15 Cara Melamar Kerja Lewat Online Yang Baik Dan Benar
Banyak dari calon pekerja yang menggunakan sistem manual justru kalah cepat dibandingkan mereka yang menggunakan sistem online dalam melamar pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melamar pekerjaan lewat online agar tidak ketinggalan dengan pencari kerja lainnya yang sudah menggunakan teknik serupa.

Pekerjaan menjadi sebuah kebutuhan penting bagi setiap orang untuk bertahan hidup dan memeroleh penghasilan. Namun, saat ini ranah pekerjaan sudah semakin berbeda dengan zaman dulu yang mengandalkan segala hal berbau manual. Di era digital yang seperti sekarang, pekerjaan bukan hanya tersedia secara manual saja tetapi juga secara millennial, dimana dalam praktiknya seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan harus berusaha tidak hanya dengan datang ke perusahaan terkait saja tetapi juga memanfaatkan akses internet untuk mencari pekerjaan.

Sistem online memang sudah berlaku sejak beberapa tahun terakhir. Pencarian pekerjaan atau talent yang dibutuhkan perusahaan sudah lama mulai memanfaatkan sistem online sebagai sarana mereka mendapatkan pekerjaan atau pegawai yang berkualitas. Oleh sebab itu, banyak dari calon pekerja yang menggunakan sistem manual justru kalah cepat dibandingkan mereka yang menggunakan sistem online dalam melamar pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melamar pekerjaan lewat online agar tidak ketinggalan dengan pencari kerja lainnya yang sudah menggunakan teknik serupa. Simak yuk!

1. Hal yang Harus Dipersiapkan

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
persiapkan dokumen

Sebelum memutuskan untuk melamar kerja secara online, anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti dokumen, mental, serta kemampuan anda di bidang yang ingin anda ajukan lamaran. Persiapkan akses internet, serta memastikan bahwa semua data yang dibutuhkan untuk melamar kerja sudah dipersiapkan di atas meja anda.

2. Akses Internet Tangguh

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
akses internet

Sebagian perusahaan akan menggelar tes online yang kemungkinan saja anda ikuti ketika dalam proses melamar pekerjaan secara online. Nah, disaat seperti ini anda membutuhkan koneksi internet yang tangguh untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan lancar.

3. Siapkan CV

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
CV

Curriculum Vitae sudah menjadi salah satu data yang wajib anda persiapkan. Jangan lupa mengedit data CV anda dengan data yang baru di tahun tersebut, mulai dari usia hingga pengalaman kerja sebelumnya. Simpan data CV anda dengan menggunakan nama lengkap anda untuk memudahkan tim HRD dari perusahaan yang anda tuju untuk memeriksanya.

4. Cover Letter

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
cover letter

Selain CV yang sudah berisi, alangkah baiknya anda juga mempersiapkan cover letter yang berguna untuk mengisi posisi lain untuk dilamar. Jadi, anda tidak perlu menghapus keterangan dari file sebelumnya kemudian menyimpannya kembali. Hal ini akan menyulitkan anda ketika harus mencari data di kemudian hari.

5. Data Pengalaman Kerja

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
pengalaman kerja

Pengalaman kerja adalah sebuah catatan penting yang harus dipersiapkan dengan matang. Nah, inilah yang harus anda gunakan sebaik-baiknya untuk menunjukan kemampuan anda di bidang tersebut. Selain riwayat pendidikan, data pengalaman kerja juga sangat penting untuk anda gunakan sebagai pemberitahuan singkat pada perusahaan tempat anda melamar pekerjaan. Sertakan juga jabatan, masa kerja, hingga gaji bila dibutuhkan.

6. Pelajari Format

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
pelajari format

Secara konvensional, tentu anda sudah menyadari bahwa ada kisi-kisi yang penting ketika menulis CV. Cobalah menggunakan acuan CV yang ada pada Job-like sebagai panduan saat menulis CV untuk perusahaan tujuan anda.

