43 Manfaat Temulawak Bagi Kecantikan dan Kesehatan Yang Jarang Orang Ketahui
Temulawak adalah tanaman obat yang banyak sekali mengandung manfaat bagi manusia,terutama bagi kesehatan dan juga kecantikan.Adapun manfaat temulawak diantaranya dapat menjaga kecantikan kulit,mencegah kanker kulit serta dapat mengatasi sembelit.

Temulawak adalah jenis tanaman temu temuan yang berasal dari Indonesia.Temulawak merupakan tanaman obat yang banyak di manfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.Selain untuk kesehatan,tanaman temulawak juga banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit,itu karena temulawak mengandung banyak nutrisi dan mineral lainnya seperti karbohidrat,protein,magnesium,minyak atsiri,kalium dan masih banyak lagi kandungan zat lainnya yang baik bagi tubuh.Adapun manfaat temulawak bagi kesehatan dan kecantikan yang mungkin jarang orang ketahui adalah sebagai berikut.

1.Menghaluskan kulit

Manfaat temulawak bagi kecantikan yang pertama yaitu dapat membuat kulit menjadi halus.Gunakanlah masker wajah dari temulawak secara teratur karena dalam temulawak terkandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kulit.

2.Mengobati sakit maag

Mengobati sakit maag juga merupakan salah satu manfaat temulawak bagi kesehatan,Caranya dengan rutin mengkonsumsi air rebusan temulawak,karena dalam temulawak terkandung nutrisi yang dapat membuat asam lambung

Baca Juga : 30 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Jarang Orang Ketahui

3.Baik untuk ibu menyusui

Nutrisi dan mineral lainya yang ada pada temulawak dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI dan meningkatkan kualitas ASI,sehingga membuat si kecilpun tumbuh dengan sehat.

4.Mengatasi jerawat

Manfaat temulawak bagi kecantikan salah satunya adalah mengatasi jerawat yang membandel,kandungan anti bakterinya mampu membasmi bakteri penyebab jerawat.Caranya bisa dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak atau dengan menggunakan temulawak sebagai masker wajah.

5.Mengatasi kulit gelap

Dengan mengaplikasikan bubuk temulawak yang ditambah minyak zaitun ke wajah,dipercaya dapat mengatasi kulit gelap dan kusam,karena kandungan senyawa yang ada pada temulawak dan minyak zaitun mampu mengangkat sel sel kulit mati yang ada di wajah.

6.Mengatasi asam lambung

Penyakit asam lambung juga bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi air rebusan temulawak yang di campur dengan madu dan kunyit.

7.Menambah nafsu makan

Temulawak juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan kita,karena terkandung minyak atsiri yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.Caranya dengan meminum ramuan yang terdiri dari temulawak,asam jawa dan gula merah.

8.Menjaga fungsi hati

Kandungan katagoga yang ada pada temulawak,berperan aktif dalam memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan hati,sehingga kesehatan fungsi hatipun tetap terjaga.

9.Mencegah penuaan dini

Gunakanlah masker wajah dari temulawak secara teratur untuk mencegah penuaan dini yang membuat anda terlihat tua.

10.Mencegah serangan radikal bebas

Temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit.Konsumsilah air rebusan temulawak maksimal 3 kali sehari.

11.Mengatasi flek hitam

Konsumsilah temulawak secara rutin atau menggunakan temulawak sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek hitam yang selama ini mengganggu penampilan anda.

12.Melembabkan wajah

Untuk melembabkan kulit wajah menggunakan temulawak,caranya dengan mencampurkan bubuk temulawak bersama kuning telur dan minyak zaitun,lalu aplikasikan pada kulit wajah anda,tunggu hingga beberapa menit,dan bersihkan wajah hingga bersih.

13.Membuat awet muda

Ingin wajah terlihat awet muda selalu,cobalah teratur menggunakan masker yang terbuat dari temulawak atau dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak secara rutin,karena kandungan vitamin yang terdapat dalam temulawak dapat menutrisi kulit anda dan menjadikan anda selalu terlihat awet muda.

14.Menghilangkan keriput

Banyaknya keriput yang muncul di wajah kita,tentu saja dapat mengganggu penampilan kita,nah untuk mengatasinya,cobalah untuk menggunakan masker wajah yang terbuat dari bubuk temulawak.

15.Mengatasi kulit kusam

Kandungan vitamin serta nutrisi yang terdapat pada temulawak berguna untuk mencerahkan kulit wajah dan mengatasi kulit wajah yang kusam.Gunakanlah masker temulawak secara teratur.

17.Menghilangkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat yang susah hilang pun juga bisa diatasi dengan rutin menggunakan masker yang terbuat dari bubuk temulawak.Gunakanlah secara teratur agar noda bekas jerawat pun cepat hilang.

18.Mengatasi minyak berlebih

Banyak orang yang tidak percaya diri karena kulit wajah berminyak,untuk mengatasinya,gunakanlah masker wajah dari temulawak secara teratur.

19.Mengecilkan pori

Nutrisi yang ada pada temulawak juga mampu mengecilkan pori-pori wajah yang membesar.

20.Mengatasi peradangan

Mengkonsumsi temulawak juga dipercaya dapat mengatasi peradangan,karena kandungan kurkumin yang ada pada temulawak mampu menghambat pemindahan sel sel leuksit ke area yang terkena radang.

