25+ Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Walaupun tak sepopuler teh hijau dan teh melati,namun teh hitam tak kalah bermanfaatnya dari teh lainnya,diantara manfaat teh hitam adalah dapat menjaga kesehatan jantung,meningkatkan sistem imunitas tubuh dan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Manfaat teh hitam.Teh hitam memang tak sepopuler teh lainnya,seperti teh hijau dan teh melati,teh hitam adalah teh yang di sarikan dari sebuah teh yang bernama camellia sinensi varietes assamica yang memiliki kandungan polifenol yang sangatlah tinggi.

Adapun manfaat teh hitam bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut.

1.Menjaga kesehatan jantung

manfaat teh hitam
Image : mediabogor.com

Manfaat teh hitam yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung,hal tersebut di karenakan terkandung zat flavonoid di dalam teh hitam,konsumsilah teh hitam secara rutin setiap hari.

2.Mengatasi Insomnia

manfaat teh hitam
Image ; slinkmagazine.com

Kandungan senyawa yang terdapat dalam teh hitam juga bermanfaat untuk mengoptimalkan peredaran darah dan mengoptimalkan syaraf untuk bekerja,sehingga dapat membantu mengatur pola tidur,dan masalah susah tidup dapat teratasi.

3.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

manfaat teh hitam
Image : pr.tums.ac.ir

Antioksidant yang terkandung dalam teh hitam,mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh,sehingga dengan mengkonsumsi teh hitam secara teratur,tubuh dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit.

4.Mengontrol kadar gula darah

manfaat teh hitam
Image ; foodandnutrition.org

Teh hitam mengandung zat catechin dan teaflavin yang berguna untuk meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengolah glukosa,sehingga terhindar dari penyakit diabetes,selain itu teh hitam juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah,jadi konsumsilah teh hitam secara rutin dan teratur.

5.Meningkatkan kesuburan

manfaat teh hitam
Image : akuinginhamil.com

Manfaat teh hitam untuk wanita yaitu dapat meningkatkan kesuburan,hal itu di sebabkan karena zat yang terkandung dalam teh hitam dapat membantu meningkatkan sistem reproduksi.

6.Menurunkan kolesterol

manfaat teh hitam
Image : merdeka.com

Teh hitam mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,hingga mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah,hal itu tentu saja akan mencegah kita dari berbagai penyakit serius,seperti penyakit jantung.

7.Mencegah jantung Koroner

manfaat teh hitam
Image : merdeka.com

Menurut penelitian,dengan meminum 3 cangkir teh hitam sehari,di percaya dapat mengurangi risiko yang merusak arteri koroner,dan mencegah jantung koroner.

8.Menangkal Radikal Bebas Dari Tubuh

manfaat teh hitam
Image : onlinehealth.wiki

Teh hitam mengandung zat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas,dan menghilangkan racun dalam tubuh,konsumsilah teh hitam dengan campuran lemon setiap hari secara teratur.

9.Membersihkan Bakteri Dalam Tubuh

manfaat teh hitam
Image : dream.co.id

Manfaat lainnya dari teh hitam adalah dapat membersihkan bakteri dalam tubuh,karena dalam teh hitam mengandung zat antioksidan dan nutrisi lainnya yang bersifat antimikroba,sehingga dapat mencegah tubuh dari serangan bakteri.

10.Mengurangi Bau Mulut

manfaat teh hitam
Image : tips-cewek.com

Bau mulut yang kita alami mungkin saja disebabkan karena inveksi dalam mulut,untuk itu konsumsilah teh hitam secara rutin untuk membuat nafas lebih segar,karena dalam teh hitam terkandung zat antioksidan yang dapat mencegah dan mengobati inveksi yang menyebabkan bau mulut.

11.Membantu perogram diet

manfaat teh hitam
Image : blog.jajang.net

Mengkonsumsi teh hitam secara rutin juga bagus untuk anda yang sedang melakukan program diet,itu karena kandungan yang terdapat dalam teh hitam mampu menekan perasaan lapar lebih lama dan mencegah penyerapan kalori berlebih yang tidak di butuhkan oleh tubuh.

