Apalagi ketika sore menjelang jam pulang. Biasanya dijadikan waktu untuk bergosip sesama karyawan. Apalagi ketika atasan sedang tidak ada di tempat.

Sebagai karyawan profesional, yang dibayar karena waktu dan pekerjaannya. Hindari ikut bergosip di jam kerja. Tetap kerjakan apa yang seharusnya anda selesaikan. Jika memeng pekerjaan untuk hari ini selesai, anda bisa mempersiapkan pekerjaan besok atau mereview kembali siapa tahu masih ada bagian yang butuh dikoreksi.

10. Biasakan Konsultasikan Pekerjaan Dengan Atasan

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Konsultasikan Pekerjaan

Selain memberikan tugas kepada bawahan seorang atas tentunya tahu tentang kualitas pekerjaan bawahannya. Jadi, kerjanya bukan mendelegasikan pekerjaan dan melepasnya begitu saja. Oleh karena itu biasakan untuk konsultasikan pekerjaan anda.

Mulai dari tujuan dari tugas sampai review hasil pekerjaan yang anda lakukan. Dengan begitu anda sudah siap menerima kritikan dan juga bisa membangun hubungan baik dengan atasan.

11. Hindari Bermain Gadget di Jam Kerja

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Jangan Bermain Gadget

Fenomena media sosial dan arus perkembangan teknologi informasi membuat gadget sangat dibutuhkan. Namun sebagai karyawan sebaiknya tahu kapan harus bermain gadget. Ketika anda terbiasa bermain gadget sambil bekerja maka buang jauh-jauh kebiasaan tersebut.

Mulailah fokus pada pekerjaan anda. Karena dengan bekerja sambil bermain gadget bisa memecah konsentrasi dan fokus anda. Pada akhirnya bisa menimbulkan kesalahan pada apa yang anda kerjakan. Kecuali pekerjaan anda memang mengharuskan anda bermain gadget setiap saat.

12. Jangan Bolos Kerja

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Jangan Bolos Kerja

Bolos kerja adalah penilaian paling negatif dalam dunia kerja. Apapun alasannya jangan sekali-kali meninggalkan kantor tanpa ijin dari atasan. Meskipun anda tidak punya sesuatu untuk dikerjakan lagi anda tidak boleh pergi tanpa izin.

Bahkan meminta izin tanpa keperluan yang terlalu mendesak sekalipun seharusnya tidak perlu anda lakukan. Bisa saja ada pekerjaan mendadak yang harus anda selesaikan. Jadi, anda tetap harus standby.

13. Jaga Profesionalisme anda

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Jaga Profesionalisme

Sebagai seorang karyawan anda tentu dituntut untuk bersikap profesional dalam kondisi apapun. Di dalam kantor tentunya anda hanya bisa membahas sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan. Maka jangan pernah membuka ruang pembicaraan yang mengarah pada hal-hal pribadi kepada rekan kerja saat jam kerja.

Profesional adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya dengan porsi yang tepat. Jadi, pastikan anda siap untuk berbicara apa aja ketika diluar jam kerja. Hanya melayani perbincangan tentang masalah pekerjaan ketika jam kerja.

14. Ikuti Pendidikan/ Pelatihan Yang dilakukan Oleh Perusahaan

Tips Menjadi Karyawan Teladan
Ikut Pelatihan

Untuk pengembangan sumber daya manusia. Sebuah perusahaan terkadang mengadakan pelatihan untuk karyawan. Jadi, sebagai karyawan yang baik anda harus bisa mengikutinya. Entah pelatihan tersebut dilakukan pada hari kerja atau diluar hari kerja. Dilakukan di kota anda atau diluar kota.

Ingat bahwa manfaat pelatihan itu sangat baik untuk perkembangan karir anda. Jadi, jangan menunda-nunda dengan berbagai macam alasan. Tunjukkan bahwa anda mau belajar dan siap untuk terus berkembang.

Menjadi karyawan teladan mungkin memang berat. Namun menjalankan tips ini dengan penuh keiklasan dan rasa tanggung jawab sebagai seorang karyawan tentunya tidak akan menjadi masalah.

Baca Juga