17 Manfaat Tomat Untuk Kulit Wajah yang Perlu Diketahui
Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa asam karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A dan bersifat antioksidan.

Manfaat Tomat Untuk Wajah - Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tomat bukan? Meskipun banyak yang menyebutnya sebagai buah, tomat termasuk golongan sayuran dan masih satu famili dengan paprika serta sangat kaya akan antioksidam vitamin A dan vitamin C. Tomat juga sering digunakan untuk bahan masakan, maupun di konsumsi dalam bentuk jus. Namun, tahu kah anda, tomat memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa manfaat tomat yang bagus untuk kulit wajah.

1. Menghilangkan Komedo

Manfaat Tomat Untuk Wajah
Menghilangkan komedo

Manfaat tomat yang paling baik untuk wajah adalah menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan tomat sangat mudah, anda cukup menghaluskan tomat dan menjadikannya sebagai masker wajah. Lakukan dengan rutin hingga komedo menghilang tanpa jejak. 

2. Mendinginkan Kulit

Jika anda melalukan banyak aktivitas diluar rumah, otomatis kulit wajah akan terkena terik matahari. Untuk mendinginkan kembali kulit wajah anda, irislah tomat kemudian tempelkan pada wajah beberapa saat. Kulit wajah akan kembali segar seperti semula. 

3. Memutihkan Kulit

Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih, anda tidak perlu menggunakan kosmetik yang pastinya mengandung bahan kimia. Anda dapat memanfatkan tomat untuk memutihkan wajah anda secara alami. Hal ini karena tomat mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga menjadikan kulit sehat, bercahaya dan tampak putih.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat biasanya lebih rentan timbul karena sisa sisa polusi atau riasan yang tertinggal pada wajah. Banyaknya jerawat yang timbul pada wajah, dapat menyebabkan rasa percaya diri menurun. Selain menghilangkan komedo, tomat juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Kandungan yang ada dalam tomat dapat mengatasi penggumpalan darah dalam tubuh, termasuk jerawat. 
Cara memanfaatkan tomat untuk menghilangkan jerawat sangat mudah, haluskan tomat dan gunakan sebagai masker wajah. Lakukan sesering mungkin hingga semua jerawat di wajah anda hilang tanpa bekas.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori wajah yang besar sangat merusak penampilan, dan membuat riasan wajah menjadi tidak sempurna. Mengecilkan pori-pori wajah juga menjadi salah satu manfaat Tomat. Selain itu, tomat juga dapat mengencangkan kulit wajah yang mengendur. 

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Untuk mengatasi kulit berminyak, anda membutuhkan tomat yang dicampur dengan timun. Haluskan dan campur kedua bahan tersebut, kemudian gunkan sebagai masker wajah. Lakukan sesering mungkin agar kulit berminyak lebih cepat teratasi.

7. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Seperti yang kita tahu, sinar Ultra Violet dapat merusak kulit bahkan mengakibatkan kanker. Untuk itu, konsumsilah tomat setiap hari agar terhindar dari pengaruh buruk sinar Ultra Violet. 

8. Mengatasi Kantung Mata

Kantung mata dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah terlalu sering bergadang. Untuk mengatasinya, anda dapat memanfaatkan buah tomat. Caranya yaitu dengan menempelkan irisan tomat pada mata, diamkan hingga beberapa menit, kemudian basuh dengan air.

BACA JUGA: 27 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

9. Melembabkan Wajah

Manfaat tomat bagi kulit yang lainnya yaitu melembabkan wajah yang kering. Dalam hal ini, anda hanya perlu mengonsumsi tomat secara rutin setiap harinya.

10. Mencegah Kerusakan Sel Kulit

Manfaat Tomat
Mencegah kerusakan sel kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi pada tomat menjadikannya mampu mencegah keruskan sel kulit wajah. Selain itu, vitamin A dan C juga sangat berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan sehingga kulit tetap sehat.

11. Melindungi Kulit Dari Radikal Bebas

Tomat mengandung zeaxanthin dan flavonoid yang bagus untuk menangkal radikal bebas dan sinar ultraviolet. Untuk itu, biasakanlah mengonsumsi tomat setiap harinya. Akan tetapi, tomat sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong dipagi hari, karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi dapat merangsang asam lambung. Minumlah setelah sarapan atau sebelum tidur.

12. Sebagai Anti Aging

Tomat juga sangat bisa diandalkan sebagai anti aging alami. Jika anda ingin merawat wajah agar tetap terlihat awet mudah jangan gunakan bahan kimia seperti kosmetik yang banyak beredar dipasaran. Anda bisa menggunakan tomat untuk merawat kulit wajah secara alami. Anda bisa menjadikannya masker wajah, dan bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk jus. 

13. Menghaluskan Kulit Wajah

Selain berguna sebagai anti aging, toman juga dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit wajah anda. Tomat dapat menjaga sel-sel kulit wajah sehingga wajah kulit menjadi sehat dan halus. Seperti sebelumnya, jadikan tomat sebagai masker wajah, dan lakukan secara rutin.

14. Merawat Kulit 

Manfaat tomat
Merawat kulit

Kandung-kandungan baik yang terdapat dalam tomat, mampu melindungi kulit dari kerusakan. Anda bisa menggunakan minyak biji tomat untuk dioleskan ke wajah.

15. Mencegah Eksim

Selain untuk kecantikan kulit, tomat juga dapat mencegah timbuknya eksim pada kulit. Untuk mencegah timbulnya eksim, anda hanya perlu rutin meminum jus tomat setiap hari.

16. Mengatasi Kulit Terbakar

Beraktivitas diluar ruangan dan terpapar dengan terik matahari secara langsung, dapat mengakibatkan kulit terbakar. Biasanya kulit menjadi kemerah-merahan dan agak perih. Untuk mengatasinya, gunakan tomat yang telah dihaluskan, kemudian campurkan sedikit yogurt. Gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk dioleskan pada wajah secara merata. Efek dari kulit terbakar berangsur-angsur akan menghilang jika digunakan secara rutin.

17. Menyegarkan Mata

Bagi anda yang bekerja di depan komputer terlalu lama, akan menyebabkan mata anda menjadi lelah dan perih. Untuk menyegarkan kembali mata anda, ambillah tomat yang sudah didinginkan didalam kulkas, iris tipis kemudian tempelkan pada mata. Diamkan 10-15 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air biasa. Mata akan kembali fresh dan rileks.

Demikianlah beberapa manfaat tomat yang sangat baik untuk kecantikan kulit wajah. Jika anda ingin merawat wajah dengan menggunakan bahan yang alami, tomat adalah pilihan yang paling tepat untuk anda coba.

Loading...

Baca Juga