25 Manfaat Ubi Ungu Yang Belum Banyak Diketahui Orang
Seiring perkembangan jaman, ubi ungu tak lagi hanya dimanfaatkan sebagai makanan biasa. Ubi ungu pun kini banyak diolah jadi cemilan sehat. Selain jadi makanan dan minuman, ubi ungu juga banyak digunakan sebagai bahan kosmetik.

Di Indonesia, umumnya ubi jalar diolah dengan cara sederhana. Cukup direbus atau digoreng dengan adonan tepung. Ubi jalar juga biasa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi untuk memenuhi asupan karbohidrat tubuh. Selain sebagai penampah tenaga, tak banyak yang tahu jika ubi juga ternyata mengandung vitamin dan mineral penting. Khusus ubi ungu ini, diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik dalam menangkal berbagai penyakit berbahaya.

1. Sumber Karbohidrat

Ubi Ungu
Ubi Ungu

Mengkonsumsi ubi memang tidak sekenyang dibanding makan nasi. Tapi, kandungan karbohidrat pada ubi bisa memberi energi yang cukup untuk mengawali aktivitas. Seporsi ubi ungu untuk sarapan bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat kamu di pagi hari.

2. Memperlancar ASI

Ubi ungu diketahui mengandung banyak zat laktagogum yang mampu membantu produksi ASI. Jadi, sangat disarankan untuk ibu hamil maupun ibu menyusui untuk mengkonsumsi ubi ungu.

3. Mencegah Anemia

Ubi ungu mengandung zat besi tinggi. Manfaat zat besi selain untuk proses pembentukan sel darah merah juga bisa mencegah anemia.

4. Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Ubi ungu memang mengenyangkan dan manis namun kandungan karbohidrat dan gulanya tidak akan mengganggu kadar gula darah. Sehingga cocok sekali untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

5. Anti Kanker

Ubi Ungu
Ubi ungu yang baru saja dipanen

Buah ataupun sayuran yang berwarna ungu diketahui mengandung antioksidan tinggi. Seperti halnya dengan ubi yang satu ini. Ubi ungu yang kaya akan antioksidan mampu menghambat berkembangan sel- sel kanker pada tubuh.

6. Untuk Kesehatan Mata

Ubi ungu juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.

7. Untuk Kesehatan Jantung

Selain antioksidan, ubi ungu juga mengandung vitamin A, vitamin C dan E. Vitamin inilah yang bertugas menguatkan otot- otot jantung agar tetap berfungsi dengan baik. 

Baca juga: 30 Gejala Stroke Yang Perlu Kita Waspadai

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Ubi ungu mengandung vitamin K yang tinggi. Dimana vitamin ini berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang. Jadi, ubi ungu pun sangat baik bagi anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. 

9. Untuk Kesuburan

Rutin mengkonsumsi ubi ungu bisa meningkatkan kesuburan. Khusus pada wanita, makanan ini bisa menjadi suplemen untuk membantu proses ovulasi dalam kandungan.

10. Mencegah Asma

Ubi ungu dapat menjadi obat alami bagi penderita asma. Rutin makan ubi ungu bisa mencegah datangnya kembali serangan asma pada penderita.

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan kandungan serat tinggi, ubi ungu mampu menjaga sistem metabolisme pada pencernaan. Rutin mengkonsumsi makanan ini bisa mencegah terjadinya sembelit karena menjaga kesehatan lambung dan usus.

12. Anti Infeksi

Es krim ubi ungu
Es krim ubi ungu

Ubi ungu sudah teruji klinis dikenal mampu mencegah infeksi pada tubuh. Bagi yang suka alergi hingga sering terjadi perubahan fisik karena alergi yang dialami, harus rutin mengkonsumsi makanan ini.

13. Menangkal Bakteri Pada Tubuh

Tidak hanya anti peradangan, rutin makan ubi ungu juga bisa menangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

14. Melancarkan Peredaran Darah

Zat antosianin pada ubi ungu diketahui mampu memperbaiki sistem peredaran darah.

15. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker Ubi Ungu
Masker Ubi Ungu

Rutin mengkonsumsi dan memanfaatkan ubi ungu jadi masker atau bedak ternyata bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Kamu cukup menghaluskan ubi ini dengan tambahan yoghurt, sudah bisa langsung dioleskan pada wajah dan leher.

16. Mencegah Wasir

Tanaman Ubi Ungu
Tanaman Ubi Ungu

Wasir adalah penyakit dengan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada daerah anus. Biasanya terjadi jika sistem pembuangan tidak lancar akibat makanan yang dikonsumsi tidak tercerna dengan baik. Ubi ungu mampu mengatasi penyakit ini karena seratnya yang tinggi sangat baik dalam membantu kinerja sistem pencernaan.

17. Bahan Makanan

Ubi ungu bisa diolah menjadi jenis makanan apa saja. Kini pun mudah dijumpai olahan ubi ungu, mulai dari keripik, es krim, hingga pasta. Selain rasanya enak, olahan makanan ini tentu memiliki gizi tinggi.

18. Bahan Minuman

Tak hanya makanan, ubi ungu juga bisa diolah jadi minuman enak yang sehat. Kamu bisa membuat smoothies atau jus dari ubi ungu. 

19. Bahan Kosmetik

Tak perlu repot mengolah masker ubi ungu untuk digunakan sendiri di rumah. Karena kini sudah banyak produknya yang dijajakan online. Masker dan lulur ubi ungu cocok untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

20. Menghaluskan Tumit

Bagi yang memiliki masalah tumit kasar dan kulitnya pecah- pecah, cukup rutin mengoleskan masker ubi ungu. Kandungan antioksidan dan vitamin C nya akan membantu mengembalikan tumit halus seperti sediakala.

21. Menghilangkan Lingkaran Mata

Kantung mata atau lingkaran hitam pada mata biasanya terjadi karena faktor kelelahan. Umumnya gejala ini timbul akibat kurang tidur di malam hari. Kandungan vitamin E yang tinggi pada ubi ungu mampu membantu mencerahkan kulit kantung mata. 

22. Mengatasi Kulit Berminyak

Masker ubi ungu
Masker ubi ungu

Rutin menggunakan masker ubi ungu tak hanya mencerahkan kulit wajah tapi bisa membantu mengurangi kadar minyak. Meskipun mampu mengangkat minyak, namun masker ubi ungu ini tidak membuat kulit jadi kering. Ubi ungu justru bisa menjaga kelembaban kulit.

23. Mencegah Kerutan

Kandungan antioksidan tinggi pada ubi ungu dapat mencegah penuaan dini, salah satunya mengatasi kerutan pada kulit wajah.

24. Mencegah Kerusakan Hati

Zat antosianin pada ubi ungu bisa membantu kinerja hati dengan baik sehingga kerusakan organ vital ini pun bisa dicegah.

25. Menambah Berat Badan

Donat Ubi Ungu
Donat Ubi Ungu

Meskipun ubi ungu mengandung serat tinggi yang bisa digunakan sebagai makanan diet. Nyatanya makananan ini bisa juga menambah berat badan. Kandungan karbohidrat dan lemak pada ubi ungu memang cukup tinggi. 

Setelah tahu manfaat dahsyat dari ubi ungu, tentunya kamu makin giat untuk mengkonsumsi makanan sehat ini. Mengkonsumsi ubi ungu pun kini makin menyenangkan. Kamu bisa menikmati ubi ungu dengan olahan es krim, keripik, bahkan minuman dari ubi ungu pun ada. 

Baca Juga