7. Mencari Lowongan Pekerjaan

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
cari lowongan kerja

Setiap perusahaan pasti sudah mengumumkan posisi pekerjaan yang sedang mereka cari. Nah, anda tinggal mencari lowongan pekerjaan dalam satu wadah saja, tanpa perlu mengunjungi website masing-masing perusahaan. Beberapa website sudah menawarkan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan ternama untuk anda kunjungi. Setelah menemukan situs lowongan pekerjaan, anda bisa mencatatnya terlebih dulu sebelum menentukan perusahaan yang pasti untuk dilamar.

8. Langsung Menuju Website Perusahaan

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
cari website perusahaan

Setelah mencatat semua lowongan pekerjaan yang anda kehendaki, anda bisa memulai mengunjungi website perusahaan tersebut. Disinilah langkah anda melamar pekerjaan secara online akan dimulai. Ketika anda mengunjungi website perusahaan maka akan tertera pula lowongan pekerjaan yang dimaksudkan. Langsung saja pilih menu lowongan pekerjaan online di website tersebut untuk berhubungan secara online dengan HRD perusahaan yang dimaksudkan.

9. Perhitungkan Waktu Pekerjaan

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
jam kerja

Memperhitungkan waktu pekerjaan penting bagi anda yang ingin mencari pekerjaan paruh waktu. Hal ini untuk memastikan pada perusahaan yang akan dilamar tentang waktu bekerja dan memulai pekerjaan anda. Sebaiknya, atur jadwal terlebih dulu sebelum mengisi kolom tentang ini.

10. Kata Kunci

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
kata kunci

Kata kunci diperlukan ketika anda mencari posisi pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang anda kuasai. Pastikan anda memasukan kata kunci yang memang sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan.

11. Ikuti Instruksinya

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
ikuti instruksi

Ketika melamar kerja secara online, perusahaan akan meminta beberapa hal dari pelamar kerja. Seperti melakukan tes online, atau  menyuruh calon pekerja untuk mengupload file foto, mengunggah CV atau menyuruh anda untuk mengirimkan file penunjang lainnya. Pastikan, anda mengikuti semua instruksi tersebut.

12. Selalu Ikuti Perkembangan Informasi

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
cari informasi

Setelah lamaran online berhasil anda lakukan, jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan informasi di website perusahaan tersebut. Hal ini bisa dilakukan bila anda memiliki kenalan orang dalam perusahaan tujuan anda, sehingga perkembangan tentang lowongan pekerjaan yang sudah anda lakukan bisa dipantau setiap saat.

Baca Juga: 15+ Cara Cepat Gemuk Dengan Alami dan Mudah Yang Patut dicoba

13. Melamar Via Email

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
lamar via email

Selain menggunakan sistem online secara langsung, ada juga perusahaan yang memberlakukan pengiriman lamaran pekerjaan lewat email. Siapkan dengan baik data serta pas photo yang harus anda sertakan dan kirim sesegera mungkin pada email yang sudah diberitahukan kepada anda.

14. Mencari Tahu Referensi Gaji

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
referensi gaji

Referensi gaji pada posisi yang anda lamar juga perlu anda ketahui. Pasalnya, ketika wawancara dilakukan, pertanyaan seputar gaji yang anda inginkan pasti akan terlontar dari mereka yang mewawancarai anda. Jadi, anda bisa tahu lebih dulu kisaran gaji yang sepantasnya anda dapatkan dari posisi tersebut.

15. Siapkan Wawancara

15 Cara Melamar Kerja Lewat Online
wawancara kerja

Menyiapkan mental dan fisik adalah salah satu hal penting yang harus anda lakukan ketika sampai di tahap terakhir. Cobalah untuk mulai mencari tahu tentang tugas di posisi anda, atau mencari tahu tentang latar belakang perusahaan tujuan anda. Dengan begitu, anda pun tidak akan kelimpungan saat menjawab pertanyaan ketika wawancara.

Demikian artikel informatif yang memuat 15 cara melamar kerja lewat online yang bisa menjadi referensi untuk anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Loading...

Baca Juga