21.Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam temulawak dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak secara rutin.

22.Mencegah kanker kulit

Mengkonsumsi temulawak secara rutin dipercaya dapat mencegah kanker kulit,karena dalam temulawak terkandung zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

23.Meredakan asma

Nutrisi yang terdapat dalam temulawak juga di percaya mampu meredakan penyakit asma,konsumsilah air rebusan temulawak saat asma anda mulai kambuh.

24.Mengobati sakit ginjal

Temulawak juga dipercaya dapat mengobati sakit ginjal,itu karena kandungan nutrisi yang ada di temulawak tersebut.Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak secara rutin setiap hari.

25.Mengobati bisul

Untuk mengobati bisul dari dalam,kita bisa dengan menggunakan ramuan dari temulawak.Caranya dengan meminum air rebusan temulawak yang di campur dengan gula merah.

26.Menurunkan kadar kolesterol

Temulawak mengandung zat kurkuminoid yang befungsi menurunkan lemak dan kolesterol dalam darah,sehingga peredaran darah pun menjadi lancar.

27.Mengatasi rasa mual

Kandungan nutrisi dan mineral lainnya juga dipercaya efektif dalam mengatasi mual.Minumlah air rebusan temulawak selagi hangat.

28.Menjaga kesehatan jantung

Konsumsilah air rebusan temulawak secara rutin dan teratur,karena nutrisi yang terdapat dalam temulawak dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung,jika jantung selalu sehat maka kita terhindar dari penyakit jantung dan serangan jantung.

29.Mengobati sakit kepala

Atasilah sakit kepala dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak yang dicampur dengan gula merah.

30.Mengatasi masuk angin

Ketika masuk angin cobalah untuk mengkonsumsi teh temulawak yang di campur dengan gula jawa,karena temulawak akan menghangatkan badan anda dan gejala masuk angin pun akan segera mereda.

31.Mengatasi komedo

Untuk mengangkat komedo yang menggangu penampilan anda,gunakanlah masker wajah yang terbuat dari temulawak,gunakanlah secara teratur agar komedo cepat hilang.

31.Mengatasi susah tidur

Kandungan senyawa yang terdapat dalam temulawak juga berguna untuk mengatasi susah tidur atau insomnia.

32.Melancarkan menstruasi

Meminum air rebusan temulawak juga di percaya dapat melancarkan menstruasi,itu karena nutrisi yang terdapat didalamnya.

33.Meredakan nyeuri saat menstruasi

Bagi wanita yang sering merasakan nyeuri saat datang bulan atau menstruasi,cobalah untuk mengkonsumsi minuman yang terbuat dari campuran temulawak,asam jawa dan gula merah,karena kandungan senyawa yang terdapat dalam ramuan itu mampu mengurangi dan meredakan rasa nyeuri saat menstruasi.

34.Mengatasi sembelit

Sembelit juga dapat diatasi dengan cara meminum ramuan yang terbuat dari temulawak dan campuran asam jawa serta gula merah.Kandungan kurkumin serta serat yang ada pada ramuan tersebut dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan.

35.Mengatasi sakit pinggang

Sakit pinggang pun kini dapat diatasi dengan cara meminum air rebusan temulawak yang dicampur dengan daun kumis kucing dan kunyit.Konsumsilah maksimal 2 kali dalam sehari.

36.Mengatasi anemia

Kandungan nutrisi yang ada pada temulawak juga berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah,sehingga dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak secara rutin dipercaya dapat mencegah kita dari anemia.

37.Mencegah tumor lambung

Kandungan kurkumin yang ada pada temulawak mampu mencegah perkembangan tumor di lambung,konsumsilah air rebusan temulawak secara rutin dan teratur.

38.Menjaga kesehatan gigi

Senyawa yang terkandung dalam temulawak juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegahnya dari kerusakan.Caranya dengan menjadikan air rebusan temulawak sebagai obat kumur.

39.Mengobati batuk

Untuk mengobati batuk dengan menggunakan temulawak,caranya yaitu dengan meminum air rebusan temulawak hangat yang di campur dengan madu.

40.Mencegah kanker prostat

Kanker prostat adalah kurkumin yang terdapat dalam temulawak dipercaya mampu menghambat perkembangan sel kanker prostat.Konsumsilah air rebusan temulawak secara rutin dan teratur.

41.Mengatasi sariawan

Tak hanya dapat menjaga kesehatan gigi,temulawak pun juga bisa menjaga kesehatan mulut,dan salah satunya dapat mengobati sariawan di mulut,caranya dengan menggunakan air rebusan temulawak untuk berkumur.

42.Mengobati alergi

Ketika alergi anda kambuh cobalah untuk membuat ramuan yang berbahan dasar temulawak yang di campur dengan daun maniran serta daun sambiloto,kemudian semua bahan direbus hingga mendidih dan setelah dingin,saring airnya dan minumlah air ramuan tersebut,maka alergi pun akan berangsur-angsur mereda.

43.Mengobati cacar air

Manfaat temulawak bagi kesehatan yang terakhir yaitu dapat mengobati cacar air.Ketika anda mengalami sakit cacar air,cobalah untuk meminum ramuan yang terbuat dari air rebusan temulawak yang dicampurkan asam jawa,serta di beri perasa gula merah.Dipercaya nutrisi yang terdapat dalam temulawak dapat mengobati penyakit cacar air.

Baca Juga