12.Menghitamkan Serta Mengkilaukan Rambut

manfaat teh hitam
Image : annasalonelite.com

Teh hitam juga mengandung zat yang dapat meghitamkan serta mengkilaukan rambut kita,caranya dengan mengaplikasikan teh hitam pada rambut setelah keramas.

13.Mencegah Sakit gigi

manfaat teh hitam
Image : makassar.tribunnews.com

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah dapat mencegah sakit gigi,hal itu di karena dalam teh hitam terkandung zat antioksidan yang berguna untuk mencegah inveksi penyebab sakit gigi.

14.Mengatasi Mata Sembab dan Mata Panda

manfaat teh hitam
Image : kata.co.id

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah dapat mengatasi mata sembab dan mata panda,caranya dengan menempelkan dua kantong ampas teh hitam di bawah mata.

15.Mencegah Kulit Keriput

manfaat teh hitam
Image : vemale.com

Manfaat teh hitam untuk kulit wajah adalah dapat mencegah terjadinya keriput di wajah,hal itu karena di dalam teh hitam terkandung zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab keriput.

Untuk mencegah keriput di kulit wajah dengan menggunakan teh hitam,caranya kita cukup menggunakan ampas teh hitam dan tempelkan ke wajah selama 30 menit.

16.Membersihkan Racun di Dalam Tubuh

manfaat teh hitam
Image : tawadhuindonesia.co.id

Teh hitam juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh,karena teh hitam mempunyai efek diuretik yang akan merangsang untuk membuang air kecil,dan nantinya racun dalam tubuh akan di keluarkan melalui urin dan feses.

17.Mengatur Kadar Asam Urat

manfaat teh hitam
Image :greenstyle.it

Senyawa yang terkandung dalam teh hitam,juga bermanfaat untuk mengatur kadar asam urat dalam tubuh,hingga dengan mengonsumsi teh hitam setiap hari,dapat mencegah peradangan dan nyeuri sendi.

18.Menenangkan Syaraf

manfaat teh hitam
Image : thenewsminute.com

Mengkonsumsi teh hitam juga bermanfaat untuk menenangkan saraf,karena teh hitam kaya akan kandungan polifenol yang berguna untuk menjaga kesehatan saraf di otak.

19.Meredakan Diare

manfaat teh hitam
Image : womenthenest.com

Manfaat teh hitam yang lainnya adalah dapat meredakan diare,hal itu karena dalam teh hitam terkandung zat yang berguna untuk membantu mendorong semua mikroorganisme yang dapat menyebabkan diare.

20.Mengurangi Resiko Kanker Ovarium

manfaat teh hitam
Image : vemale.com

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah dapat mengurangi resiko kanker ovarium,hal tersebut karena dalam teh hitam terkandung zat teaflavin yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.

21.Meningkatkan Kesehatan Tulang

manfaat teh hitam
Image : vemale.com

Teh hitam juga mengandung zat pengganti kalsium yang bermanfaat untuk mengembalikan kepadatan tulang,dan mengurangi resiko patah tulang,konsumsilah teh hitam secara teratur setiap hari.

22.Menurunkan Resiko Batu Ginjal

manfaat teh hitam
Image : thehansindia.com

Dengan meminum teh hitam setiap hari secara teratur dapat bermanfaat untuk mencegah pembentukan batu ginjal,itu karena senyawa yang terdapat dalam teh hitam.

23.Meringankan Penyakit Asma

manfaat teh hitam
Image : ciripenyakitmu.com

Teh hitam juga bermanfaat untuk meringankan penyakit asma,hal tersebut karena teh hitam mengandung flavonoid yang berguna untuk meringankan asma ketika kambuh.

24.Mengurangi Stress

manfaat teh hitam
Image : vemale.com

Manfaat teh hitam lainnya adalah dapat mengurangi hormon stress,dan membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

25.Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Image : mulphylawfirm.com

Senyawa yang terdapat dalam teh hitam juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung,konsumsilah teh hitam secara rutin setiap hari.

Demikianlah manfaat mengkonsumsi teh hitam bagi kesehatan.

Baca Juga